Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Skripsi Adalah - Pengertian ,Karakteristik, Tujuan, Kegunaan, Jenis – Jenis dan Unsur-Unsur Skripsi Secara Lengkap

Pengertian Skripsi, Jenis Skripsi, dan Karakteristik Skripsi

Pengertian Skripsi

Skripsi atau tugas akhir adalah istilah yang di gunakan di Indonesia untuk mendapatkan gelar sarjana dari perguruan tinggi. Skripsi suatu karya untuk menghasilkan ilmu pengetahuan atau sesuatu yang dapat di pertanggung jawabkan secara ilmiah dan di kerjakan menurut aturan dan tata cara tertentu. Tujuan skripsi secara umum bertujuan untuk mengembangkan ilmu dari berbagai pengetahuan yang telah di pelajari selama bangku perkuliahan. Mahasiswa wajib menulis skripsi selain untuk syarat kelulusan juga untuk memberi pengetahuan dan ketrampilannya dalam menganalisis, menggambarkan dan menjelaskan ilmu yang sedang di tulisnya.

Karakteristik skripsi antara lain sebagai berikut.
  1. Skripsi merupakan karya ilmiah sehingga diperlukan metode ilmiah dalam penelitiannya.
  2. Laporan tertulis dari hasil penelitian mahasiswa terhadap salah satu aspek kehidupan masyarakat maupun mahluk hidup.
  3. Hasil penelitian dikaji berdasarkan fenomena yang terdapat di masyarakat dan relevan dengan penelitian-penelitian yang dilaksanakan sebelumnya.
  4. Dalam bidang pendidikan, karya ilmiah ini ditujukan untuk eksplorasi dan pemecahan masalah pendidikan.
  5. Dalam bidang non pendidikan, karya ilmiah ini ditujukan untuk pemecahan masalah keilmuan yang sesuai dengan bidang program studi mahasiswa.
  6. Ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar, berdasarkan hasil penelitian dan observasi lapangan.


Tujuan Skripsi

Mahasiswa dituntut untuk membuat skripsi sebab ada tujuannya tersendiri. Mahasiswa diharapkan dapat berpikir secara logis dalam menguraikan serta menyelesaikan suatu permasalahan, dan bisa menuliskan hasil pikirannya ke dalam bentuk laporan skripsi yang tersusun dan sistematis. Karena bukanlah hal yang mudah untuk memahami sebuah permasalahan, melakukan penelitian, menganalisis, mendapatkan hasil penelitian dan menyusunnya ke dalam bentuk laporan.
Tak hanya itu, tujuan dalam penulisan skripsi ialah sebagai syarat untuk meraih gelar sarjana di setiap Perguruan Tinggi, baik itu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) maupun Perguruan Tinggi Swasta yang ada di negara Indonesia

Ciri-Ciri Skripsi

Adapun ciri-ciri dari skripsi yang baik dan berkualitas adalah:

1. Latar belakang jelas

Skripsi yang kualitasnya bagus dapat dilihat dari seberapa jelas latar belakang yang ada di skripsi tersebut.

2. Referensi dari sumber yang jelas

Tentunya untuk membuat skripsi yang baik Anda harus memakai sumber yang jelas dan dapat diuji atau bahkan dari artikel jurnal yang memiliki rating.

3. Penulisan rapi

Skripsi yang berkualitas juga ditulis dengan rapi serta minim typo atau salah pengetikan. Begitupun dengan daftar pustaka harus disusun serapi mungkin.


Kegunaan Skripsi

Tujuan dan kegunaan skripsi yaitu menyajikan hasil-hasil temuan penelitian secara ilmiah yang berguna bagi pengembangan ilmu dan atau kepentingan praktis administrasi negara dan komunikasi.


Jenis – Jenis Skripsi

  • Berdasarkan Metode Penelitian

    Berdasarkan metode pengambilan data atau metode penelitiannya, karya ilmiah ini dibagi menjadi beberapa jenis. Adapun jenis-jenisnya adalah sebagai berikut.
    1. Skripsi Kuantitatif Skripsi kuantitatif, yaitu skripsi yang metode pengambilan data dan penelitiannya menggunakan kuisioner atau survei yang disebarkan kepada subjek penelitian.
    Setelah data selesai dikumpulkan, dilakukan pengolahan data menggunakan perangkat lunak untuk mendapatkan kesimpulan. Contoh perangkat lunak yang biasa digunakan yaitu SPSS, MathLab, Minitab dan lain sebagainya.
    2. Skripsi Kualitatif Skripsi kualitatif, yaitu skripsi yang metode pengambilan data dan penelitiannya menggunakan metode wawancara dan observasi lapangan secara mendalam.
    Pengerjaan karya ilmiah jenis ini memerlukan waktu yang lebih lama karena memerlukan analisis secara detail dan mendalam, sehingga hasil yang didapatkan akurat.
  • Skripsi berdasarkan hasil kajian pustaka. Kajian pustaka merupakan suatu  kajian atau pembahasan suatu topik yang dilakukan untuk memecahkan suatu masalah yang berpijak pada pengkajian kritis dan juga  mendalam terhadap bahan – bahan pustaka yang relevan. Bahan – bahan pustaka ini di posisikan sebagai sumber ide ataupun  inspirasi yang bisa  membangkitkan gagasan atau pemikiran lain. Oleh sebab  itu, pola pikir deduktif sering di terapkan dalam skripsi jenis kajian pustaka ini.
  • Skripsi berdasarkan hasil penelitian lapangan. Penelitian lapangan merupakan  jenis penelitian yang berorentasi pada pengumpulan data empiris dilapangan. skripsi jenis penelitian lapangan ini terdapat  dua jenis, yaitu skripsi penelitian lapangan kuantitatif serta  skripsi penelitian lapangan kualitatif.
  • Skripsi berdasarkan hasil pengembangan. Penelitian pengembangan adalah suatu perancangan kegiatan guna  memecahkan permasalahan – permasalahan aktual dengan memanfaatkan teori – teori, serta  konsep – konsep, dan prinsip – prinsip, atau temuan – temuan penelitian yang relevan. skripsi berjenis penelitian lapangan berupaya dalam  menguji jawaban yang di ajukan terhadap suatu masalah, skripsi berjenis pengembangan berupaya dalam  menerapkan pemecahan dari  suatu masalah.

Unsur-Unsur Skripsi

Agar dapat dianggap utuh dalam penulisannya, karya ilmiah ini harus memuat unsur-unsur penting.
Secara umum ada tiga unsur skripsi, yaitu bagian awal, inti, dan akhir. Namun unsur-unsur ini dapat berbeda format dan aturannya disesuaikan dengan perguruan tinggi masing-masing yang biasanya memiliki aturannya tersendiri.
Berikut Contoh Unsur dalam Skripsi

1 Bagian Awal Skripsi

Bagian awal karya ilmiah ini memuat bagian-bagian sebagai berikut.
  1. Sampul luar
  2. Pernyataan mengenai skripsi dan sumber informasi serta pelimpahan hak cipta
  3. Abstrak
  4. Sampul dalam
  5. Persetujuan dosen pembimbing
  6. Prakata
  7. Daftar isi
  8. Daftar tabel
  9. Daftar gambar
  10. Daftar lampiran dan lain-lain

2 Bagian Inti Skripsi

Bagian inti karya ilmiah ini memuat pendahuluan, isi, dan penutup.

2.1 Pendahuluan

Bagian pendahuluan harus memuat beberapa hal sebagai berikut.
a. Latar Belakang
Latar belakang memuat pengantar mengenai pentingnya topik yang akan diteliti, alur berpikir serta dasar pemikiran untuk pemecahan permasalahan, dan semua hal yang melatarbelakangi topik yang akan diteliti.
Latar belakang pun harus menerangkan dengan rinci permasalahan yang akan diteliti dan jawaban mengapa diperlukan penelitian pada lokasi tersebut.
b. Tujuan Penelitian
Tujuan penelitian memuat tujuan diadakannya penelitian tersebut dan sasaran yang sesuai dengan topik yang dikaji.
c. Manfaat Penelitian
Manfaat penelitian memuat manfaat praktis dan manfaat teoritis dari penelitian yang sedang dilakukan.
Dari segi manfaat praktis, karya ilmiah ini diharapkan dapat bermanfaat bagi masyarakat, sedangkan dari segi manfaat teroritis, skripsi diharapkan berguna untuk pengembangan ilmu pengetahuan yang menjadi dasar penelitian.

2.2 Metodologi

a. Lokasi dan Waktu Penelitian
Dalam bahasan metodologi, diperlukan informasi lokasi dan waktu penelitian berlangsung.
Bagian ini juga menjelaskan gambaran umum lokasi penelitian mulai dari karakteristik tempat, luas penelitian dan jika perlu dilengkapi dengan peta lokasi penelitian serta lamanya waktu penelitian.
b. Alat dan Objek Penelitian
Dalam bagian ini memuat sumber data yang digunakan dalam penelitian.
Sumber data dapat berupa data primer maupun data sekunder.
Data primer merupakan data yang didapatkan langsung dari lapangan, sedangkan data sekunder merupakan data yang didapatkan dari sumber-sumber literatur atau penelitian sebelumnya.
Dalam bagian ini juga dijelaskan alat-alat yang digunakan selama penelitian dan objek yang akan diteliti.
c. Prosedur Penelitian
Bagian ini memuat prosedur kerja selama penelitian berlangsung, cara pengambilan data, pengolahan data sampai mendapatkan hasil penelitian.
Dalam proses pengolahan data, peneliti dapat menggunakan bantuan aplikasi khusus pengolahan data seperti SPSS, Minitab atau pun aplikasi pendukung lainnya.

2.3 Isi

Bagian ini memuat hasil, pengolahan dan pembahasan sesuai dengan tujuan penelitian.
Pembahasan biasanya berisi uraian tentang jawaban dari tujuan-tujuan penelitian dan tafsiran hasil penelitian dikaitkan dengan studi pustaka atau literatur yang telah dilakukan.
Bagian pembahasan juga bisa berisi modifikasi teori atau susunan teori baru yang didapatkan berdasarkan hasil penelitian.

2.4 Penutup

a. Simpulan
Simpulan memuat poin-poin yang berisi hasil penelitian serta jawaban dari tujuan penelitian yang sudah diuraikan pada bagian pendahuluan.
b. Saran
Saran berisi rekomendasi yang ditujukan untuk pihak yang berkaitan dengan penelitian maupun peneliti selanjutnya.

3 Bagian Akhir Skripsi

Bagian akhir skripsi memuat daftar pustaka dan lampiran-lampiran.
Daftar pustaka berisi semua pustaka atau literatur yang digunakan sebagai referensi dalam penulisan skripsi.
Lampiran-lampiran memuat semua hal yang menunjang keperluan dalam pengambilan data selama penelitian seperti kuisioner atau hasil-hasil wawancara.



Demikian Penjelasan Tentang Skripsi Adalah - Pengertian ,Karakteristik, Tujuan, Kegunaan, Jenis – Jenis dan Unsur-Unsur Skripsi Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat


Penelusuran terkait
  • Pengertian skripsi menurut para ahli
  • Pengertian Skripsi, Tesis Disertasi
  • Tujuan skripsi
  • Contoh skripsi kuliah
  • Pengertian tesis
  • Pengertian Disertasi
  • Skripsi adalah
  • Karakteristik skripsi

Post a Comment for "Skripsi Adalah - Pengertian ,Karakteristik, Tujuan, Kegunaan, Jenis – Jenis dan Unsur-Unsur Skripsi Secara Lengkap"