Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Berita Adalah - Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Syarat, Struktur, dan Jenis Berita

Pengertian Berita, Unsur Berita, dan Syarat Berita

Definisi Umum Berita

Berita ialah informasi yang terbaru atau informasi mengenai suatu hal yang sedang atau baru saja terjadi, disajikan bisa dalam bentuk siaran, cetak, internet ataupun dari mulut ke mulut dan bisa menyebar ke masyarakat luas. Laporan pada berita adalah tugas dari seseorang yang mempunyai profesi menjadi wartawan.Saat berita tersebut dilaporkan oleh wartawan, laporan tersbut bisa menjadi ide atau fakta yang terbaru yang dipilih secara di sengaja oleh penyampai berita atau redaksi berita agar dapat disarankan dengan tujuan berita tersebut bisa menarik perhatian banyak orang karena mempunyai unsur unsur berita yang terbaru.

Di televisi, ada yang mempunyai acara berita maupun menayangkan berita dengan waktu yang terus menerus. Kebutuhan orang ataupun masyarakat banyak akan berita bisa menjadi daya tarik televisi untuk menyiarkan berita sepanjang waktu.

Penyampaian berita harus terdapat unsur-unsur berikut ini:
  • What, apa yang terjadi dalam suatu peristiwa?
  • Who, siapa yang terlibat dalam peristiwa tersebut?
  • Where, di mana peristiwa tersebut terjadi?
  • When, kapan peristiwa tersebut terjadi?
  • Why, mengapa peristiwa tersebut terjadi?
  • How, bagaimana proses terjadinya peristiwa tersebut?


Definisi Berita Menurut Etimologi

Berita berasal dari kata sangsekerta, vrit yang artinya ada atau terjadi atau vritta yang artinya kejadian atau peristiwa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia menyebutkan, Berita adalah “laporan tercepat mengenai kejadian atau peristiwa yang hangat”.Berita dalam bahasa Inggris disebut dengan News. Dalam The Oxford Paperback Dictionary terbitan Oxford University Press (1979), news diartikan sebagai “informasi tentang peristiwa terbaru”.

Biasanya berita tidak hanya memberikan suatu informasi mengenai peristiwa-peristiwa terbaru, tapi terkadang berita juga digunakan untuk memberikansebuahpengaruh kepada masyarakat yang mendengar atau membacanya.Terutama berita tentangpolitik, sering sekali masyarakat dipengaruhi pembawa atau penulis berita supaya mengikuti arus politik tertentu.


Pengertian Berita Menurut Para Ahli

Agar lebih memahami apa itu berita, maka kita dapat merujuk pada pendapat beberapa ahli berikut ini:

1. Dean M. Lyle Spencer

Menurut Dean M. Lyle Spencer, pengertian berita adalah kenyataan atau ide yang benar dan dapat menarik perhatian sebagian besar pembacanya.

2. Mickhel V. Charniey

Menurut Mickhel V. Charniey (Romli, 2009:5), pengertian berita adalah laporan tercepat dari suatu peristiwa atau kejadian yang faktual, penting, dan menarik bagi sebagian pembaca, serta menyangkut kepentingan mereka.

3. Willard C. Bleyer

Menurut Willard C. Bleyer (Romli, 2009:35), berita adalah informasi terkini yang di pilih oleh wartawan untuk dimuat dalam suatu media sehingga menarik minat bagi pembaca.

4. William S Maulsby

Menurut William S Maulsby, pengertian berita adalah suatu penuturan secara benar dan tidak memihak dari fakta yang mempunyai arti penting dan baru terjadi, yang dapat menarik perhatian pembaca surat kabar yang memuat berita tersebut.

5. J.B. Wahyudi

Menurut J.B. Wahyudi, arti berita adalah suatu laporan tentang peristiwa atau pendapat yang memilki nilai penting, menarik bagi sebagian khalayak, masih baru, dan dipublikasikan melalui media massa periodik.

6. Amak Syarifuddin

Menurut Amak Syarifuddin, berita adalah suatu laporan kejadian yang ditimbulkan sebagai bahan yang menarik perhatian publik media massa.

Syarat Sebuah Berita

Dalam pembuatannya, berdasarkan pengertian berita yang sudah dijelaskan di atas, sebuah berita yang baik harus memenuhi syarat pembuatan berita yang baik. Berita yang baik adalah berita yang memenuhi kode etik dalam jurnalistik yang sudah memenuhi syarat-syarat sebagai berikut.
  • Berdasarkan fakta

Informasi dalam berita yang disampaikan haruslah sesuai fakta yang sesungguhnya terjadi di lapangan. Berita tidak boleh dibuat berdasarkan karangan atau cerita fiktif.
  • Aktual

Artinya, informasi dalam berita yang disampaikan adalah informasi terkini atau terbaru. Hal ini bisa dibuktikan dengan jarak waktu antara berita disiarkan dengan kejadian yang diberitakan tidak berbeda terlalu jauh.
  • Berimbang

Dalam berita, informasi yang disampaikan tidak hanya harus berupa fakta namun juga berimbang. Berimbang maksudnya, fakta atau informasi yang disampaikan adalah informasi yang sebenarnya serta tidak memihak maupun memojokkan salah satu pihak. Dengan begitu masyarakat yang membaca atau melihat juga tidak akan terpengaruh.
  • Lengkap

Unsur terakhir yang harus ada dalam sebuah berita adalah lengkap. Artinya setiap informasi dalam berita harus disajikan secara lengkap, tidak ada yang disembunyikan atau dikurangi. Dengan begitu masyarakat atau khalayak luas yang membaca atau mendengarkan berita tidak menjadi bingung atas informasi yang disampaikan.


Ciri-Ciri Berita yang Baik

Informasi dalam bentuk berita memiliki ciri-ciri tersendiri yang membedakannya dengan bentuk informasi lainnya. Adapun ciri-ciri berita adalah sebagai berikut:
  1. Suatu berita berisi informasi aktual dan terkini yang dianggap bermanfaat bagi khalayak umum.
  2. Isi berita dapat menarik perhatian masyarakat sehingga dalam penyajiannya membutuhkan teknik penyampaian tersendiri.
  3. Informasi yang disampaikan dalam berita sesuai fakta sehingga publik dapat mempercayainya.
  4. Isi berita disampaikan dengan jelas dan menggunakan kalimat yang sederhana atau mudah dimengerti.

Struktur Bagian Berita

Secara umum, di dalam berita terdapat beberapa bagian yang menyusunnya menjadi satu kesatuan. Adapun struktur bagian berita adalah sebagai berikut:
  1. Headline, lebih kita kenal dengan judul berita yang berguna sebagai informasi awal tentang peristiwa yang diberitakan.
  2. Deadline, biasanya terdiri dari nama media, tempat peristiwa, dan tanggal peristiwa. Tujuan adanya deadline adalah untuk menjelaskan nama media serta tempat dan tanggal peristiwa yang diberitakan.
  3. Lead, lebih kita kenal dengan teras berita yang merupakan intisari dari suatu berita.
  4. Body, lebih dikenal dengan badan berita yang isinya menjelaskan peristiwa dengan bahasa yang ringkas, padat, dan jelas.

Jenis - Jenis Berita

Mengacu pada pengertian berita yang sudah dibahas sebelumnya, yaitu informasi yang sifatnya menarik dan berdasarkan fakta, berita sendiri masih dibagi ke dalam beberapa jenis. Dengan mengetahui berbagai jenis berita ini, diharapkan masyarakat bisa membedakan mana berita yang sifatnya penting, berita mana yang disampaikan berdasarkan opini dan lain sebagainya. Nah, berikut adalah beberapa jenis berita tersebut.
  • Straight News (Berita Langsung)

Jenis berita pertama adalah berita langsung atau yang juga dikenal dengan straight news. Berita jenis ini adalah berita yang ditulis dengan lugas dan singkat. Namun meskipun ditulis dengan singkat, semua unsur yang dibutuhkan dalam berita harus tetap ada. Jenis berita ini juga masih dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu hard news dan soft news.
Hard news adalah berita yang di dalamnya berisi informasi tentang peristiwa khusus atau kejadian terkini, yang sifatnya penting dan harus disampaikan. Kedua adalah soft news, yaitu berita yang di dalam isinya merupakan informasi pendukung. Keduanya yang termasuk dalam straight news ini, apabila di surat kabar, selalu berada di halaman paling awal.
  • Depth News (Berita Mendalam)

Depth News atau berita mendalam merupakan jenis berita yang isinya mendalam. Di dalam depth news biasanya berisi tentang ulasan lebih dalam tentang sebuah informasi atau peristiwa tertentu. Isi dalam jenis berita ini biasanya menonjolkan pada unsur ‘Mengapa’ dan ‘Bagaimana’ peristiwa bisa terjadi. Tujuannya tentu saja untuk memberikan informasi lebih jelas serta mengangkat lebih dalam topik atau peristiwa tertentu.
  • Investigation News (Berita Investigasi)

Jenis berita selanjutnya adalah berita investigasi. Berita ini dibuat berdasarkan penelitian atau penyelidikan yang lebih dalam lagi melalui berbagai sumber yang kompeten. Jenis berita ini biasanya dibuat untuk tujuan tertentu, seperti mengungkapkan hal-hal tersembunyi yang belum disampaikan kepada khalayak.
  • Interpretative News (Berita Interpretasi)

Berita interpretasi ini merupakan hasil pengembangan dari berita Langsung (straight news). Berita ini termasuk berita langsung, namun karena merupakan pengembangan, maka di dalamnya ditambahkan dengan beberapa informasi tambahan. Misalnya pendapat ahli ataupun penelitian lebih lanjut dari penulis. Informasi yang ditambahkan pun harus berhubungan dengan berita yang disampaikan, misalnya latar belakang dari peristiwa tersebut atau pendapat dari ahli.
  • Berita Opini

Terakhir, ada berita berjenis opini. Sesuai namanya, jenis berita ini hanya berisi opini mengenai sebuah peristiwa atau hal yang sedang terjadi. Opini ini diberikan oleh para ahli, pengamat, maupun masyarakat secara umum. Biasanya berita ini dibuat untuk mendukung berita utama atas peristiwa yang sedang terjadi.


Sifat-Sifat Berita

Berita memiliki beberapa sifat, yang diantaranya:
  • Baru atau aktual
Peristiwa yang baru memiliki nilai lebih untuk dijadikan berita jika dibandingkan dengan peristiwa yang sudah lama terjadi.
  • Penting
Suatu berita akan dianggap penting jika peristiwa atau hal-hal tersebut berpengaruh pada kehidupan masyarakat. Jadi initinya suatu berita itu harus yang dianggap penting oleh masyarakat.
  • Akibat
Suatu peristiwa menjadi berita karena dapat berakibat atau memiliki dampak.
  • Jarak
Masyarakat atau pembaca akan lebih tertarik dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi di sekitar mereka untuk dijadikan berita daripada peristiwa yang terjadi ditempat jauh.
  • Emosi
Sesuatu akan menjadi berita jika saat dikabarkan akan membuat emosi seperti marah,kecewa, sedih dll.


demikian tadi penjelasan tentang pengertian berita. Mengetahui tentang definisi berita, fungsi dan tujuan, unsur pembentuk serta syarat sebuah berita tentu akan memberikan wawasan lebih dalam tentang sebuah berita yang baik. Dengan penjelasan ini juga diharapkan sebagai masyarakat yang membaca atau melihat berita juga bisa lebih selektif dalam membaca berita yang ada.


Penelusuran terkait
  • Jelaskan pengertian berita menurut jb wahyudi
  • Pengertian berita TV
  • Jenis-jenis berita
  • Jelaskan arti berita penting dan menarik
  • Ciri-ciri berita
  • Syarat berita
  • Unsur-unsur berita
  • Jelaskan arti berita aktual faktual, penting dan menarik

Post a Comment for "Berita Adalah - Pengertian Menurut Para Ahli, Ciri-Ciri, Syarat, Struktur, dan Jenis Berita"