Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Pelapukan Mekanik Adalah : Faktor- faktor, Jenis- jenis dan Contoh Pelapukan Mekanik

 

Pengertian Pelapukan Mekanik

pengertian pelapukan mekanik (fisis) adalah proses atau peristiwa hancur dan lepasnya material batuan, tanpa mengubah struktur kimiawi batuan tersebut. Pelapukan mekanik merupakan penghancuran bongkah batuan menjadi bagian-bagian yang jauh lebih kecil.


 Faktor- faktor yang Menyebabkan Pelapukan Mekanik

Ada beberapa faktor yang menyebabkan pelapukan mekanik, yaitu sebagai berikut:

  • Perbedaan temperatur, akibatnya batuan akan mengalami proses pemuaian apabila panas dan sekaligus pengerutan pada waktu dingin. Jika proses ini terus berlangsung maka lambat laun batuan akan mengelupas, terbelah, dan pecah menjadi bongkah-bongkah yang kecil.
  • Akibat erosi di daerah pegunungan dan akibat membekunya air di sela-sela batuan. Air yang membeku di sela-sela batuan volumenya akan membesar, sehingga air tersebut akan menjadi sebuah tenaga tekanan yang merusak struktur dari suatu batuan.
  • Pengaruh kegiatan makhluk hidup, seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan. Akar tumbuhan akan merusak struktur batuan, begitu juga dengan hewan yang selalu membawa butir-butir batuan dari dalam tanah ke permukaan. Selain hewan dan tumbuh-tumbuhan, manusia juga memberikan andil dalam terjadinya pelapukan mekanis (fisik). Dengan pengetahuan dan teknologinya, batuan sebesar kapal dapat dihancurkan dalam sekejap dengan menggunakan dinamit.
  • Berubahnya air garam menjadi kristal. Jika terjadi pada air tanah yang mengandung garam, pada siang hari airnya menguap dan garam akan mengkristal. Kristal garam ini tajam sekali dan dapat merusak batuan yang tersebar di sekitarnya, terutama batuan karang yang terdapat di daerah pantai.


 

 Baca Juga: Pengertian Bioma Gurun Adalah : Proses Terjadinya, Ciri-ciri, Jenis Bioma Gurun, Flora dan Fauna Bioma Gurun Lengkap

 

 

Jenis- jenis Pelapukan Mekanik

  1. Stress Release

Jenis pelapukan mekanik yang pertama dinamakan stress release. Stress release merupakan nama yang menggambarkan sebuah proses. Proses yang dimaksud adalah batuan yang muncul ke permukaan Bumi akan melepaskan stress dan menghasilkan kekar atau retakan yang sejajar permukaan topografi. Retakan- retakan itu membagi batuan menjadi lapisan- apisan atau lembaran (sheet) yang sejajar dengan permukaan topgrafi. Ketebalan dari lapisan hasil proses sheeting  ini semakin tebal menjauhi dari permukaan. Proses pelapukan seperti ini biasanya terjadi pada batuan beku terobosan yang keberadaannya dekat dengan permukaan Bumi.

  1. Salt weathering

Salt weathering merupakan peristiwa pertumbuhan kristal pada batuan. Pertumbuhan kristal pada batuan di bagian pori- porinya pada akhirnya akan menimbulkan tekanan tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan atau kepecahan pada batuan tersebut.

  1. Frost action and hydro- fracturing

Air atau jenis larutan apapun yang tersimpan di dalam pori dan/ atau pada retakan batuan akan meningkatkan volumenya sebesar 9% ketika membeku. Hal ini tentu saja akan menyebabkan tekanan yang cukup kuat untuk memecahkan batuan yang ditempatinya tersebut. Proses frost action and hydro- fracturing ini tergantung pada:

  • Keberadaan pori dan retakan dalam batuan
  • Keberadaan air/ cairan di dalam pori
  • Temperatur yang turun dan naik dalam jangka waktu tertentu
  1. Insolation weathering

Insolation weathering terjadi akibat adanya pemanasan dan pendinginan permukaan karena pengaruh matahari. Pelapukan seperti ini akan mempunyai pengaruh besar di daerah yang mengalami perbedaan suhu cukup besar.

  1. Alternate wetting and drying

Yang dimaksud dengan alternate wetting and drying adalah pengaruh penyerapan dan pengeringan dengan cepat.

 

Contoh Pelapukan Mekanik

  • Hancurnya batuan karena suhu.
  • Retaknya batuan karena panas matahari
  • Lapuknya batuan karena air dan menjadi tanah.

 

 

 Baca Juga: Pengertian Bioma Sabana Adalah - Proses Terbentuknya, Ciri-Ciri, Jenis, Flora, Fauna, Manfaat Hutan Sabana dan Sabana di Indonesia

 

Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Pelapukan Mekanik Adalah : Faktor- faktor, Jenis- jenis dan Contoh Pelapukan Mekanik . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

 Penelusuran yang terkait dengan Pelapukan Mekanik

  • pelapukan organik adalah
  • pelapukan kimiawi
  • contoh pelapukan mekanik
  • pelapukan organis
  • pelapukan fisis
  • pelapukan dekomposisi
  • pelapukan kimiawi disebabkan oleh
  • contoh pelapukan kimia

Post a Comment for "Pengertian Pelapukan Mekanik Adalah : Faktor- faktor, Jenis- jenis dan Contoh Pelapukan Mekanik"