Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Sarana Dan Prasarana, Fungsi Serta Contohnya

Sarana dan Prasarana - Pengertian, Fungsi, Ruang Lingkup

Definisi Sarana Dan Prasarana

Secara umum yang dimaksud sarana dan prasarana adalah seperangkat alat yang digunakan untuk suatu kegiatan, alat tersebut bisa berupa alat utama atau alat yang membantu proses kegiatan, sehingga tujuan dari kegiatan tersebut dapat tercapai. Sebenarnya sarana dan prasarana bukan hanya meliputi seperangkat alat atau barang saja, tapi bisa juga suatu tempat atau ruangan untuk proses kegiatan.
Dalam pengadaannya sarana dan prasarana  bisa dengan cara membeli, membuatnya sendiri, maupun menerima bantuan orang lain. Tentunya dalam penggunaan sarana dan prasarana adalah untuk memanfaatkan segala jenis alat atau barang yang sesuai dengan keperluan. Dalam penggunaannya tentu harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti tujuan yang ingin dicapai dengan menggunakan sarana dan prasarana tersebut., karakteristik penggunanya, hingga adanya sarana dan prasarana yang menjadi penunjang.


Pengertian Sarana Dan Prasarana Menurut Para Ahli

Berikut ini terdapat beberapa pengertian sarana dan prasarana, terdiri atas:
  1. Buku Pengelolaan Sarana Prasarana Rekreasi oleh Nanik Darsini,S.Pd. Prasarana: Segala sesuatu yang merupakan utama terselenggaranya suatu proses.Sarana: Segala sesuatu yang dapat dipakai sebagai alat dalam mencapai makna dan tujuan.
  2. Kamus Besar Bahasa Indonesia Prasarana: Segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses (usaha, pembangunan, proyek,dsb), (Kamus Besar BI, 2002:893).Sarana: Segala sesuatu (bisa berupa syarat atau upaya) yang sapat dipakai sebagai alt atau media dalam mencapai maksud atau tujuan (Kamus Besar BI, 2002:999).
  3. Hamalik (1980:23) Sarana dan prasarana adalah semua bentuk perantara yang dipakai orang untuk menyebar ide, sehingga ide tersebut bias sampai pada penerima.
  4. Buku Pengelolaan Sarana Prasarana Rekreasi oleh Nanik Darsini,S.Pd. Sarana dan prasarana olahraga adalah segala sesuatu yang dipakai sebagai alat dalam mencapai maksud dan tujuan olahraga yaitu memberikan rasa senang dan puas dan membawa manusia pada rasa penemuan dirinya
  5. UU RI No.3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional dalam pasal 1 ayat 20 dan 21 Prasarana OR: Tempat / ruang, termasuk lingkungan yang digunakan untuk kegiatan OR dan penyelenggaraan OR.Sarana OR: Peralatan / perlengkapan yang digunakan untuk kegiatan OR.
  6. Ali Prasarana OR: Segala sesuatu yang merupakan penunjang utama terselenggaranya suatu proses(Ali, 1996:796).Sarana OR: Segala sesuatu yang dapat dipakai sebagaialat dalam mencapai maksud / tujuan (Ali, 1996:880).
  7. Soepartono (2006:699) Sarana dan prasarana OR adalah suatu kegiatan yang dimanfaatkan dalam melaksanakan pendidikan jasmani yang meliputi lapangan dan bangunan OR beserta perlengkapan untuk melaksanakan proses belajar mengajar pendidikan jasmani.

Fungsi Sarana dan Prasarana

Fungsi sarana dan prasarana tentu berbeda berdasarkan ruang lingkup penggunaannya masing-masing. Misalnya, sarana dan prasarana transportasi berbeda dengan kesehatan.Tetapi mempunyai suatu tujuan yang sama yaitu tujuan untuk mencapai hasil yang di harapkan sesuai dengan rencana. Berikut adalah fungsi utama sarana dan prasarana, yaitu :
  • Dapat mempercepat proses pelaksanaan pekerjaan sehingga mampu menghemat waktu.
  • Serta meningkatkan produktivitas baik barang maupun jasa.
  • Hasil kerja lebih berkualitas serta terjamin.
  • Dapat lebih sederhana atau memudahkan dalam gerak para pengguna atau pelaku.
  • Membuat ketetapan susunan stabilitas pekerja lebih terjamin.
  • Dapat menimbulkan rasa kenyamanan bagi orang-orang yang berkepentingan.
  • Dan menimbulkan rasa puas pada orang-orang yang berkepentingan yang mempergunakannya.




Contoh Sarana dan Prasarana

Bentuk sarana dan prasarana sangat beragam tergantung dari jenis, fungsi, dan lokasinya. Berikut ini beberapa contoh sarana dan prasarana di beberapa tempat.
  • Contoh Sarana dan Prasarana di Kantor
Berikut adalah beberapa sarana dan prasarana yang biasa di gunakan untuk membantu proses pekerjaan di kantor yaitu : Seperangkat peralatan mesin. Yang merupakan peralatan yang membantu proses menyelesaikan pekerjaan di kantor, misalnya alat tersebut digunakan untuk mencatat, merekam, dan mengolah data-data. Dan sebagai contohnya yaitu komputer, mesin foto copy, printer, scaner, proyektor, mesin ketik, dan lain-lain.Seluruh perabotan kantor. Suatu peralatan yang membantu dalam pelaksanaan proses pekerjaan di kantor. Dan contohnya adalah meja, kursi, dan papan tulis.Kemudian peralatan atau perlengkapan lainnya. Yang merupakan bahan atau perlengkapan lain yang dapat menghasilkan sesuatu dari proses pekerjaan yang dilakukan. Dan contohnya yaitu kertas, dan buku untuk mencatat data-data.

  • Contoh Sarana dan Prasarana di Sekolah
Sekolah memiliki sarana dan prasarana yang berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Sekolah madrasah dan sekolah luar biasa pastilah memiliki sarana dan prasarana yang berbeda dengan sekolah biasa.Prasarana yang biasanya ada di setiap sekolah adalah gedung sekolah, ruang kelas, ruang atau lapangan untuk berolahraga, ruangan administrasi, ruangan pengajar, ruang perpustakaan, ruang laboratorium, ruang kantin, ruang organisasi mahasiswa, ruang ibadah, dan lainnya.Sekolah juga wajib untuk memiliki sarana yang mendukung kegiatan belajar mengajar seperti perabotan, peralatan pendidikan, media pendidikan termasuk buku, serta perlengkapan lainnya.Perabotan utama yang kebanyakan ada di setiap sekolah adalah meja dan kursi. Sekolah juga membutuhkan sarana tambahan untuk menunjang proses administrasi sekolah seperti peralatan komputer. Ada juga perabotan tambahan, yaitu rak buku di ruang perpustakaan, ranjang dan kasur di ruang UKS, dan sarana untuk berorganisasi di ruang OSIS.Peralatan dan media pendidikan yang ada di sekolah adalah materi pembelajaran baik dalam bentuk cetak maupun digital, buku paket, dan buku penunjang.Peralatan pendidikan juga termasuk alat-alat percobaan yang ada di laboratorium, peralatan penunjang olahraga seperti bola basket, dan lain-lain.
  • Contoh Sarana dan Prasarana di Ruang Publik
Ruang publik adalah ruangan yang dapat dimanfaatkan masyarakat secara luas secara cuma-cuma. Ruang publik sering kali berbentuk ruang terbuka seperti taman kota.Namun, ada juga ruang publik yang bersifat semi privat, sehingga ada sejumlah biaya yang diminta untuk mengaksesnya, misalnya Taman Safari.Sarana dan prasarana  yang ada di taman terbuka juga berbeda-beda tergantung dari bentuk, lokasi, fungsi, dan lain-lain. Namun, pada umumnya prasarana yang ada ialah lahan, ruang toilet, ruang untuk beribadah, area bermain, area lansia, area disabilitas, dan taman.Sedangkan, sarana yang ada di ruang publik adalah kursi santai, permainan anak, lampu taman, keran air, dan berbagai tanaman hias.
  • Contoh Sarana dan Prasarana Kesehatan
Jika berkaitan dengan kesehatan, maka sarana dan prasarana yang ada umumnya sudah tersedia di rumah sakit. Prasarana kesehatan bisa berwujud dalam bentuk gedung rumah sakit, Puskesmas, ruang rawat inap, ruang tata usaha, ruangan untuk tenaga kesehatan, ruang konsultasi, ruang tindakan, ruang pendidikan untuk diskusi, dan ruang loker.Selain itu, ada juga dapur, gudang, kamar mandi, ruang petugas kebersihan, ruang gawat darurat, ruang perawatan isolasi, dan ruang tunggu bagi para pasien yang ingin berobat.Prasarana kesehatan sangat bergantung dari jenis instalasi yang dibangun. Misalnya saja pada instalasi penyakit kandungan, terdapat ruang persiapan bersalin.Sedangkan sarana kesehatan adalah alat, jaringan, dan sistem kesehatan. Alat kesehatan yang dimaksud bisa dalam berbagai bentuk, misalnya stetoskop, alat pacu jantung, suntikan, termometer, perban, tabung oksigen, vaksin, dan berbagai macam obat-obatan.Sama seperti prasarana kesehatan, sarana kesehatan juga sangat bergantung dari instalasi yang dibangun. Misalnya pada instalasi penyakit dalam terdapat alat pencuci darah yang disebut mesin dialisis.
  •  Contoh Sarana Prasarana Komunikasi
Di zaman sekarang prasarana komunikasi utama adalah internet. Sedangkan sarana untuk menjangkau internet dapat berupa berbagai macam alat seperti telepon genggam, laptop, komputer, dan tablet.Melalui internet kita dapat melakukan komunikasi dengan berbagai macam bentuk, mulai dari panggilan suara, panggilan video, dan saling menyapa di media sosial.Jaringan internet dapat dibangun dengan jaringan fiber optik, jaringan kabel tembaga, dan jaringan kabel koaksil. Namun, biasanya pada internet yang berbasis WiFi dan memiliki kuota yang tak terbatas memakai jaringan fiber optik. Pada daerah terpencil, biasanya jaringan internet juga dibantu oleh tower untuk menguatkan sinyal. Prasarana yang sudah ada sejak zaman dahulu adalah jaringan telepon. Meski penggunaannya semakin sedikit, namun jaringan telepon masih dipakai di masa sekarang.Sarana untuk menjangkau fasilitas jaringan telepon adalah telepon rumah dan berbagai gawai seperti telepon genggam dan tablet.


Cara Pemeliharaan Sekaligus Penyimpanan Sarana dan Prasarana

a. Pemeliharaan Sarana dan Prasarana
Manfaat dari pemeliharaan sarana dan prasarana diantaranya: 1) supaya awet sehingga jarang terjadi kerusakan, 2) supaya tidak mudah basi atau kadaluarsa, 3) dan supaya tidak mudah susut. Pemeliharaan tersebut dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti:
  • Pemiliharaan yang berdasarkan jangka waktu tertentu, misalnya membersihkan dan melakukan pengecekan peralatan seminggu sekali.
  • Pemeliharaan yang dilakukan setiap hari, misalnya membersihkan lantai, meja, atau brang lainnya.
  • Pemeliharaan berdasarkan jenis barangnya, misal barang bergerak dan barang tidak bergerak, pastinya akan berbeda cara pemeliharaannya.
b. Penyimpanan Sarana dan Prasarana
Tujuan dari penyimpanan sarana dan prasarana diantaranya: 1). supaya tidak mudah hilang karena lupa menyimpan, 2). supaya barang tersimpan secara rapi dan mudah di temukan saat akan di gunakan kembali, 3). dan tentunya supaya barang tidak mudah rusak. Cara untuk menyimpannya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara, seperti:
  • Barang disimpan berdasarkan jenisnya (seperti berdasarkan beratnya, merknya, jangka waktu penyimpanannya, dan jenis bahannya)
  • Simpan barang dalam keadaan bersih.
  • Simpan di tempat yang cukup udara dan ruangan yang memadai.
  • Barang yang penting atau berharga tinggi, sebaiknya simpan di tempat yang dapat terkunci.
  • Barang yang sering digunakan sebaiknya simpan ditempat yang gampang di ambil.
  • Hindari barang tertentu dari sinar matahari.


Demikian tulisan yang membahas tentang pengertian sarana dan prasarana, semoga pembahasan ini dapat memberikan manfaat bagi para pembaca sekalian dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan.

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Sarana Dan Prasarana
  • 5 pengertian sarana dan prasarana menurut para ahli
  • pengertian sarana dan prasarana pendidikan
  • pengertian sarana dan prasarana menurut depdiknas
  • pengertian sarana prasarana dari berbagai sumber
  • fungsi sarana dan prasarana
  • pengertian sarana dan prasarana olahraga
  • jelaskan pengertian sarana dan prasarana secara umum
  • 10 contoh sarana dan prasarana kantor
  • pengertian sarana dan prasarana puskesmas
  • pengertian sarana dan prasarana menurut undang-undang
  • pengertian sarana dan prasarana menurut para ahli pdf
  • ruang lingkup sarana dan prasaran

Post a Comment for "Pengertian Sarana Dan Prasarana, Fungsi Serta Contohnya"