Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian WWW Meliputi Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dan Contohnya

Pengertian WWW (World Wide Web) Beserta Sejarahnya

Pengertian WWW

Apa itu WWW? Pengertian WWW atau World Wide Web adalah suatu ruang informasi di internet yang digunakan oleh pengenal global yang disebut dengan Pengidentifikasi Sumber Ragam/ URI untuk mengenali sumber daya berguna. World Wide Web berisi kumpulan peladen web dari berbagai seluruh bagian dunia untuk menyediakan informasi dan data yang bisa digunakan bersama.
Istilah WWW sendiri yaitu kependekan dari World Wide Web, yang diambil dari sebuah istilah untuk menidentifikasikan media jaringan Internet.

World Wide Web merupakan sesuatu yang oleh kebanyakan orang dianggap sebagai Internet. Www berisi halaman web, gambar, video, dan konten online lainnya yang dapat diakses melalui browser web. Untuk mentransfer halaman web ke komputer, Anda membutuhkan Hyper-Text Transfer Protocol (HTTP).
Sebuah frasa atau kata dapat berisi tautan ke situs web lain berkat adanya hypertext. Sementara itu, internet adalah koneksi jaringan yang mendasarinya yang memungkinkan kita mengirim email dan mengakses World Wide web. Dengan adanya web memudahkan orang untuk terhubung dari hampir semua tempat di dunia.


Pengertian WWW Menurut Para Ahli

Supaya = lebih mengerti lagi mengenai apa arti WWW, maka kita dapat merujuk pada beberapa pendapat yang dikemukakan oleh para ahli tentang definisi dari WWW. Dibawah ini merupakan pengertian World Wide Web menurut para ahlim diantaranya :
  • MCLeod (Pearson) - Pengertian Www menurut MCLeod ialah suatu informasi yang dapat diakses dengan melalui internet di mana berbagai dokumen hypermedia/ file-file komputer disimpan serta juga kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik.
  • V. Djong - Definisi WWW menurut V. Djong ialah fasilitas di internet untuk dapat layanan website yang menggunakan protocol http, sering kita lihat sebuah nama domain itu ditulis dengan secara lengkap, misalnya www.google.co.id.
  • Akbar Kaelola - Pengertian WWW menurut Akbar Kaelola ialah sebagai media bagi manusia dalam kegiatan atau aktivitas berbagi dokumen, gambar, film, musik serta informasi, dan juga menjual barang maupun jasa di internet.
  • Lisa Kuswayatno - Pengertian WWW / World Wide Web dikemukakan oleh Lisa Kuswayatno ialah suatu layanan internet dengan menggunakan konsep hypertext antar dokumen yang saling berkaitan.
  • Yuhefizar - Definisi WWW menurut Yuhefizar merupakan suatu metode untuk menampilkan informasi di internet yang dapat diakses dengan melalui sebuah paladen/ browser.
  • F. Budi Hardiman - Menurut F. Budi Hardiman, pengertian World Wide Web merupakan fasilitas internet yang menghubungkan dokumen dalam lingkup lokal maupun jarak jauh.




WWW (World wide web) mendapat perhatian publik yang sangat besar yang tidak dapat disamai oleh aplikasi internet yang lainnya. Pada sekitar tahun 1995, www menggantikan FTP sebagai aplikasi internet yang bertanggung jawab atas sebagian besar lalu lintas jaringan Internet. Web telah menjadi sedemikian terkenalnya sehingga terkadang dicampuradukkan dengan istilah internet itu sendiri meskipun pengertian “di Web” dan “di Inetrnet” sebenarnya tidak sama.
Web adalah sistem pengiriman dokumen yang tersebar yang berjalan di internet. Web telah dikembangkan di CERN (European Center for Nuclear Research), yaitu suatu lembaga bagi penelitian fisika energi tinggi di Geneva, Swiss. Tujuannya semula dari lembaga ini adalah untuk membantu para fisikawan di berbagai macam lokasi yang berbeda dalam bekerja sama dan berbagi material penelitian.

WWW (World wide web) adalah suatu program yang ditemukan oleh Tim Berners-Lee pada tahun 1991-an. Pada walnya Berners-Lee hanya ingin menemukan cara untuk menyusun arsip-arsip risetnya. Dan untuk itu, ia mengembangkan suatu sistem untuk keperluan pribadinya. Sistem tersebut adalah program peranti lunak yang dinamai Equire. Dengan program itu, Berners-Lee telah berhasil menciptakan jaringan terkait antara berbagai arsip-arsip sehingga memudahkan informasi yang dibutuhkan. Inilah yang kemudian menjadi sebuah dasar dari sebuah revolusi yang dikenal sebagai web.
 
World Wide Web (WWW) ini telah melewati sejarah yang cukup panjang hingga saat ini. Berikut penjelasannya:
  • Tahun 1989
    Tim Berners Lee pertamakali mengungkapkan idenya untuk membuat sebuah protokol di internet yang berfungsi ialah sebagai sistem distribusi informasi.
  • Tahun 1990
    Tim Berners Lee kemudian menemukan tiga teknologi dasar yang menjadi basis website, yakni HTML (Hypertext Markup Language), URL (Uniform Resource Identifier), serta juga HTTP (Hypertext Transfer Protocol).
  • Tahun 1991
    Tim Berners Lee kemudian menemukan World Wide Web (WWW) yang berawal dari kebutuhan untuk menyusun arsip dari riset-riset miliknya.
  • Tahun 1993
    Marc Andersen serta timnya dari NCSA menciptakan web browser yang diberinama Mosaic serta berbasis grafik untuk OS X-Windows.
  • Tahun 1994
    Andersen kemudian bekerjasama dengan Jim Clark untuk membuat Netscape yang setelah itu menggantikan ketenaran Mosaic ialah sebagai web browser.
  • Tahun 1995
    Terdapat sekitar 300.000 website di internet yang mana pada tahun sebelumnya itu hanya 50 website.
  • Tahun 2009
    Tim Berners-Lee kemudian mendirikan World Wide Web Foundation, yang mana tujuannya ialah untuk membagikan open web kepada masyarakat dunia.
 


Fungsi WWW

Secara garis besar, WWW berfungsi sebagai penyedia data dan informasi yang diperlukan oleh pengguna internet. WWW dapat secara langsung menghubungkan pengguna internet ke berbagai macam web server, sehingga pengguna internet tersebut bisa mengakses data, dokumen dan berbagai macam informasi yang terdapat di dalam sebuat situs.
Salah satu contohnya adalah ketika anda mengakses situs ini, yakni Ilmuips.my.id. Secara tidak langsung anda telah menggunakan WWW untuk dapat menghubungkan anda sendiri ke situs kami, yaitu Ilmuips, sehingga anda juga dapat mengakses berbagai data, dokumen, serta tulisan yang anda baca kali ini. Begitulah salah satu contoh fungsi dari WWW untuk dunia internet.
Secara umum, ada empat fungsi layanan WWW, yaitu web mail service, search engine, web hosting, dan portal. Keempat hal tersebut sangat berperan penting bagi dunia internet, khususnya untuk semua situs yang ada di dunia.

1. Web Mail Service

World Wide Web (WWW) juga berfungsi dalam melancarkan segala urusan yang bersangkutpaut dengan surat elektronik (email). Dari mulai surat pribadi, surat melamar pekerjaan, hingga untuk kepentingan bisnis, semua surat tersebut dapat terhubung dengan mudah. Bahkan, dalam hitungan detik dengan menggunakan layanan internet, terlebih dengan bantuan WWW.

2. Search Engine

Rasanya kian hari kian bertambah juga jumlah website di seluruh dunia. Hingga sekarang ini, jumlah alamat website diperkirakan telah mencapai ratusan juta situs. Dan semua website secara otomatis telah menggunakan layanan WWW agar dapat terhubung di jagat maya.
Karena ada ratusan juta situs di internet, maka bagaimana untuk kita bisa mengakses website yang membahas topik tertentu, yang sesuai dengan apa yang sedang kita cari?
Maka demikian, hadirlah search engine alias mesin pencari yang berfungsi untuk memudahkan seseorang dalam mencari berbagai website yang sesuai. Seperti apa search engine tersebut? contoh mudahnya adalah Google, Yahoo, dan lain-lain.
Dan pada dasarnya, WWW juga memudahkan search engine dalam merangkum semua website yang ada di dunia.

3. Web Hosting

Salah satu hal yang dilakukan untuk membuat website adalah dengan menyewa hosting di salah satu website yang menyediakan jasa penyedia web hosting telah menawarkan fasilitas secara gratis, semisal untuk menginstal salah satu platform website, seperti WordPress, Drupal, dan lain-lain.
Dalam hal ini, kami rasa WWW secara tidak langsung juga membantu web hosting untuk tetap berkontribusi menambahkan situs di seluruh dunia, untuk terus berkembang serta dapat memberikan informasi untuk pengguna internet di seluruh penjuru dunia.

4. Portal

Portal yang kami maksudkan adalah situs yang meliputi; misalnya Google, selain mempunyai situs web yang bekerja pada mesin pencari, Google juga memiliki layanan email (Gmail), layanan berita (Google News), sosial media (Google+) dan lain sebagainya.  Dan hal tersebut tentunya masih berkaitan erat dengan WWW. Semua yang berhubungan dengan internet, pastinya juga berkaitan dengan WWW.



Contoh WWW / World Wide Web

Tentunya para pengguna internet sudah tidak asing lagi dengan istilah World Wide Web. Sebagian besar website yang ada di internet menggunakan WWW pada awal nama domainnya.
Berikut ini adalah beberapa contoh WWW:
  • www.google.com
  • www.CintaIndonesia.web.id
  • www.Ilmuperhotelan.my.id
  • www.Keperpus.com
  • www.yahoo.com
  • www.facebook.com
  • www.twitter.com
  • www.youtube.com
  • www.Budayanusantara.web.id
  • Dan lain-lain

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian WWW

Post a Comment for "Pengertian WWW Meliputi Sejarah, Fungsi, Manfaat, Dan Contohnya"