Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lapisan Troposfer - Ciri-ciri, Manfaat, Kandungan dan Suhu di Lapisan Troposfer


Pengertian Lapisan Troposfer

Troposfer adalah lapisan atmosfer terendah yang tebalnya kira-kira sampai dengan 10 kilometer di atas permukaan bumi. Dalam troposfer ini terdapat gas rumah kaca yang menyebabkan efek rumah kaca, pemanasan global, dan merupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang mengalami fenomena cuaca. Lapisan Troposfer memiliki kombinasi gas yang dianggap paling baik untuk mendukung kehidupan di bumi, lebih dari 80% kandungan gas atmosfer terdapat di lapisan ini

Ketinggian lapisan ini kurang lebih 15 kilometer dari permukaan bumi dan merupakan lapisan yang paling tipis.

Lapisan troposfer memiliki karakteristik seperti:

  • Semakin naik ketinggiannya, suhunya semakin menurun. Tiap kenaikan 100 meter terjadi penurunan suhu sebesar 0,61 derjat celcius (teori Brack).

    Namun, pada permukaan Bumi tertentu terjadi anomali keadaan seperti puncak gunung dan dataran tinggi.
  • Terjadi fenomena cuaca dan musim
  • Terdapat lapisan Tropopause yang merupakan batas antara lapisan troposfer dengan stratosfer

 

Baca Juga: Angin Puting beliung adalah - Penyebab, Proses Terjadinya, Tanda Datangnya Angin Puting Beliung, Dampak dan Penanganan Penanggulangan Bencana Angin Puting Beliung

 

Ciri-ciri dari lapisan troposfer adalah sebagai berikut:

  • Pada umumnya, lapisan ini merupakan lapisan yang paling tipis dengan memiliki ketebalan sekitar 12 km dari permukaan tanah.
  • Ketinggian dari troposfer berbeda-beda di setiap tempat. Pada daerah kutub, ketinggian lapisan ini sekitar 8 km serta di daerah khatulistiwa atau daerah ekuator dapat mencapai hingga ketinggian 16 km.
  • Lapisan troposfer merupakan lapisan yang berkaitan langsung dengan permukaan bumi serta dipakai sebagai tempat tinggal untuk berbagai jenis makhluk hidup.
  • Tempat berlangsungnya peristiwa cuaca serta iklim, seperti hujan, angin, petir, dan juga awan.
  • Di dalam lapisan roposfer terdapat lapisan tropopause yang merupakan lapisan antara troposfer serta stratosfer.
  • Setiap kenaikan 100 meter, suhunya akan turun menjadi 0,5°-0,6° C.
  • Puncak troposfer mempunyai temperatur hingga mencapai minus 600 C.
  • Di dalam lapisan troposfer berlangsung gejala cuaca seperti berlangsungnya hujan, angin, halilintar, munculnya pelangi, serta halo. Oleh sebab itu, lapisan ini sangat penting untuk kehidupan di bumi.

Lapisan troposfer terdiri atas:

  • Lapisan planetair 0-1 km
  • Lapisan konveksi 1-8 km
  • Lapisan tropopause 8-12km (adalah pembatas antara troposfer dengan stratosfer, pada lapisan ini aktivitas udara secara vertikal (konveksi) berhenti)

 

 

Manfaat lapisan atmosfer: Troposfer

Troposfer adalah lapisan atmosfer terendah yang ada di bumi. Manfaat lapisan atmosfer adalah mampu menentukan dan membentuk cuaca dan suhu di bumi. Troposfer mampu menentukan perubahan suhu, cuaca, udara, angin, dan awan. Udara di troposfer menipis seiring dengan meningkatnya ketinggian. Ini membuat membuat semakin tinggi suatu permukaan, semakin dingin suhunya.

Lapisan troposfer merupakan tempat di mana suhu, cuaca, dan tekanan kelembapan sehari-hari berlangsung. Hampir semua cuaca berkembang di troposfer karena mengandung hampir semua uap air atmosfer. Sistem cuaca ini mengarah pada perubahan cuaca harian serta pola cuaca musiman dan sistem iklim.

 

 

Kandungan Lapisan Troposfer

Sebagai salah satu lapisan atmosfer yang melindungi bumi, lapisan troposfer ini mempunyai kandungan berbagai macam molekul atau komponen yang menyusun lapisan tersebut.  Lapisan troposfer ini merupakan lapisan yang memiliki komposisi kimia yang cukup seragam, kecuali kandungan uap air yang semakin menurun jika ketinggiannya semakin bertambah.

Salah satu kandungan yang paling banyak yang dimiliki oleh lapisan troposfer ini adalah uap air. Hampir sebanyak 99% kandungan uang air yang ada bumi berada di lapisan troposfer ini. kandungan uap air yang berada di daerah kutub lebih sedikit daripada di daerah yang bukan kutub atau di aderah yang tropis. Uap air ini mempunyai fungsi yang sangat penting untuk mengatur suhu udara. Hal ini karena uap air mempunyai sifat menyerap energi matahari dan juga radiasi termal.  Selain mengandung uap air yang banyak, troposfer juga mengandung 80% dari total massa di atmosfer, dam juga masih banya berbagai kandungan yang ada di dalam lapisan troposfer ini.

Secara umum, ada beberapa molekul yang dikandung oleh lapisan troposfer ini. berikut merupakan kandunga troposfer secara lebih rinci:

  1. Uap air sebanyak 99%
  2. Nitrogen sebanyak 78%
  3. Oksigen sebanyak 21%
  4. Hidrogen
  5. Karbondioksida
  6. Jejak argon
  7. Asap
  8. Polutan


 

Suhu di Lapisan Troposfer

Sudah di katakan di awalnya bahwasannya suhu yang berada di susunan atmosfer ini beruban- rubah sesuai bersama dengan ketinggiannya. Yang paling hangat adalah yang berada di palih rendah. Setiap naik di ketinggian khusus maka suhu udara selanjutnya akan berkurang. Suhu troposfer ini akan berkurang bersamaan bersama dengan meningkatnya ketinggian.

Suhu yang berada di area bagian bawah troposfer lebih kurang 59 derajat F. Ketika ketinggian naik setinggi 1.000 meter, maka berlangsung penurunan suhu lebih kurang sebesar 3,6 derajat F. tingkat perubahan suhu ini dikenal denhan nama lapse rate. Suhu paling dingin yang terkandung di susunan ini adalah -110 F. Beberapa area miliki suhu yang berbeda- beda. Suhu mungkin akan terasa lebih tinggi kala berada di daerah- area yang mana suhu inversi terjadi.

Studi lanjut tentang pengetahuan yang mempelajari cuaca ataupun bumi beserta hal- perihal yang menyertainya selamanya berkembang dari waktu- ke waktu. Berdasarkan studi yang dilakukan terhadap akhir- akhir ini, ditemukan sebuah bakteri yang hidup yang lantas ditemukan terhadap susunan troposfer yang berada di area menengah ke atas. Para ilmuwan yang meneliti perihal ini pun belum jelas bagaimana  bakteri selanjutnya mampu sampai berada di susunan troposfer, tentang bagaimana bakteri selanjutnya mampu berkembang dan sebenarnya  apa guna bakteri selanjutnya berada di susunan proposfer ini, baik dalam pembentukan awan maupun pembentukan curah hujan.

 

 

Baca Juga: Pengertian Transmigrasi Adalah - Tujuan, Jenis, Manfaat Transmigrasi Penduduk, Contoh, Dampak dan Upaya Mengatasi Dampak Transmigrasi

 

 Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Lapisan Troposfer - Ciri-ciri, Manfaat, Kandungan dan Suhu di Lapisan Troposfer .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

Penelusuran yang terkait dengan Suhu di Lapisan Troposfer

  • lapisan eksosfer
  • lapisan stratosfer
  • ciri-ciri lapisan eksosfer
  • lapisan atmosfer
  • lapisan troposfer berada pada ketinggian
  • lapisan atmosfer berdasarkan gas penyusun
  • lapisan mesosfer
  • 7 lapisan atmosfer

Post a Comment for "Pengertian Lapisan Troposfer - Ciri-ciri, Manfaat, Kandungan dan Suhu di Lapisan Troposfer"