Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tanah latosol Adalah : Ciri-Ciri, Kandungan Tanah, dan Tanaman yang Dapat Hidup di Tanah Latosol


Pengertian Tanah latosol

Tanah latosol berasal dari pelapukan batuan sedimen dan metamorf. Tanah ini sebagian besar terbentuk dan berkembang di daerah yang lembab. Kandungan bahan organik tanah ini bisa berubah-ubah dari sedang sampai tinggi. Tanah latosol mampu menyerap air dengan baik sehingga bisa menahan erosi dan cocok untuk tanaman tebu, cokelat, kopi dan karet. 

 

 Sifat dan Ciri Umum Tanah Latosol Latosol adalah tanah yang penyebarannya luas di Indonesia. Tanah ini diantaranya dijumpai di daerah Darmaga Kabupaten Bogor. Latosol coklat kemerahan Darmaga Bogor termasuk ke dalam order Inceptisols menurut system klasifikasi USDA dan terletak pada zona fisiografi Bogor bagian barat, dengan bahan induk vulkanik kuarter barasal dari Gunung Salak (Yogaswara, 1977). Soepardi (1983) menyebutkan bahwa Latosol terbentuk di bawah kondisi iklim dengan curah hujan dan suhu yang tinggi di daerah tropik dan semi tropik, gayagaya hancuran bekerja lebih cepat dan yang besar pengaruhnya lebih ekstrim daripada di daerah sedang. Di banyak tempat di daerah tropik, musim basah dan kering yang silih berganti sangat mengintensifkan kegiatan kimia, terutama dari bahan organik. Proses yang berperan dalam pembentukan tanah demikian disebut latosolisasi. Menurut Buringh (1970) Latosol terbentuk oleh proses feralisasi dan latosolisasi. Proses ini meliputi, Pelapukan yang intensif secara kontinu dan proses hidrolisis silika, Pencucian basa-basa dan silika yang mengakibatkan tertimbunnya seskuioksida secara relatif pada horison B, dan Pembentukan mineral liat kaolinit. Dudal dan Soepraptohardjo (1957) mendefinisikan Latosol sebagai tanah bersolum dalam, mengalami pelapukan lanjut, batas horison baur, ph rendah , kandungan mineral primer dan unsur hara rendah, konsistensi gembur dengan stabilitas agregat kuat dan terdapat penumpukan seskuioksida di dalam tanah sebagai akibat pencucian silikat, warna tanah merah, coklat kemerah-merahan atau kekuning-kuningan atau kuning tergantung dari komposisi bahan induk, umur tanah, iklim, dan elevasi. Selain itu Pusat Penelitian Tanah (1983) mendefinisikan Latosol sebagai tanah yang mempunyai distribusi liat tinggi, remah sampai gumpal, gembur dan warna relatif homogen pada penampang tanah dengan batas horizon baur, kejenuhan basa kurang dari 50 persen (NH 4 OAc). Berdasarkan Soil Survey Staff (1998) Latosol Coklat Kemerahan Darmaga tergolong dalam Oxic Dystrudept.

 

 Baca Juga: Pengertian Biogas Dan Biodiesel Meliputi Jenis, Fungsi dan Manfaatnya Secara Lengkap

 

 Ciri-Ciri Tanah Latosol

Adapun ciri atau katakteristik tanah latosol, diantaranya:

  1. Memiliki warna kemerahan,  kecoklatan hingga kekuning-kuningan.
  2. Struktur tanahnya remah dengan konsistensi agak gembur.
  3. pH yang dimilikinya 4,5 sampai 6,5 bersifat agak asam hingga asam.
  4. Rata-rata bahan organik yang terkandung didalamnya sekitar 5 persen.
  5. Kedalaman lapisan tanahnya cukup tebal mencapai 1,3 Meter sampai 5 Meter.
  6. Unsur hara yang terkandung didalamnya sedang tapi ada juga yang memiliki unsur hara tinggi.
  7. Jika warnanya Semakin merah maka unsur hara-nya semakin rendah.
  8. Daya tahan yang bagus terhadap erosi.
  9. Daya serap air cukup baik.
  10. Tekstur tanahnya liat.

 

Kandungan Tanah Latosol

Tanah sebagai elemen dari Bumi yang keberadaannya sangat penting dan sangat dibutuhkan oleh semua makhluk hidup. Oleh karena itulah tanah merupakan elemen yang sangat pokok. Adapun fungsi tanah tidak hanya sebagai pijakan dalam menjalani aktivitas kehidupan sehari- hari saja, namun masih banyak lagi fungsi atau manfaat dari tanah. Salah satu manfaat dari tanah adalah untuk bercocok tanam. Agar tumbuh- tumbuhan hidup subur dengan menancapkan akar mereka di dalam tanah, maka tanah harus mempunyai kandungan- kandungan yang dapat menyuburkan tanaman. Semua jenis tanah di dunia ini mempunyai kandungan yang berbeda- beda antara satu dengan yang lainnya. Hal ini juga berlaku untuk tanah latosol. Tanah latosol atau inceptisol mempunyai kandungan yang berbeda dengan tanah- tanah yang lainnya. Adapun kandungan yang dimiliki oleh tanah latosol antara lain adalah sebagai berikut:

  • Memiliki solum tanah yang tebal
  • Bahan organik rata- rata sebesar 5%
  • Unsur hara sedang hingga tinggi

 

Tanaman yang Dapat Hidup di Tanah Latosol

Tanah latosol atau inceptisol yang merupakan jenis tanah mineral, cukup cocok untuk ditanami berbagai jenis tanaman. Beberapa jenis tanaman yang dapat tumbuh di tanah latosol atau inceptisol antara lain adalah sebagai berikut:

  • Tembakau

Yang pertama sering digunakan sebagai lahan untuk menanam tembakau. Tanaman tembakau merupakan bahan baku untuk membuat rokok, sehingga banyak petani tembakau di Indonesia yang memanfaatkannya untuk bercocok tanam.

  • Coklat

Selain tembakau, tanah jenis latosol juga dapat di tanami pohon coklat, buah dari pohon coklat jika sudah di olah bermanfaat untuk dijadikan sebagai makanan. Maka tak heran jika banyak petani coklat yang bercocock tanam di jenis tanah ini.

  • Pala

Pohon Pala juga dapat tumbuh di tanah laterit, karena untuk tumbuhnya tidak terlalu memerlukan tanah yang sangat subur. Buah Pala bermanfaat jika diolah menjadi manisan yang enak, sedangkan bijinya berguna sebagai rempah-rempah sebagai bumbu memasak.

  • Tebu

Selanjutnya tebu dapat juga ditanam di jenis tanah ini. Tanaman tebu bermanfaat sebagai bahan baku untuk membuat gula pasir.

  • Panili

Tanah latosol juga baik untuk ditumbuhi oleh tanaman panili. Tempat yang baik yang dipilih adalah yang memiliki ketinggian antara 0 hingga 800 m DPL, memiliki curah hujan antara 850 – 2.950 mm per tahun, suhu sekitar 20ᵒ Celcius, dan kelembapan atara 70 – 80%.

 

 

Baca Juga: Pengertian Geologi Menurut Para Ahli, Macam Geologi, Cabang Ilmu Geologi, Tugas Ahli Geologi Dan Aplikasinya Lengkap

 

Demikian Penjelasan Tentang  Pengertian Tanah latosol Adalah : Ciri-Ciri, Kandungan Tanah, dan Tanaman yang Dapat Hidup di Tanah Latosol . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Tanah Latosol adalah

  • tanah regosol adalah
  • tanah litosol adalah
  • tanah andosol
  • tanah aluvial
  • tanah organosol adalah
  • tanah podsol
  • tanah grumusol
  • jurnal tanah latosol

Post a Comment for "Pengertian Tanah latosol Adalah : Ciri-Ciri, Kandungan Tanah, dan Tanaman yang Dapat Hidup di Tanah Latosol"