Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Batuan Sedimen Klastik Adalah: Macam-Macam Batuan, Tekstur Batuan , Komposisi Mineral Batuan dan Contoh Batuan Sedimen Klastik


Batuan Sedimen Klastik

Batuan sedimen klastik terdiri dari mineral silikat dan fragmen batuan yang diangkut menggunakan fluida yang bergerak (sebagai bed load, suspended load, atau sebagai sedimen aliran gravitasi) dan terendapkan ketika fluida ini berhenti. Batuan sedimen klastik sebagian besar terdiri dari kuarsa, feldspar, fragmen batuan (litik), mineral lempung, dan mika; banyak mineral lainnya dapat hadir sebagai mineral aksesoris dan mungkin penting secara lokal.

Sedimen klastik, dan akhirnya menjadi batuan sedimen klastik, dibagi sesuai dengan ukuran partikel yang dominan (diameter). Kebanyakan ahli geologi menggunakan skala ukuran butir Udden-Wentworth dan membagi sedimen terkonsolidasi menjadi tiga fraksi: kerikil (diameter> 2 mm ), pasir (diameter 1/16 hingga 2 mm ), dan lumpur (lempung berdiameter <1/256 mm sedang lanau berdiameter antara 1/16 dan 1/256 mm). Klasifikasi batuan sedimen klastik sejajar skema ini; konglomerat dan breksi sebagian besar terbuat dari kerikil, batupasir sebagian besar terbuat dari pasir, dan batulumpur sebagian besar terbuat dari lumpur. Subdivisi tripartit ini mirip dengan pembagian kategori pada literatur yang lebih tua yakni rudit, arenit, dan lutit.

Sub bagian tiga kategori luas ini didasarkan dari perbedaan dalam bentuk klas (konglomerat dan breksi), komposisi (batupasir), ukuran butir dan/atau tekstur (batulumpur).

 

 Baca Juga: Pengertian Batu Marmer Adalah : Klasifikasi, Ciri-ciri , Jenis-jenis, Manfaat dan Tambang Marmer Terbesar di dunia

 

 

 Macam-Macam Batuan

Batu merupakan mineral padat yang membentuk bagian permukaan Bumi dan planet batuan lainnya. Batuan bisa ditemukan di permukaan atau di bawah tanah maupun lautan.

Ada tiga jenis batuan, yaitu batuan beku, batuan metamorf, dan batuan sedimen.

Batuan beku adalah batu yang terbentuk dari material batuan magma yang membeku.Sedangkan batuan metamorf terbentuk dengan pengaruh panas, tekanan, dan proses kimiawi, biasanya saat batuan itu ada di  bawah permukaan Bumi. Kondisi-kondisi itu memengaruhi komposisi kimia, mineral, dan tekstur batuan.

Nah, kalau batuan sedimen merupakan batuan yang terbentuk dari kumpulan sedimen atau zat padat yang terpisah dari cairan dan mengendap dalam waktu lama, biasanya di dasar laut atau danau.Batuan sedimen bisa tebentuk dari batuan yang sudah ada sebelumnya atau bagian dari organisme yang pernah hidup, seperti tumbuhan atau yang lainnya.

Batuan itu membentuk endapan dan menumpuk di permukaan Bumi dalam waktu yang lama sebelum akhirnya terbentuk menjadi batu. Proses pengendapan itu juga disebut sedimentasi.Dibandingkan dengan batuan beku dan batuan metamorf, batuan beku tidak banyak menyusun bagian kerak Bumi, namun sebagian besar permukaan Bumi tertutup oleh batuan sedimen.

 

 

Tekstur Batuan Sedimen Klastik

Tekstur dari batuan sedimen klastik adalah berhubungan dengan ukuran, bentuk butir dan susunannya. Tekstur batuan sedimen klastik meliputi Ukuran butir, pemilahan, kebundaran, kemas.

1.   Ukuran butir (grain size)
Batuan sedimen klastik digolongkan dan diberi nama sesuai dengan ukuran butirnya. Pembagian tersebut disampaikan oleh Wentworth,1922.

 

2.   Pemilahan (sorting)
Pemilahan adalah keseragaman ukuran besar butir penyusun batuan endapan / sedimen. Dalam pemilahan dipergunakan pengelompokan sbb :
  • Terpilah Baik (Well Sorted), kenampakan ini diperlihatkan oleh ukuran besar butir yang seragam pada semua komponen batuan sedimen.
  • Terpilah Buruk (Poorly Sorted),  kenampakan pada batuan sedimen yang memiliki besar butir yang beragam dimulai dari lempung hingga kerikil atau bahkan bongkah.
  • Selain dua pengelompokkan tersebut adakalanya seorang peneliti menggunakan pemilahan sedang untuk mewakili kenampakan yang agak seragam.

3.   Kebundaran (roundness).     
Kebundaran adalah nilai membulat atau meruncingnya bagian tepi butiran pada batuan sedimen klastik sedang sampai kasar. Kebundaran dibagi menjadi :
  • Membundar Sempurna (Well Rounded), hampir semua permukaan cembung (equidimensional).
  • Membundar (Rounded), pada umumnya memiliki permukaan bundar, ujung-ujung dan tepu butiran cekung.
  • Agak Membundar (Subrounded), permukaan umumnya datar dengan ujung-ujung yang membundar. 
  • Agak Menyudut (Sub Angular), permukaan datar dengan ujung-ujung yang tajam. 
  • Menyudut (Angular), permukaan kasar dengan ujung-ujung butir runcing dan tajam.

4.   Kemas (fabric)
Kemas memiliki pengertian seberapa banyak rongga yang terdapat diantara butiran. Batuan sedimen yang memiliki kemas baik, tertutup berarti semakin sedikit rongga yang ada diantara butiran. Atau sebaliknya pada batuan sedimen yang memiliki kemas terbuka berarti memiliki banyak rongga diantara butirannya. Batuan sedimen yang telah mengalami kompaksasi lanjut akan memiliki kemas tertutupsekalipun sebelumnya kemasnya terbuka. Pasir yang belum terbatukan adalah berkemas terbuka sedangkan pada batu lempung dan batu lanau yang mempunyai butiran halus cenderung terkemas secara tertutup. 

Struktur Batuan Sedimen Klastik

Struktur sedimen merupakan suatu kelainan dari perlapisan normal dari batuan sedimen yang diakibatkan oleh proses pengendapan dan keadaan energi pembentukannya.pembentukannya dapat terjadi pada waktu pengendapan maupun segera setelah proses pengendapan.

Bisa dikatakan pula bahwa struktur sedimen adalah kenampakan  batuan sedimen dalam dimensi yang lebih besar. Studi struktur paling baik dilakukan dilapangan. Berdasarkan asalnya struktur sedimen yang terbentuk dapat dikelompokkan menjadi tiga macam, yaitu:
 
1.Struktur sedimen primer
Terbentuk karena proses sedimentasi dengan demikian dapat merefleksikan mekanisasi pengendapannya. Antara lain : perlapisan, gelembur gelombang, perlapisan silang siur, konvolut, perlapisan bersusun dan lain-lain.

2.Struktur sedimen sekunder
Terbentuk sesudah sedimentasi, sebelum atau pada waktu diagenesa. Juga merefleksikan keadaan lingkungan pengendapan misalnya keadaan dasar, lereng dan lingkungan organisnya. Antara lain : cetak beban, rekah kerut, jejak binatang dan lain-lain.

3.Struktur organik
Struktur yang terbentuk oleh kegiatan organisme seperti molusca, cacing atau binatang lainnya. Antara lain : kerangka, laminasi pertumbuhan dan lain-lain.
Struktur batuan sedimen (struktur primer) tidak banyak yang dapat dilihat dari contoh-contoh batuan di laboratorium. Macam-macam struktur batuan sedimen yang penting antara lain adalah struktur perlapisan dimana struktur ini merupakan sifat utama dari batuan sedimen klastik yang menghasilkan bidang-bidang sejajar sebagai hasil dari proses pengendapan. 
 

Komposisi Mineral Batuan Sedimen Klastik

Komposisi mineral dari batuan sedimen klastik dapat dibedakan yaitu :
1.Fragmen
Fragmen adalah bagian butir yang ukurannya paling besar dan dapat berupa pecah-pecahan batuan , mineral dan cangkang – cangkang fosil atau zat organic lainnya.

2.Matrik / masa dasar
Matrik adalah bagian batuan yang berukuran lebih kecil dibandingkan fragmen dan terletak diantaranya sebagai masa dasar. Matrik dapat berupa pecahan batuan, mineral atau fosil.

3.Semen
Semen adalah material pengisis rongga serta pengikat antar butir sedimen, dapat berbentuk amorf atau kristalin. Bahan-bahan semen yang lazimadalah :
  • Semen karbonat (kalsit,dolomit)
  • Semen silika (kalsedon, kuarsit) 
  • Semen oksidasi besi (limonit, hematit dan siderit)

 

 Contoh Batuan Sedimen Klastik

  • Breksi

Batu breksi mempunyai butiran- butiran batuan yang bersifat coarse. Batu ini terbentuk dari proses sedimentasi fragmen- fragmen yang memiliki ukuran antara 2 sampai 256 milimeter. Ukuran tersebut tergolong ke dalam ukuran batuan yang kasar. Fragmen- fragmen batuan ini mempunyai bentuk runcing dan menyudut. Fragmen tersebut berasal dari hasil longsoran yang mengalami litifikasi.

Selain itu, fragmen batu breksi juga bisa berasal dari kumpulan fragmen di bagian dasar suatu lereng yang telah mengalami sedimentasi. Campuran dari batu gamping, granit, kuarsit, kuarsa dan rijang bisa menjadi komposisi dari batu breksi. Batu breksi yang berukuran besar bisa diakibatkan oleh pengendapan material yang dikeluarkan saat terjadi letusan gunung berapi. Material tersebut mengendap di sungai atau danau di sekitar lereng gunung berapi.

  • Konglomerat

Batu konglomerat memiliki struktur yang hampir sama dengan batu breksi. Komposisinya terdiri dari campuran atau sejenis kuarsa, granit, rijang dan lain sebagainya. Ukurannya juga berkisar antara 2 hingga 256 mm. Perbedaan batu konglomerat dengan batu breksi terletak pada bentuk fragmennya. Bentuk batu breksi runcing, sedangkan fragmen batu konglomerat memiliki bentuk agak bulat. Bentuk bulat tersebut akibat dari proses transport yang terjadi pada material- material penyusunnya.

  • Batu pasir

Batu pasir atau standstone adalah batuan sedimen yang terbentuk dari proses sedimentasi butiran pasir. Butiran- butiran pasir terbawa oleh media pembawanya seperti angin laut, deburan gelombang laut dan aliran sungai. Pasir- pasir tersebut kemudian terkumpul pada suatu tempat. Butiran- butiran batu pasir berukuran antara 0,1 hingga 2 mm. Batu pasir tersusun dari berbagai variasi komposisi. Ada yang tersusun dari kuarsa dan feldspar banyak terdapat di lapisan kulit bumi, ada pula yang memiliki komposisi pecahan batuan sabak, riolit, basalt dan sedikit bijih besi serta klorit.

 

 Baca Juga: Pengertian Terumbu karang Adalah - Fungsi , Jenis-Jenis, Manfaat, Terumbu Karang di Indonesia dan Ancaman Terhadap Terumbu Karang

 

Demikian Penjelasan Tentang  Batuan Sedimen Klastik Adalah: Macam-Macam Batuan, Tekstur Batuan ,  Komposisi Mineral Batuan dan Contoh Batuan Sedimen Klastik  . Jangan Lupa selalu kunjungi Ilmuips.my.id untuk mendapatkan Artikel Lainnya. Terimakasih

 

Penelusuran yang terkait dengan Batuan Sedimen Klastik

  • batuan sedimen non klastik
  • batuan sedimen kimiawi
  • struktur batuan sedimen klastik
  • batuan sedimen organik
  • ciri ciri batuan sedimen klastik
  • tekstur batuan sedimen klastik
  • batuan metamorf
  • klasifikasi batuan sedimen

Post a Comment for "Batuan Sedimen Klastik Adalah: Macam-Macam Batuan, Tekstur Batuan , Komposisi Mineral Batuan dan Contoh Batuan Sedimen Klastik "