Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Repeater Meliputi Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya dan Harga Repeater Terbaru Secara Lengkap

Pengertian Repeater, Fungsi, Cara Kerja Beserta Contoh

Pengertian Repeater

Secara bahasa, kata Repeater ini berasal dari bahasa Inggris yakni “Repeat” yang mempunyai arti pengulangan. Secara terminologi, definisi dari repeater ini ialah pengulang kembali, atau apabila secara lengkapnya ialah alat yang memiliki fungsi untuk mengulang atau juga meneruskan kembali signal ke area sekitar perangkat itu dengan lebih mudah.
Definisi dari repeater ialah suatu alat atau juga perangkat yang memiliki fungsi untuk dapat menyebarkan jangkauan sinyal. Sinyal Wifi yang belum terjangkau oleh sinyal dari server, yang mana tujuan dari hal itu ialah untuk bisa menangkap sinyal Wifi.
Untuk dapat memenuhi hal tersebut, repeater ini dibuat menjadi dua alat ialah sebagai penerima sinyal dari server (client) serta sebagai penyebar sinyal Wifi (Accesspoint). Repeater yang terdapat pada ruangan itu merupakan suatu alat yang terpasang pada titik tertentu di dalam jaringan demi tujuan untuk memperbaharui sinyal supaya memiliki kembali kekuatan serta bentuknya seperti semula.
AdapunTujuannya ialah untuk memanjangkan jarak yang bisa dijangkau. Hal tersebut diperlukan karena sinyal mengalami perubahan bentuk serta juga melemah selama transmisi. Repeater pada ruangan tersusun atas antena Yagi yang berfungsi untuk dapat menerima sinyal di luar ruangan. Selanjutnya, kemudian akan diteruskan ke booster untuk bisa dikuatkan. Setelah itu,akan dipancarkan dengan Antena Omni itu menjadikan di daerah itu terdapat sinyal yang lemah menjadi lebih kuat.


Baca Juga: Pengertian Smartphone, Sistem Operasi,Jenis Smartphone, Fungsi, Manfaat beserta Dampaknya Secara Lengkap

Fungsi Repeater

  1. Memperluas daya jangkau signal server
Fungsi yang pertama dari alat ini adalah untuk memperluas daya jangkau singnal. Jika signal lemah, maka daya jangkaunya akan lebih sempit, sedangkan ketika signal kuat maka daya jangkaunya akan lebih luas.
  1. Mengcover berbagai wilayah minim signal dari server
Dengan menggunakan repeater, maka daerah yang minim signal dapat dapat lebih mudah untuk mendapatkan signal. Hal ini dikarenakan, signal yang lemah dibuat menjadi lebih kuat oleh alat ini.
  1. Memudahkan akses signal WiFi
Dengan signal yang lebih kuat tentunya para pengguna perangkat yang membutuhkan signal dapat lebih mudah mengakses signal tersebut. Salah satu penerapan dari alat ini adalah pada signal WiFi.
  1. Meneruskan dan memaksimalkan signal
Fungsi yang keempat adalah meneruskan dan memaksimalkan signal. Dalam fungsi ini, repeater bekerja dengan cara menangkap, mengelola, memperbesar, dan meneruskan signal ke berbagai perangkat jaringan yang ada di sekitar alat ini.
  1. Memudahkan proses pengiriman dan penerimaan data
Dengan signal yang lebih kuat proses pengiriman dan penerimaan data antar sesama pengguna perangkat jaringan ataupun yang melalui jaringan dapat dilakukan dengan lebih cepat. Hal ini dapat diibaratkan seperti halnya ketika mobil melaju di jalan tol (ketika menggunakan repeater).
  1. Meminimalisir penggunaan kabel jaringan
Sistem kerja dari repeater adalah melalui signal wireless. Dengan menggunakan alat ini, maka penggunaan kabel yang ribet dan semrawut dapat dihindari.



Jenis-Jenis Repeater

Adapun jenis-jenis repeater yang diantaranya yaitu:

1. Telephone Repeater
Telephone repeater merupakan jenis repeater yang dipasang di saluran telepon dengan sinyal yang akan terdegradasi karena jarak tempuh yang jauh menjadikan sinyal yang diterima oleh para user telepon bisa lebih lepas.

2. Optical Communications Repeater
Optical Communications repeater merupakan jenis repeater yang fungsinya menguatkan jangkauan sinyal pada kabel serat optik “fiber optic cable”, di jenis repeater ini dalam serat kabel optik ada informasi digital secara fisik berwujud sebagai light pulses “pulsa cahaya” yang terbuat dari foton yang bisa tersebar secara mengacak dalam kabel serat optik.

3. Radio Repeater
Radio repeater merupakan jenis repeater yang fungsinya untuk menguatkan sinyal radio. Pada umumnya jenis repeater ini mempunyai satu antena yang fungsinya dan juga secara receiver dan transmitter. Repeater jenis ini akan mengubah frekuensi sinyal yang bisa menerima sebelum dipancarkan kembali, sinyal itu dipancarkan melalui sinyal repeater ini akan bisa menebus objek penghalang.


Cara Kerja Repeater

Repeater berfungsi untuk memperluas jangkauan jaringan wifi. Hal ini dilakukan dengan cara menerima sinyal data dan kemudian dipancarkan lagi. Sebelum dipancarkan kembali, sinyal yang telah masuk ke repeater diperkuat terlebih dahulu.


Pada dasarnya repeater mempunyai dua jenis komponen di dalamnya. Komponen yang pertama bertugas untuk menerima data sinyal dari transmitter. Sedangkan Komponen yang kedua berfungsi memancarkan kembali data sinyal tersebut. Namun sebelum data sinyal tersebut dipancarkan kembali, perangkat keras pada repeater ini akan melakukan pengubahan frekuensi sehingga sinyal data yang dipancarkan menjadi lebih kuat. Dengan demikian maka sinyal pun akan menjadi lebih kuat dan jangkauannya pun akan lebih luas.
Di dalam pemrosesan sinyal data yang masuk ke dalamnya, repeater mempunyai dua sistem yang umumnya digunakan. Sistem tersebut adalah analog repeater dan digital repeater. Pada analog repeater, sinyal data dikirimkan dalam bentuk data analog dimana konsumsi daya listrik berbanding lurus dengan amplitudo atau besarnya sinyal yang dikirimkan. Sedangkan digital repeater mengirimkan sinyal data dalam bentuk digital. Data digital dikirim dalam bentuk binary, yaitu diwakili oleh angka 1 dan 0. Selain itu digital repeater juga melakukan proses tambahan pada data sinyal yang diproses.


Kelebihan dan Kekurangan Repeater

Kelebihan dari repeater antara lain:
  • Sebuah perangkat digital yang memperkuat, membentuk ulang, atau membuat kombinasi dari salah satu fungsi pada sinyal input digital pada transmisi ulang.
  • Repeater bekerja pada sinyal sinyal fisik yang sebenarnya, sehingga jangan mencoba untuk menginterpretasikan data yang dikirim
  • Bisa menguatkan sinyal
  • Repeater bekerja di lapisan fisik, dilapisan pertama dan model OSI
  • Sebuah analog perangkat yang menguatkan input sinyal terlepas dari alam (analog atau digital)
  • Kekurangan Repeater
Sedangkan kekurangan dari repeater antara lain:
  • Tembaga untuk serat
  • Memanjangkan jarak fisik perangkat jaringan
  • Repeater harus diletakkan pada tempat yang tinggi
  • Tidak untuk secara serius mempengaruhi kinerja jaringan khusus tersambug dengan media yang berbeda.

Baca Juga: Pengertian Handphone, Sejarah, dan Fungsinya Beserta Dampaknya Secara Lengkap

Harga Repeater Terbaru

Harga repeater alat penguat sinyal wifi ini beragam, mulai dari 100ribuan hingga jutaan. Namun, saya coba kasih saran repeater wifi yang minimalis dan mudah digunakan.
repeater wifi murah
Spesifikasi :
  • Input Voltage Power supply unit: 100V-240V AC
  • Wireless Network Type WiFi 802.11b/g/n
  • Dimension 1 x 6 x 7 cm
  • Others Frequency range: 2.4-2.4835GHz
  • Wireless transmit power: 14 ~17 dBm (Typical)
Harga Rp 317.000
penguat sinyal wifi repeater murah
Spesifikasi :
  • Input Voltage Power supply unit: 100V-240V AC
  • Wireless Network Type WiFi 802.11b/g/n
  • Dimension 1 x 6 x 7 cm
  • Others Frequency range: 2.4-2.4835GHz
  • Wireless transmit power: 14 ~17 dBm (Typical)
Harga Rp 317.000


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Repeater
  • jenis jenis repeater
  • contoh repeater
  • cara kerja repeater
  • pengertian bridge
  • pengertian range extender
  • fungsi repeater
  • fungsi repeater dan router
  • pengertian router

Post a Comment for "Pengertian Repeater Meliputi Fungsi, Jenis, Cara Kerja, Kelebihan & Kekurangannya dan Harga Repeater Terbaru Secara Lengkap"