Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Molekul Meliputi Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-jenisnya, Ukuran dan Teori Bentuk Molekul Secara Lengkap

Pengertian Molekul Beserta dengan Contohnya

Pengertian Molekul


Molekul Adalah sekelompok atom (paling sedikit dua) yang saling berikatan dengan sangat kuat (kovalen) dalam susunan tertentu dan bermuatan netral serta cukup stabil. Menurut definisi ini, molekul berbeda dengan ion poliatomik. Dalam kimia organik dan biokimia, istilah molekul digunakan secara kurang kaku, sehingga molekul organik dan biomolekul bermuatan pun dianggap termasuk molekul.

Dalam teori kinetika gas, istilah molekul sering digunakan untuk merujuk pada partikel gas apapun tanpa bergantung pada komposisinya. Menurut definisi ini, atom-atom gas mulia dianggap sebagai molekul walaupun gas-gas tersebut terdiri dari atom tunggal yang tak berikatan.Sebuah molekul dapat terdiri atom-atom yang berunsur sama (misalnya oksigen O2), ataupun terdiri dari unsur-unsur berbeda (misalnya air H2O). Atom-atom dan kompleks yang berhubungan secara non-kovalen (misalnya terikat oleh ikatan hidrogen dan ikatan ion) secara umum tidak dianggap sebagai satu molekul tunggal.

  • Rumus Struktur

Rumus empiris sebuah senyawa menunjukkan nilai perbandingan paling sederhana unsur-unsur penyusun senyawa tersebut. Sebagai contohnya, air selalu memiliki nilai perbandingan atom hidrogen berbanding oksigen 2:1. Etanol pula selalu memiliki nilai perbandingan antara karbon, hidrogen, dan oksigen 2:6:1. Namun, rumus ini tidak menunjukkan bentuk ataupun susunan atom dalam molekul tersebut. Contohnya, dimetil eter juga memiliki nilai perbandingan yang sama dengan etanol. Molekul dengan jumlah atom penyusun yang sama namun berbeda susunannya disebut sebagai isomer.

Perlu diperhatikan bahwa rumus empiris hanya memberikan nilai perbandingan atom-atom penyusun suatu molekul dan tidak memberikan nilai jumlah atom yang sebenarnya. Rumus molekul menggambarkan jumlah atom penyusun molekul secara tepat. Contohnya, asetilena memiliki rumus molekuler C2H2, namun rumus empirisnya adalah CH.


Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-jenisnya 

  1. Molekul unsur
Molekul unsur merupakan molekul yang terbentuk atau berasal dari hasil kombinasi unsur atau atom yang satu jenis. Pengertian molekul unsur pada intinya adalah molekul yang terdiri dari satu jenis atom atau unsur saja. Dan ternyata, penamaan molekul unsur sendiri saling berkaitan dengan jumlah unsur penggabung yang digunakan. Molekul unsur terdiri dari beberapa bagian yaitu dwiatom,  triatom, tetraatom dan lain –lainnya berdasarkan jumlah unsur yang dimiliki. Contoh molekul unsur adalah O2 (Oksigen), N2 (Nitrogen), P4 (Posfor), H2 (Hidrogen) dan lain sebagainya.
  1. Molekul senyawa
Lain halnya dengan molekul unsur, pengertian molekul senyawa sendiri adalah molekul yang terbentuk dari beberapa unsur atau atom. Definisi molekul senyawa lainnya adalah molekul yang dihasilkan dari penggabungan unsur atau atom dengan jenis yang berbeda. Jika penamaan molekul unsur sangat sederhana karena terdiri dari banyaknya unsur atau atom yang digunakan. Penamaan molekul senyawa sedikit lebih rumit karena terdiri dari beberapa unsur berbeda yang dijadikan satu. Contoh dari molekul senyawa diantaranya adalah CO2 atau Karbon Dioksida. Sekedar informasi, CO2 merupakan gabungan dari satu atom karbon dengan dua atom oksigen. H2O (air)  juga merupakan salah satu contoh dari molekul senyawa karena terdiri dari gabungan antara dua atom Hidrogen dengan satu atom oksigen. Tak hanya dihasilkan dari gabungan dua unsur, molekul senyawa juga bisa dihasilkan dari 3, 4 atau lebih unsur. Misalnya adalah CO(NH2)2 atau Urea yang berasal dari gabungan antara satu atom karbon, dua atom Nitrogen, satu atom oksigen serta empat atom hidrogen yang kemudian dikenal dengan nama urea.


Ukuran Molekul

Untuk ukuran molekul sendiri sangatlah kecil jika dilihat dengan mata telanjang. Kecuali yang terdapat pada sebuah DNA mencapai ukuran makroskopis. Adapun ukuran molekul terkecil adalah hidrogen diatomik (H2), dengan keseluruhan molekul sekitar dua kali panjang ikatnya (0.74 Å). Untuk ukuran molekul yang sangat besar disebut dengan makromolekul.


Teori Bentuk Molekul

1. Teori VSEPR

Bunyi teori VSEPR adalah pasangan elektron dalam ikatan kimia ataupun pasangan elektron yang tidak dipakai bersama (yaitu pasangan elektron “mandiri”) saling tolak-menolak, pasangan elektron cenderung untuk berjauhan satu sama lain. Teori ini menggambarkan arah pasangan elektron terhadap inti suatu atom.
Gaya tolak-menolak antara dua pasang elektron akan semakin kuat dengan semakin kecilnya jarak antara kedua pasang elektron tersebut. Gaya tolakan akan semakin kuat jika sudut di antara kedua pasang elektron tersebut besarnya 900. Tidak hanya itu, tolakan yang melibatkan pasangan elektron tunggal lebih kuat daripada yang melibatkan pasangan ikatan. Di bawah ini adalah urutan bersanya gaya tolakan antara dua pasang elektron menurut teori VSEPR.

2. Teori Domain Elektron

Teori Domain Elektron adalah penyempurnaan dari teori VSEPR. Domain elektron artinya kedudukan suatu elektron atau daerah keberadaan elektron, dapat ditentukan dengan jumlah domain sebagai berikut: 
  1. Setiap elektron ikatan (ikatan tunggal, rangkap 2, atau rangkap 3) mempunyai 1 domain.
  2. Setiap pasangan elektron bebas mempunyai nilai 1 domain.
Prinsip-prinsip dasar dari Teori domain elektron adalah sebagai berikut: 
1. Antar domain elektron pada atom pusat saling tolak-menolak sehingga mengatur diri sedemikian rupa sehingga tolakannya menjadi minimum.
2. Urutan kekuatan tolakan dari domain elektron: 
  • PEB-PEB > PEB – PEI  > PEI – PEI
  • Akibat dari perbedaan kekuatan ini adalah mengecilnya sudut ikatan pada bentuk molekulnya.
3. Bentuk molekul hanya ditentukan oleh pasangan elektron ikatan (PEI).



Sudah jelas bukan pengertian dari masing-masing golongan molekul tersebut? Demikian ulasan mengenai pengertian molekul beserta contohnya, semoga bermanfaat.

Penelusuran terkait
  • Pengertian molekul unsur
  • Macam Macam molekul
  • Molekul Senyawa
  • Molekul adalah brainly
  • Pengertian molekul KEHIDUPAN
  • Pengertian molekul sederhana
  • Pengertian molekul unsur dan contohnya
  • Pengertian ion

Post a Comment for "Pengertian Molekul Meliputi Pengertian Molekul Berdasarkan Jenis-jenisnya, Ukuran dan Teori Bentuk Molekul Secara Lengkap"