Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Teknologi Informasi Meliputi Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Contohnya Lengkap

Pengertian teknologi informasi secara umum ialah suatu studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer terutama pada aplikasi hardware (perangkat keras) dan software (perangkat lunak komputer). Secara sederhana, pengertian teknologi informasi adalah fasilitas-fasilitas yang terdiri dari perangkat keras dan perangkat lunak dalam mendukung dan meningkatkan kualitas informasi untuk setiap lapisan masyarakat secara cepat dan berkualitas. Sedangkan menurut Wikipedia, pengertian teknologi Informasi (IT) adalah istilah umum teknologi untuk membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan, dan menyebarkan informasi. Tujuan teknologi informasi adalah untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam aktivitas manusia.


Pengertian Teknologi Informasi Menurut Para Ahli

Teknologi informasi yaitu suatu teknologi yang mempunyai fungsi dalam mengolah data, memproses data, memperoleh, menyusun, menyimpan, mengubah data dengan berbagai cara untuk mendapatkan informasi yang bermanfaat atau berkualitas.
Dari pengertian diatas, berikut ini adalah pengertian teknologi yang dikemukakan oleh beberapa ahli.
  1. Haag dan Keen (1996)

    Pengertian teknologi informasi menurut Haag dan Keen adalah seperangkat alat yang membantu anda bekerja dengan informasi dan melakukan tugas-tugas yang berhubungan dengan pemrosesan informasi.
  2. Martin (1999)

    Pengertian teknologi informasi menurut Martin adalah teknologi yang tidak hanya pada teknologi komputer (perangkat keras dan perangkat lunak) yang akan digunakan untuk memproses dan menyimpan informasi, melainkan mencakup teknologi komunikasi untuk mengirim atau menyebarluaskan informasi.
  3. Williams dan Sawyer (2003)

    Pengertian teknologi informasi menurut Williams dan Sawyer adalah teknologi yang menggabungkan komputasi (komputer) dengan jalur komunikasi kecepatan tinggi yang membawa data, suara, dan video.
  4. Oxford English Dictionary (OED)

    Pengertian teknologi informasi menurut Oxford English Dictionary adalah hardware dan software dan bisa termasuk di dalamnya jaringan dan telekomunikasi yang biasanya dalam konteks bisnis atau usaha.
  5. ITTA (Information Technology Association of America)

    Pengertian teknologi informasi menurut ITTA adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer.
  6. Lucas (2000)

    Pengertian teknologi informasi menurut Lucas adalah segala bentuk teknologi yang dapat diterapkan untuk mengirimkan sebuah informasi melalui media elektronik.
  7. Mc. Keown (2001)

    Pengertian teknologi informasi menurut Mc. Keown adalah mengacu pada semua bentuk teknologi yang digunakan untuk bisa menciptakan, menyimpan, mengubah, dan juga menggunakan informasi tersebut dalam semua bentuknya.
  8. Kenneth C. Loudon (2004)

    Pengertian teknologi informasi menurut Kenneth C. Loudon adalah salah satu alat yang digunakan para manajer untuk bisa mengatasi perubahan yang terjadi. Dalam masalah ini perubahan yang dimaksud adalah perubahan informasi yang telah di proses dan dilaksanakan penyimpanan sebelumnya di dalam komputer.
  9. Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins (2005)

    Pengertian teknologi informasi menurut Brown, DeHayes, Hoffer, dan Perkins adalah kombinasi dari teknologi komputer yang tersusun dari perangkat keras dan perangkat lunak untuk memproses dan juga menyimpan teknologi komunikasi informasi untuk melakukan distribusi informasi.


Manfaat Teknologi Informasi

Manfaat teknologi informasi dalam bidang pendidikan
Suatu teknologi tentunya memiliki manfaat tersendiri mengingat tujuan penciptaannya agar semakin mempermudah pekerjaan manusia. Termasuk juga manfaat yang dapat anda rasakan dari teknologi informasi yang saat ini sedang berkembang pesat.
Secara umum manfaat dari teknologi informasi sudah dijelaskan sebelumnya, yakni memudahkan kita dalam memperoleh informasi ataupun berbagi informasi. Namun pada masing – masing bidang, suatu teknologi informasi juga memiliki manfaat tersendiri yakni :

1. Bidang Pendidikan

Teknologi informasi memiliki pengaruh paling besar terhadap bidang pendidikan. Hal ini dikarenakan fungsi utama dalam pendidikan adalah sebagai sarana saling bertukar informasi baik untuk anak – anak maupun dewasa. Bagi para peserta didik mereka akan lebih mudah memperoleh informasi sesuai jurusan yang diinginkan serta sangat penting untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian sekolah maupun seleksi pendaftaran.
Sedangkan bagi para penyelenggara pendidikan mereka akan lebih mudah menyampaikan informasi dan akan selalu update. Untuk lebih memperdalam ilmu pengetahuan juga bisa karena tidak ada batas usia untuk selalu belajar setiap saat.

2. Bidang Sosial

Dalam bidang sosial masyarakat teknologi informasi juga memegang peranan penting seperti dalam penyuluhan yang biasa dilakukan lembaga tertentu dan ditujukan pada masyarakat luas. Selain itu masyarakat juga dapat lebih memahami aspek penting yakni kesehatan melalui teknologi informasi, hal ini dapat dibuktikan dengan banyaknya acara yang mengangkat tema kesehatan di televisi atau bahkan di internet.

3. Bidang Industri

Peran teknologi informasi dalam bidang industri juga cukup vital, khususnya dalam industri perdagangan. Apalagi semenjak kemunculan E-Commerce yang semakin memudahkan para penjual produk maupun jasa dan para pembeli yang bebas memilih barang yang diinginkan. Para pemilik usaha juga kini dapat mempromosikan usahanya dalam bentuk website company profile atau sekedar dalam media sosial agar dikenal oleh masyarakat luas.

Tujuan Teknologi Informasi

Tujuan dari teknologi informasi ini ialah untuk menyelesaikan masalah, menumbuhkan kreativitas, meningkatkan efektivitas serta efisiensi didalam melaksanakan pada suatu pekerjaan. Maka dengan adanya teknologi informasi tersebut akan membuat manusia lebih mudah serta efisien dalam bekerja.


Fungsi Teknologi Informasi

Secara umum ada enam fungsi TI bagi manusia, diantaranya adalah:

1. Menangkap (Capture)

TI dapat mengkompilasi catatan-catatan secara detail dari berbagai aktivitas. Misalnya menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan lainnya.

2. Mengolah (Processing)

TI dapat mengolah/ memproses data masukan yang diterima yang kemudian diubah menjadi informasi baru. Olah data ini bisa dalam bentuk konversi, menganalisis, menghitung, hingga penggabungan berbagai bentuk informasi dan data.

3. Menghasilkan (Generating)

TI akan menghasilkan atau mengorganisir informasi ke dalam bentuk yang berguna. Misalnya grafik, tabel, perhitungan, dan lain sebagainya.

4. Menyimpan (Storage)

TI dapat merekam informasi dan data ke dalam suatu media yang kemudian bisa digunakan untuk keperluan lainnya. Misalnnya data disimpan ke dalam flasdisk, CD, dan hardisk.

5. Mencari Kembali (Retrival)

TI mampu mencari dan menelusuri kembali informasi dan data yang sudah pernah disimpan. Misalnya mencari data klien yang belum melakukan pembayaran.

6. Sebagai Transmisi (Transmission)

TI dapat mengirimkan data dan informas dari satu lokasi ke lokasi lainnya dengan memanfaatkan jaringan komputer. Misalnya mengirim data penjualan ke tim lain di lokasi yang berbeda.


 Contoh Teknologi Informasi

Peralatan teknologi informasi adalah peralatan yang digunakan untuk mendapatkan suatu informasi yang dibutuhkan melalui media elektronik maupun cetak. Yang termasuk peralatan teknologi informasi adalah sebagai berikut.

a. Koran
Koran biasanya dicetak pada kertas dengan biaya murah (kertas koran) yang berisi kumpulan berita-berita terkini dengan berbagai topik, seperti kriminalitas, olahraga, tajuk rencana, dan sebagainya. Koran biasanya diterbitkan setiap hari, kecuali pada hari-hari libur. Ada juga koran yang diterbitkan setiap sore. Selain itu, ada juga koran mingguan yang biasanya lebih kecil dan kurang prestisius dibandingkan dengan koran harian, dan biasanya isinya bersifat menghibur.

b. Majalah
Majalah didefinisikan sebagai kumpulan berita, artikel, cerita, iklan, dan sebagainya yang dicetak dalam lembaran kertas berbagai ukuran dan bersampul, setidak-tidaknya mempunyai wajah yang dirancang secara khusus. Majalah terbit secara berkala, bukan terbit setiap hari, misalnya mingguan atau bulanan.

c. Televisi
Televisi adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi dalam bentuk gambar bergerak (video) dan suara serta dapat melihat dari jarak jauh. Televisi adalah karya massal yang dikembangkan dari tahun ke tahun. Dalam perkembangannya, terdapat banyak pihak yang terlibat, antara lain penemu maupun inovator, badan usaha. Televisi juga bisa menjadi sarana hiburan.

d. Radio
Radio adalah peralatan elektronik yang digunakan untuk menyampaikan informasi berupa suara dari stasiun pemancar melalui frekuensi yang telah ditetapkan.
Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

e. Kalkulator
Kalkulator adalah alat yang digunakan untuk memperoleh informasi hasil perhitungan angka. Kalkulator biasa digunakan untuk menentukan hasil penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, dan operasi hitung lainnya yang nilai bilangannya besar.

f. Cash Register
Cash register adalah alat yang digunakan untuk memperoleh informasi pembayaran di kasir. Cash register ini dapat dijumpai di pasar swalayan, supermarket, toko, dan sebagainya. Bedanya dengan kalkulator adalah pada cash register terdapat gulungan kertas yang berfungsi untuk mencetak hasil perhitungan berupa informasi total biaya.

g. Komputer
Komputer adalah alat yang terdiri dari hardware dan software untuk membantu manusia dalam mengolah data menjadi informasi dan menyimpannya untuk ditampilkan di lain waktu. Informasi yang dihasilkan komputer dapat berupa tulisan, gambar, suara, video, atau animasi.
 


Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Satelit terdiri dari beberapa jenis, di antaranya adalah sebagai berikut.
  1. Satelit ilmiah adalah satelit yang digunakan untuk mengamati bumi dari orbit, seperti pengamatan lingkungan, meteorologi, dan pembuatan peta, serta untuk mengamati benda langit lainnya, seperti planet, galaksi, dan bulan.
  2. Satelit komunikasi adalah satelit buatan yang dipasang di angkasa dengan tujuan telekomunikasi menggunakan radio pada frekuensi gelombang mikro.
  3. Satelit navigasi adalah satelit yang menggunakan sinyal radio yang disalurkan ke penerima di permukaan tanah untuk menentukan lokasi sebuah titik di permukaan bumi.
  4. Satelit cuaca adalah satelit yang digunakan untuk mengamati cuaca dan iklim bumi.


Demikianlah penjelasan tentang pengertian teknologi informasi, fungsi dan tujuan TI, serta perannya dalam bisnis. Tanpa adanya kemajuan di bidang TI maka perusahaan masih bergerak secara konvensional.



Penelusuran terkait
  • Pengertian teknologi informasi menurut Para Ahli
  • Pengertian Teknologi informasi dan Komunikasi
  • Contoh teknologi informasi
  • Komponen Teknologi Informasi
  • Pengertian teknologi informasi secara umum
  • Fungsi teknologi informasi
  • Pengertian teknologi informasi dan komunikasi secara umum
  • PERKEMBANGAN teknologi informasi

Post a Comment for "Pengertian Teknologi Informasi Meliputi Fungsi, Manfaat, Tujuan dan Contohnya Lengkap"