Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Lapisan ozon Adalah : Pemanasan Global Beserta Fungsi Lapisan Ozon , Dampak dan Upaya Pencegahan Terjadinya Penipisan Lapisan Ozon


Pengertian  Lapisan ozon

 Lapisan ozon adalah lapisan di atmosfer pada ketinggian 20−35 km di atas permukaan Bumi yang mengandung molekul-molekul ozon . Konsentrasi ozon di lapisan ini mencapai 10 ppm dan terbentuk akibat pengaruh sinar ultraviolet Matahari terhadap molekul-molekul oksigen. Peristiwa ini telah terjadi sejak berjuta-juta tahun yang lalu, tetapi campuran molekul-molekul nitrogen yang muncul di atmosfer menjaga konsentrasi ozon relatif stabil.

Lapisan ozon ditemukan pada tahun 1913 oleh fisikawan Prancis Charles Fabry dan Henri Buisson. Pengukuran sinar matahari menunjukkan bahwa radiasi yang dikirim keluar dari permukaannya dan mencapai tanah di Bumi biasanya sesuai dengan spektrum benda hitam dengan suhu di kisaran 5'500-6'000 K (5'277 sampai 5'727 °C), kecuali bahwa tidak ada radiasi di bawah panjang gelombang sekitar 310 nm pada akhir spektrum ultraviolet. Disimpulkan bahwa radiasi yang hilang diserap oleh sesuatu di atmosfer. Akhirnya spektrum radiasi yang hilang hanya cocok untuk satu kimiawi, ozon.Sifat-sifatnya dieksplorasi secara rinci oleh ahli meteorologi Inggris G. M. B. Dobson, yang mengembangkan spektrofotometer sederhana (yang dapat digunakan untuk mengukur ozon stratosfer dari tanah. Antara 1928 dan 1958, Dobson mendirikan jaringan stasiun pemantauan ozon di seluruh dunia, yang terus beroperasi sampai hari ini. "Satuan Dobson", ukuran yang mudah digunakan dari bagian teratas ozon, dinamai untuk menghormatinya.

Lapisan ozon menyerap 97 sampai 99 persen frekuensi menengah sinar ultraviolet Matahari (panjang gelombang dari sekitar 200 nm hingga 315 nm), yang sebaliknya berpotensi merusak kehidupan yang terpapar di dekat permukaan.Majelis Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa telah menunjuk 16 September sebagai Hari Internasional untuk Pelestarian Lapisan Ozon.

 

 Baca Juga: Pengertian Satelit Adalah - Sejarah, Jenis- jenis, Fungsi, Manfaat, Satelit Satelit Di Indonesia dan Cara kerja satelit

 

Pemanasan global dan fungsi lapisan ozon

Kadar ozon yang membentuk lapisan ozon memang berubah-ubah karena banyak faktor. Proses alam berupa letusan gunung api misalnya, mampu menipiskan lapisan ini karena naiknya kadar khlor di udara yang tersembur dari letusan tersebut.Meski demikian, proses alam hanya berkontribusi 3% dari penipisan ini ditambah 15% dari ‘sumbangan’ metil khlorida yang dihasilkan oleh biota laut.Penyebab penipisan lapisan ozon yang paling besar ialah ulah manusia, yakni dengan membuang gas Chloro-Fluoro-Carbon dalam bentuk CFC-12 (2%), CFC-11 (23%), CCl4 (12%), CH3CCl3 (10%), CFC-113 (6%), dan HCFC (3%).Anda mungkin sudah pernah mendengar tentang lubang ozon yang salah satunya berada di atas benua Antartika pada 1980an silam. Peristiwa ini merupakan efek dari naiknya level gas klorin di udara, karena berbagai aspek yang dijelaskan di atas.Meski demikian, lubang ini bukan menandakan kebocoran lapisan ozon, melainkan mencerminkan kondisi penipisan yang serius. Lubang ozon ini bisa kembali menutup asalkan manusia melakukan perubahan pola hidup yang signifikan, misalnya:
  • Membeli pendingin ruangan yang tidak menggunakan HCFC atau CFC. Bila sudah terlanjur, Anda dapat melakukan penukaran spare part jika memungkinkan
  • Memastikan alat elektronik berfungsi secara maksimal, dengan melakukan servis berkala untuk mencegah bocornya tabung pendingin
  • Membeli produk aerosol yang tidak mengandung HCFC atau CFC sebagai propelan

 

Fungsi Lapisan Ozon  mampu menangkal radiasi ultraviolet (UV) yang berbahaya dari matahari. Radiasi UV memang diperlukan untuk menghangatkan stratosfer. Radiasi UV diperlukan sebagai vitamin D bagi tubuh. Kekurangan vitamin D, dapat menyebabkan osteoporosis osteomalasia (pelunakan tulang), dan masalah kardiovaskular. Namun, radiasi UV yang berlebihan bisa membahayakan kehidupan di bumi. Selain itu, radiasi UV yang berlebihan bisa merusak tumbuhan dan plankton. Tumbuhan dan plankton menjadi makanan bagi hewan darat dan hewan laut. Dengan demikian, radiasi UV yang berlebihan bisa mengganggu keseimbangan ekosistem. Kemudian, radiasi UV yang berlebihan juga bisa membuat kebakaran kulit (sunburn). Hingga yang terparah dapat menyebabkan kanker kulit.

 

 Dampak Penipisan Lapisan Ozon

Berikut dampak yang bisa terjadi jika lapisan ozon terus-menerus menipis.

  1. Menyebabkan kanker kulit, karena tingginya radiasi UV-8
  2. Menyebabkan katarak mata
  3. Penurunan kesehatan. Hal ini disebabkan oleh adanya penurunan vitamin D di kulit
  4. Kehidupan darat, tumbuhan yang terhambat akibat peningkatan UV-8 yang menggangu rantai makanan
  5. Mengganggu ekosistem, mengubah alur pertukaran karbon dioksida antara atmosfer dan biosfer.
  6. Naiknya permukaan air laut
  7. Biota laut rusak akibat peningkatan besar UV-8 menyebabkan rantai makanan biota laut meningkat. Hal ini tentu sangat mengancam keanekaragaman hayati dan ekosistem laut.
  8. Kerusakan material akibat paparan UV-8 yang merusak bahan alami maupun sintesis.

 

Upaya Pencegahan Terjadinya Penipisan Lapisan Ozon

Upaya pencegahan terhadap tipisnya lapisan ozon ini sangatlah penting untuk dapat menjaga Bumi dari berbagai hal yang dapat mengancam Bumi. Upaya yang dilakukan bisa dimulai dari hal- hal kecil dan dimulai secara pribadi, maupun dilakukan secara massal. Berikut ini merupakan upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah adanya penipisan lapisan ozon.

  1. Mengurangi intensitas penggunaan kendaraan pribadi baik maobil maupun motor. Emisi yang dikeluarkan mobil serta asap kendaraan lain akan mebahayakan keberadaan lapisan ozon di Bumi. Maka dari itulah kurangi intessitas penggunaan kendaraan pribadi dan mulailah memanfaatkan transportasi umum yang ada atau menggunakan sepeda dan berjalan kaki.
  2. Mengganti mobil dengan mobil hybrid atau mesin mol emisi. Jika tetap nyaman menggunakan kendaraan pribadi, maka gantilah modin Anda dengan mobil hybrid atau mesin nol emisi. Hal ini akan membuat Anda tetap bisa memiliki fasilitas transportasi pribadi namun tetap menyumbang aksi peduli lapisan ozon.
  3. Penggunaan pembersih rumah tangga yang bersahabat. Pilihlan pembersih rumah tangga yang ramah lingkungan dan terbuat dari bahan alami. Hindari penggunaan pembersih yang terbuat dari bahan kimia karena bisa membahayakan lapisan ozon.
  4. Menghindari penggunaan pestisida. Meskipun pestisida sangat membantu dalam bidang pertanian, namun pestisida ini sangat mampu berkontribusi dalam merusak lapisan ozon. Maka dari itulah gantilah pestisida berbahan kimia Anda dengan pembasmi hama yang terbuat dari bahan- bahan alami.
  5. Mengurangi penggunaan AC dan hair dyer. Kedua alat tersebut merupakan alat m=penyumbang gas CFC dalam jumlah banyak. Hal ini tentu sangat membahayakan. Maka dari itulah sebaiknya kita mengurangi penggunaan kedua alat tersebut.
  6. Berhenti menggunakan nitrous oxide. Bukan hanya CFC saja gas yang menyumbang rusaknya lapisan ozon, namun juga nitrous oxide. Maka dari itulah penggunaan gas ini sangatlah dilarang.
  7. Membuat aturan yang ketat tentang peluncuran roket. Meluncurkan roket merupakan salah satu aktivitas yang dapatmerusak lapisan ozon. Maka dari itulah dunia perlu membuat aturan ketat tentang ini.

 

 

 Baca Juga: Pengertian Waduk Adalah - Klasifikasi, Jenis - Jenis, Kegunaan dan Manfaat Beserta Waduk Terbesar di Indonesia

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Lapisan ozon Adalah :  Pemanasan Global Beserta Fungsi Lapisan Ozon , Dampak dan Upaya Pencegahan Terjadinya Penipisan Lapisan Ozon .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan lapisan ozon adalah

  • fungsi lapisan ozon adalah
  • lapisan atmosfer
  • dampak penipisan lapisan ozon
  • apa yang dimaksud dengan lapisan ozon
  • apa penyebab lapisan ozon menipis dan sampai dengan bolong
  • penyebab menipisnya lapisan ozon
  • ozon merupakan
  • ozon adalah brainly

Post a Comment for "Pengertian Lapisan ozon Adalah : Pemanasan Global Beserta Fungsi Lapisan Ozon , Dampak dan Upaya Pencegahan Terjadinya Penipisan Lapisan Ozon"