Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian HTTPS dan HTTP Beserta Fungsi dan Perbedaannya


Apa itu HTTPS? Manfaat, Jenis-Jenis Website, dan fungsi HTTPS

Pengertian HTTP dan HTTPS

Apa itu HTTP?

HTTP kepanjangan dari Hyper Text Transfer Protocol, adalah protokol standar yang digunakan sebuah website untuk melakukan transfer data antar komputer server (misalnya server hosting) dengan komputer client (komputer yang mengakses website). HTTP memegang peranan yang penting untuk mengatur aliran data dari komputer server terkait data apa saja yang akan diberikan kepada komputer client dan memberikan instruksi kepada komputer server untuk merespon komunikasi dari komputer client.
Semua website menggunakan protokol HTTP. Pada umumnya browser tidak menampilkan protokol HTTP yang digunakan, melainkan status koneksi website tersebut. Browser akan menampilkan status “Not secure” atau “Tidak aman” untuk protokol HTTP.Status “Not secure” disebabkan karena pengelola website hanya menggunakan protokol HTTP saja tanpa memberikan perlindungan keamanan data pada website tersebut.
Status tersebut memperingati pengguna website untuk berhati-hati ketika memasukkan data pribadi, akun, password, hingga kartu kredit pada website bersangkutan. Hal ini disebabkan karena protokol HTTP sangat mudah untuk diretas.

Apa itu HTTPS?

HTTPS kepanjangan Hyper Text Transfer Protocol Secure, merupakan protokol HTTP yang dilengkapi dengan sistem keamanan (security) berupa SSL (Secure Socket Layer). Ibarat kabel telepon, SSL merupakan lapisan yang melindungi serat kabel. HTTPS memberikan perlindungan aliran data dari serangan peretasan. HTTPS dapat melindungi data website, privasi pengguna, akun bank online, akun pengguna website dari tindakan cybercrime seperti peretasan dan mengurangi resiko menipu pengguna dengan web tipuan (phising). Teknologi HTTPS sebenarnya sangat dibutuhkan oleh semua website, tidak hanya website yang dapat menyimpan data pengguna seperti toko online, website bank dan sosial media. Website kecil seperti blog pribadi dan profil perusahaan juga berpotensi dari peretasan.Browser akan menampilkan status “Connection is secure” atau “Koneksi aman” saat mengakses suatu website yang menggunakan protokol HTTPS.Status “Connection is secure” memberikan informasi bahwa website tersebut dapat melindungi data yang dimasukkan pengguna website baik akun, password, atau kartu kredit.


Fungsi HTTPS

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa pemakaian HTTPS dalam website ditujukan agar memberi keamanan pada data yang dikirim. Contohnya adalah ketika anda login atau masuk menggunakan media social seperti Facebook, Twitter dan lain – lain, pasti sebelumnya menulis username dan password anda.
Ketika menekan tombol Enter atau Login maka secara otomatis data username dan password dikirim ke server, disinilah saat – saat paling rawan terjadi pembobolan. Akan tetapi dengan adanya HTTPS hal seperti itu dapat diminimalisir karena data akan dienkripsi dulu sebelum dikirim dan ketika sampai server akan dikembalikan lagi.
Data yang dienksripsi itu mungkin masih dapat dibobol tapi karena berupa tulisan acak tentunya sulit dibaca oleh siapapun sebelum diterjemahkan. Jenis enkripsi yang biasanya digunakan adalah base64 decode. Dan apabila diterjemahkan pun juga belum tentu hasilnya sesuai dengan data asli.
Fungsi lain yang bisa didapatkan dari penggunaan HTTPS adalah memberikan integritas suatu data atau informasi dalam website. Misalnya ketika anda sedang mengirim pesan melalui Email atau social media, data yang dikirim bisa saja dibobol dan diubah sehingga ketika sampai ke pembaca akan terjadi kesalah – pahaman.


Jenis-Jenis Website yang Wajib Menggunakan Protokol HTTPS

Jika blog sebenarnya tidak diwajibkan menggunakan protokol HTTPS. Namun dilain sisi, HTTPS adalah barang wajib untuk beberapa website.
Dan Inilah website-website yang wajib menggunakan HTTPS;
  1. Toko Online
Untuk masuk ke dalam toko online sendiri kita diharuskan login terlebih dulu, lalu memasukan berbagai informasi mengenai kartu kredit untuk dapat membeli produk-produk di toko online tersebut. Oleh sebab itu, untuk menghindari pencurian data, toko online wajib menggunakan protokol HTTPS.
  1. Situs (website) Perusahaan
Dalam situs perusahaan biasanya banyak menyimpan informasi-informasi kredibel yang ada sangkutpautnya dengan kelangsungan perusahaan tersebut. Selain itu, situs perusahaan juga terkadang banyak menyimpan data-data kantor atau yang lainnya. Sehingga situs perusahaan sangat penting untuk menggunakan protokol HTTPS.
  1. Situs (website) Pemerintahan
Sama halnya dengan situs perusahaan, situs pemerintah juga wajib menggunakan HTTPS. Karena banyak menyimpan data-data dan informasi-informasi yang memang wajib dilindungi.
  1. Sosial Media
  2. Forum
  3. dll
Website-website diatas adalah website yang wajib menggunakan protokol HTTPS. Karena dalam website itu, pemilikk website akan berhubungan langsung kepada pelanggan.

Alasan Situs Harus Menggunakan Https

  Website yang menggunakan https juga terkesan lebih aman dan pengujung tentunya akan merasa lebih yakin dengan mengunjungi website tersebut.
Ada beberapa lapisan yang perlu Anda ketahui pada sistem https ini, diantaranya :
  • Enkripsi : Merupakan suatu aktifitas menyembunyikan identitas dari penyadap. Mengeksripsi bertujuan agar suatu data tidak bisa dilihat dengan mudah karena visuaisasi atau sejenisnya terkadang mudah diketahui oleh orang.
  • Integritas – merupakan suatu aktifitas yang mempertahankan data, hal ini akan menyebabkan data tidak dapat diubah atau dirusak selama transfer, dengan sengaja atau tidak, tanpa terdeteksi.
  • Autentikasi – merupakan suatu aktifitas pencocokan agar ada verikasi terhadap suatu sistem.

  1. HTTPS tidak penting untuk sebuah blog, karena jarang sekali rasanya ada kasus seorang hacker mengubah data atau informasi dalam sebuah blog, kecuali informasi tersebut benar-benar penting.
  2. HTTPS tidak penting untuk sebuah blog, Kebanyakan hacker tidak ingin mengubah atau merusak data-data yang ada di blog. Karena tidak ada keuntungan bagi mereka.


Perbedaan HTTP dan HTTPS

Beberapa perbedaan utama antara http dan https, dimulai dengan port default, yang 80 untuk http dan 443 untuk https. Https bekerja dengan transmisi interaksi http normal melalui sistem terenkripsi, sehingga dalam teori, informasi yang tidak dapat diakses oleh pihak lain selain akhir client dan server. Ada dua jenis umum lapisan enkripsi: Transport Layer Security “TLS” dan Secure Socket Layer “SSL”, yang keduanya rekaman data encode dipertukarkan.

Cara Kerja HTTPS

Perbedaan HTTP dan HTTPS juga terlihat ketika Anda mengunjungi sebuah website dengan HTTPS, maka browser akan melakukan pengecekan apakah website tersebut terhubung dengan sertifikat SSL/TLS. Jika terhubung akan terjadi yang namanya SSL handshake.
Browser akan melakukan validasi dari sertifikat SSL dan memastikan website tersebut benar-benar valid.
Selama proses SSL handshake, untuk public key dan private key akan melakukan enkripsi dan dekripsi.
Apabila sertifikat valid, session key akan dibuat oleh klien dan server. Setelah itu koneksi melalui internet sudah dalam kondisi aman dengan ditandai gembok berwarna hijau dan HTTPS sebelum nama domain.


Keuntungan mengubah HTTP ke HTTPS

Untuk mengamankan komunikasi antara browser dengan web server. Ketika Anda mengakses web server yang menggunakan protokol HTTPS, halaman yang dikirim kepada Anda pertama kali dienkripsi oleh protokol ini. Dan semua informasi yang Anda kirim ke server pendaftaran, identitas, nomor pin, pembayaran transfer akan dienkripsi juga sehingga tidak ada yang bisa mendengar (eavesdropping) data saat transaksi sedang berlangsung. Jadi data transaksi Anda menjadi lebih aman.Protokol HTTPS dapat ditemukan di situs-situs perbankan, e-commerce, formulir pendaftaran, dan lain-lain Karena dalam area bisnis ini rawan terjadi penyadapan oleh pihak ketiga. Untuk itu Anda memerlukan sertifikat SSL.
Koneksi internet menggunakan HTTPS lebih aman daripada menggunakan HTTP. Untuk itu banyak bank yang membangun layanan online mereka dengan menggunakan format HTTPS. Hal ini bertujuan untuk menjamin keamanan pelanggan saat melakukan transaksi online. Tidak hanya transaksi online, pemerintah atau lembaga juga melindungi keamanan dokumen pentingnya menggunakan HTTPS.HTTP tidak terbatas untuk digunakan dengan TCP / IP, meskipun HTTP merupakan salah satu aplikasi protokol TCP / IP adalah yang paling populer di Internet. Memang HTTP dapat diimplementasikan di atas protokol lain melalui Internet atau melalui jaringan lainnya.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian WWW

Post a Comment for "Pengertian HTTPS dan HTTP Beserta Fungsi dan Perbedaannya "