Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tanah padas : Proses Terbentuknya, Pemanfaatan, Kelemahan atau Kekurangan Tanah Padas dan Cara Menjaga Tanah


Pengertian Tanah padas

Tanah Padas merupakan salah satu dari jenis tanah yang amat padat di karenakan mineral di dalamnya dikeluarkan oleh air yang terdapat di lapisan tanah atasnya sehingga kandungan tanah telah hilang dan sisanya terdiri dari lapukan batuan induk. Kandungan organik tanah ini rendah bahkan hampir tidak ada dan peka terhadap erosi. Secara spesifik tanah padas cukup sulit untuk menyerap air, tetapi bukanya tidak bisa. kebanyakan tanah padas jarang sekali dimanfaatkan untuk sektor pertanian tetapi di manfaatkan dalam infrastruktur bangunan untuk pondasi bangunan besar seperti gedung bertingkat, stadium bola ataupun gudang-gudang besar karena teksur nya yang padat sangat kukuh untuk menopang bangunan besar di atas nya. Jenis tanah ini hampir sebagian besar terdapat pada daerah dataran tinggi dan penyebarannya terdapat hampir di seluruh wilayah di Indonesia.

 

 ciri khas dari tanah padas adalah kepadatannya yang luar biasa dibandingkan dengan jenis tanah lainnya, sehingga tanah ini akan lebih tampak sebagai batuan daripada tanah pada umumnya. Tanah padas ini hampir tidak mempunyai kandungan bahan- bahan organik yang tinggi. Dengan kata lain, kandungan bahan organik yang ada dalam tanah tersebut berjumlah sangat rendah. Karena kandungan bahan organik yang rendah inilah tanah padas ini merupakan tanah yang tidak cocok untuk bercocok tanam. Hal ini karena kandungan organik yang rendah tersebut menandakan bahwa tanah padas ini bukanlah jenis tanah yang subur karena itu tanah padas tidak mengandung mineral (atau jika ada juga berjumlah sedikit).

 

Baca Juga: Pengertian Tanah liat Adalah - Ciri - Ciri, Karakteristik, Proses Terbentuknya, Jenis-jenis dan Pemanfaatan Tanah Liat



Tanah padas juga adalah jenis tanah yang sangat peka terhadap erosi tanah. Hal ini karena tanah ini tidak mempunyai cukup kandungan untuk dapat mempertahankan keutuhan struktur tanahnya, Jika struktur tanah ini tida dijaga dengan abik, akibatnya tanah tersebut akan mudah terkikis oleh air hujan dan semacamnya. Meskipun secara sifat struktus tanah padat, namun tanah ini ternyata sangat peka terhadap erosi pada tanah yang bisa terjadi setiap saat. serta mempunyai sifat sulit untuk menyerap air. Namun meskipun sulit, tanah padas ini tetap mampu atau bisa untuk menyerap air.

Tanah padas ini biasanya ditemukan di dalam tanah dengan kedalaman tertentu. biasanya akan didahului oleh beberapa jenis tanah lainnya. Tanah padas ini akan ditemukan setelah kita menggali pada kedalaman beberapa meter di dalam tanah. Oleh karena letaknya yang berada di kedalaman tertentu dan juga karena ditindih oleh lapisan- lapisan tanah yang ada di atasnya maka  tanah ini menjadi bertekstur padat dan tidak mepunyai kandungan air dan juga kandungan mineral.

 

Proses Terbentuknya Tanah Padas

Tanah padas merupakan tanah yang berstruktur keras dan padat hingga menyerupai batu. Hingga saat ini masih jarang sumber yang menjelaskan mengenai proses terbentunya tanah tanah padas ini. Namun, secara sekilas, tanah padas ini mepunyai kemiripan dengan tanah kapur.

 

Pemanfaatan Tanah Padas

Sudah dijelaskan sebelumnya bahwasannya tanah padas ini merupakan tanah yang mempunyai strukstur keras dan padat. Hal ini akan mengindikasikan bahwa tanah ini merupakan jenis tanah yang tidak cocok digunakan dalam bidang pertanian. Mengingat arena tanah padas ini juga bukan merupakan suatu jenis tanah yang subur. Oleh karena itu tanah padas lebih sering sering dimanfaatkan dalam bidang yang lainnya.

Salah satu pemanfaatan dari tanah padas ini adalah untuk membuat infrastuktur sebuah banguan. Tanah padas yang memiliki tekstur keras dan juga kokoh ini akan menjadi pondasi yang kuat dan sangat baik bagi suatu bangunan, terebih bagi bangunan yang besar dan memerlukan pondasi yang kuat.

 

Kelemahan atau Kekurangan Tanah Padas

Suatu jenis tanah memang ada sisi positif dan sisi negatifnya, begitupun mengenai tanah padas ini. tanah padas mempunyai sisi yang positif dan sisi negatifnya atau kekurangannya. Mengenai sisi poitif atau kelebihan dari tanah padas ini sudah dijelaskan sebelumnya pada pemanfaatan tanah padas. Sedangakan kekurangan tanah padas atau sisi hegatif dari tanah padas adalah sebagai berikut:

  • Tanah padas bukan merupakan tanah yang subur sehingga tidak cocok untuk ditanami suatu tanaman.
  • Tanah padas sangat peka terhadap erosi sehingga tanahnya mudah terkikis
  • Tanah padas mempunyai sifat sulit menyerap air sehingga tiadk mudah menyimpan cadangan air yang bisa digunakan suatu saat nanti.

 

 

Cara Menjaga Tanah

Kondisi tanah yang baik sangat pentin bagi kelangsungan hidup makhluk hidup di bumi. Oleh karena itu, kita harus merawat dan menjaga tanah agar tetap subur dan tidak rusak, baik karena erosi, longsor, maupun banjir.

Berikut ini adalah hal-hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga tanah, yaitu:

1. Pemupukan

Untuk menjaga kesuburan tanah, kita dapat menggunakan pupuk organik yang lebih ramah lingkungan. Tujuan dari pemupukan adalah memberikan kandungan unsur hara secara kontinyu afar tanah tetap subur.

2. Rotasi Tanaman

Perlakuan tanah dengan metode rotasi tanah juga dapat menjaga kesuburan tanah. Hal ini telah diterapkan di lahan persawahan, petani melakukan penyesuai tanaman berdasarkan musim, curah hujan, serta perlakuan tanah melalui pergantian tanaman.

3. Pengelolaan Sampah

Sampah adalah sumber utama pencemaran tanah yang merusak tanah, baik secara struktur dan kandungannya. Jenis sampah anorganik seperti plastik harus di daur ulang melalui mekanisme tertentu. Sebab, jenis sampah palstik memerlukan waktu lama agar terurai secara alami.

4. Pengelolaan Limbah

Jenis limbah B3 (Bahan Berbahaya dan Beracun) tidak hanya mencemari air, karena tanah juga akan terpapar zat-zat berbahaya dari limbah tersebut. Kita dapat melakukan upaya konservasi terhadap tanah dan air untuk mencegah erosi, memperbaiki tanah yang rusak, dan memelihara serta meningkatkan produktivitas tanah.

 

 

 Baca Juga: Pengertian Gerhana Matahari - Proses Terjadinya, Jenis - Jenis, dan Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan saat Melihat Gerhana Matahari

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Tanah padas : Proses Terbentuknya, Pemanfaatan, Kelemahan atau Kekurangan Tanah Padas dan Cara Menjaga Tanah. Semoga Artikel ini bermanfaat dan jangan Lupa selalu Kunjungi ilmuips.my.id Untuk Mendapatkan Artikel Lainnya.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Tanah Padass adalah

  • tanah lempung
  • tanah berpasir adalah
  • tanah cadas adalah
  • jenis-jenis tanah
  • tanaman yang cocok di tanah cadas
  • lapisan tanah
  • gambar tanah cadas
  • batu padas berasal dari

Post a Comment for "Pengertian Tanah padas : Proses Terbentuknya, Pemanfaatan, Kelemahan atau Kekurangan Tanah Padas dan Cara Menjaga Tanah"