Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lapisan Eksosfer : Ciri - Ciri, Fungsi, dan Suhu pada Lapisan Eksosfer


Pengertian Lapisan Eksosfer

Eksosfer adalah lapisan bumi yang terletak paling luar. Pada lapisan ini terdapat refleksi cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel debu meteoritik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut juga dikenal sebagai cahaya zodiakal. Pengaruh gaya berat pada lapisan ini sangat kecil sehingga benturan-benturan di udara jarang terjadi. Butiran-butiran gas pada lapisan ini berangsur-angsur meloloskan diri ke angkasa luar sehingga lapisan ini juga dinamakan disipasisfer atau ruang antar planet dangeostasioner

Lapisan eksosfer memiliki sifat:

  1. Eksosfer lapisan atmosfer kelima, terletak pada ketinggian 500-1000 km dari permukaan bumi.
  2. Lapisan ini merupakan lapisan paling panas.
  3. Molekul debu dapat meninggalkan atmosfer sampai ketinggian 3.150 km dari permukaan bumi.
  4. Lapisan ini disebut juga ruang antarplanet dan geostasioner
  5. Lapisan ini sangat berbahaya karena merupakan tempat terjadi kehancuran meteor dari angkasa luar.
  6. Suhu lapisan eksosfer -57 °C.

Eksosfer terutama terdiri dari hidrogen terionisasi, yang menciptakan geocorona dengan memantulkan cahaya ultra jauh dari Matahari. Di ujung-ujung terpencil eksosfer, atom hidrogen sangat jarang sehingga setiap satu sentimeter kubik mungkin hanya mengandung satu atom; lebih jauh lagi, tekanan dan gravitasi sangat lemah sehingga atom-atom di eksosfer dapat melarikan diri sepenuhnya dan melayang ke angkasa. Satelit buatan umumnya mengorbit di wilayah ini.

Batas bawah eksosfer, dimana ia berinteraksi dengan termosfer disebut termopause. Itu dimulai pada ketinggian sekitar 250 - 500 km, tetapi ketinggiannya tergantung pada jumlah aktivitas matahari. Dibawah termopause, partikel-partikel atmosfer memiliki tumbukan atom, seperti yang mungkin Anda temukan di balon. Tetapi di atas termopause, ini beralih ke tabrakan balistik murni.

Batas atas teoritis eksosfer adalah 190.000 km (setengah jalan ke Bulan). Ini adalah titik dimana radiasi matahari yang berasal dari matahari mengatasi tarikan gravitasi Bumi pada partikel atmosfer. Ini telah terdeteksi sekitar 100.000 km dari permukaan Bumi. Sebagian besar ilmuwan menganggap 10.000 km sebagai batas resmi antara atmosfer bumi dan ruang antarplanet.

 

Baca Juga: Angin Puting beliung adalah - Penyebab, Proses Terjadinya, Tanda Datangnya Angin Puting Beliung, Dampak dan Penanganan Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung

 

Ciri Lapisan Eksosfer

Lapisan Eksosfer memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  • Lapisan terluar dari permukaan bumi, berada di ketinggian 800 hingga 1.000 km dari permukaan bumi.
  • Lapisan ini berbahaya karena proses terjadinya kehancuran benda luar angkasa yang hendak masuk ke bumi sudah dimulai dari sini.
  • Tempat terjadinya gerakan atom yang tidak beraturan.
  • Disebut juga ruang antar planet atau geostasioner karena butiran gas yang perlahan meloloskan diri dan sedikitnya benturan yang terjadi pada lapisan ini.
  • Debu luar angkasa yang sudah dihancurkan oleh termosfer dibuang melalui eksosfer dan dapat meninggalkan atmosfer bumi hingga ketinggian 3.150 km dari permukaan.
  • Memiliki suhu yang sangat rendah, hingga -57oC.
  • Merupakan lapisan paling tebal dibandingkan lapisan atmosfer lain.
  • Tidak memiliki tekanan udara sama sekali, hingga 0 cmHg.

 

Fungsi Lapisan Eksosfer

  • Lapisan perlindungan pertama planet Bumi terhadap sinar matahari.
  • Lapisan pertama yang bersentuhan dan melindungi bumi dari meteor, asteroid, maupun sinar kosmik.
  • Bertindak sebagai zona transisi antara atmosfer Bumi dengan ruang hampa udara di luar angkasa.
  • Penempatan satelit buatan yang umumnya untuk sarana penelitian, dengan posisi yang menguntungkan karena adanya sedikit gesekan serta dapat mengorbit dengan mudah.

 

Suhu pada Lapisan Eksosfer

Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang paling luar dari atmosfer bumi. Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang tersusun oleh gas hidrogen yang mana mempunyai tekanan udara mendekati 0 cmHg (yang tempat vakum). Pada lapisan eksosfer ini terdapat refleksi  dari cahaya matahari yang dipantulkan oleh partikel- partikel debu meteoritik. Cahaya matahari yang dipantulkan tersebut dikenal terhitung bersama nama cahaya zodiakal.

Karakteristik atau ciri- ciri atau Sifat Lapisan Eksosfer. Selanjutnya yang terlampau wajib untuk kita ketahui bersama adalah mengenia pembawaan dari lapisan eksosfer. Sifat dari lapisan ini terhitung dinamakan sebagai karakteristik ataupun ciri khas yang dimiliki oleh lapisan ini. seperti yang kita ketahui di awalnya bahwasannya lapisan- lapisan atmonfer bumi punya ciri khas atau karakteristiknya masing- masing, sehingga wajib diketahui ciri- ciri tersebut untuk menandai lapisan tersebut.

Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang punya pembawaan yang terlampau berbahaya. Hal ini karena lapisan eksosfer ini merupakan lapisan yang jadi tempat hancurnya meteror- meteor dari luar angkasa. Secara umum, lapisan eksosfer merupakan lapisan yang mempunyai bermacam sifat. Setidaknya tersedia delapan pembawaan atau karakteristik ataupun ciri tertentu yang mengiringi lapisan eksosfer ini. Berbagai pembawaan atau ciri- ciri ataupun karakteristik yang dimiliki oleh lapisan eksosfer ini pada lain adalah:

  1. Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang berada di area paling luar dari lapisan- lapisan atmosfer lainnya, atau lapisan yang berada di paling luar dari atmosfer bumi. Lapisan eksosfer ini terletak pada ketinggian di antara 800 hingga 1000 kilometer dari permukaan bumi.
  2. Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang sangat berbahaya. Hal ini karena eksosfer merupakan lapisan tempat terjadinya kehancuran dari berbagai meteor yang berasal dari luar angkasa.
  3. Lapisan eksosfer merupakan lapisan tempat terjadinya berbagai gerakan atom yang tidak beraturan.
  4. Lapisan eksosfer disebut juga dengan ruang antar planet dan juga geostasioner. Hal ini karena butiran- butiran gas yang terdapat pada lapisan ini secara perlahan- lahan meloloskan diri. Dan juga karena sedikitnya gaya gravitasi yang ada paad lapisan ini, sehingga sangat jarang terkadi benturan di antara batu- batu meteor yang berada di wilayah ini.
  5. Lapisan eksosfer merupakan lapisan tempat dimana debu dapat meninggalkan atmosfer bumi hingga mencapai ketinggian 3.150 kilometer dari permukaan bumi.
  6. Lapisan eksosfer mempunyai suhu yang sangat dingin atau suhu yang sangat rendah. Suhu yang dimiliki oleh lapisan eksosfer ini adalah minus 57 derajat celcius.
  7. Lapisan eksosfer merupakan lapisan yang mempunyai ketebalan di antara 500 hingga 700 kilometer.
  8. Lapisan eksosfer ini merupakan lapisan yang tidak memiliki tekanan udara sama sekali. Tekanan udara yang ada pada lapisan ini adalah sebesar 0 cmHg

 

Baca Juga: Pengertian Kartografi Adalah - Menurut Pendapat Para Ahli, Klasifikasi, Produk Kartografi, dan Jenis-Jenis Kartografi

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Lapisan Eksosfer :  Ciri - Ciri, Fungsi, dan Suhu pada Lapisan Eksosfer .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Lapisan Eksosfer

  • lapisan termosfer
  • lapisan stratosfer
  • lapisan troposfer
  • fungsi eksosfer
  • lapisan atmosfer
  • ciri-ciri lapisan eksosfer
  • ionosfer
  • dimanakah terjadinya lapisan eksosfer

Post a Comment for "Pengertian Lapisan Eksosfer : Ciri - Ciri, Fungsi, dan Suhu pada Lapisan Eksosfer"