Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian URL ,Macam - Macam Url, Bagian Url, Dan Fungsinya Serta Contohnya Lengkap

Pengertian URL dan Fungsi URL Beserta Contohnya Lengkap via : maxmanroe.com

Pengertian URL

Kepanjangan dari URL adalah Uniform Resource Locator dimana hal ini merujuk pada karakter tertentu, biasanya berupa angka, huruf, dan simbol, yang menuju ke alamat di world wide web (www). URL digunakan untuk mengidentifikasi lokasi sebuah file dalam internet. URL digunakan tak hanya untuk membuka sebuah situs web, tetapi juga untuk mengunduh video, gambar, halaman hypertext, dan yang lainnya.
Penggunaan URL sama dengan ketika kamu ingin membuka sebuah file di komputer atau laptop yang bisa dilakukan hanya dengan double click. Tetapi, karena kamu tidak memiliki akses fisik langsung pada file yang ada di remote computer atau dalam hal ini situs web di internet, jadi harus menggunakan URL untuk mengetahui dimana letak file tersebut.
Uniknya, URL baru ditemukan oleh Tim Barnes-Lee di tahun 1991 dengan tujuan untuk memudahkan penulis membuat dokumen atau artikel dan mempublikasikannya ke world wide web.



Pengertian URL Menurut Para Ahli

Daftar isi
Beberapa ahli pernah menjelaskan tentang definisi URL, diantaranya adalah:

1. Prayogi

Pengertian URL menurut Prayogi adalah suatu rangkaian karakter yang dibuat dengan mengikuti standar aturan tertentu yang digunakan untuk menunjukkan alamat direktori sebuah dokumen yang ada di halaman website pada jaringan internet.

2. Sora N

Pengertian URL menurut Sora N adalah rangkaian karakter yang disusun menurut standar format tertentu, yang dipakai untuk menggambarkan alamat suatu sumber daya dokumen seperti file, teks, dan gambar yang terdapat di jaringan internet.

3. Anonimous

Pengertian URL menurut Anonimous adalah serangkaian karakter (dapat berupa angka, huruf, atau pun simbol) yang disusun sedemikian rupan dengan mengikuti standar yang sudah ditentukan sebelumnya dan berfungsi sebagai penunjuk alamat sumber daya dokumen yang ada di internet.


Sejarah Url (Uniform Resource Locator)

URL atau unifrom resource locator ditemukan pada tahun 1991. URL ini ditemukan oleh Tim Barnes – Lee. Tujuan dibuatnya url adalah agar bisa memudahkan para penulis dokumen atau artikel. Url ini kemudian dipakai untuk mereferensikan tulisannya ke WWW (World Wide Web).

Bagian-Bagian URL

Bagian-bagian URL terdiri dari empat macam yang kemudian digabungkan menjadi struktur yang utuh, yaitu:

1. Protokol

Protokol umumnya disingkat menjadi http:// (Hypertext Transfer Protocol). Bagian ini merupakan bagian yang terpenting karena memudahkan pembaca untuk klik tautan tersebut tanpa harus copy paste ke browser.

2. Nama Host Komputer

Setelah protokol adalah nama host komputer yang biasa disebut www (World Wide Web). Namun bagian ini bisa digunakan atau tidak. Karena itu ketika kita mengunjungi sebuah web, ada yang menggunakan www atau tanpa menggunakan www.

3. Domain

Domain adalah nama situs atau nama yang menunjukkan alamat situs. Misal Google.com, Twitter.com, jendelapintar.com dst. Jenisnya ada dua, yaitu berbayar misalnya (.com, .net, .info) atau yang gratisan misalnya blogger.com

4. Directory

Direktori yaitu sebuah label atau kategori dalam sebuah website. Peletakannya umumnya disamping domain. Misal https://namadomain.com/ini-url-direktori


Fungsi URL di Website

URL (Uniform Resource Locator) sangatlah penting untuk para pengguna karena dapat digunakan untuk mengakses suatu informasi tertentu yang ingin didapatkan dan diketahui. Karakter URL dapat berfungsi sebagai penamaan suatu file yang tersimpan pada sebuah website. Dibawah ini, akan Kami rangkum empat fungsi URL untuk website :

  1. Untuk pengidentifikasi suatu dokumen yang terdapat pada Web.
  2. Dapat berfungsi untuk pemberian nama suatu alamat pada web yang berisi suatu dokumen
  3. Karakter URL berfungsi untuk mempermudah pengguna mengingat suatu alamat dokumen yang pernah Mereka akses
  4. Karakter URL dapat berfungsi untuk mengidentifikasi suatu file, gambar, maupun dokumen dalam berbagai bentuk yang diinginkannya

Jenis-Jenis URL

Setelah anda mengetahui fungsi URL, maka anda juga perlu mengetahui jenis – jenis dari URL. Yuk, simak uraian berikut ini :

  1. URL Relatif URL

    Jenis Pertama Relatif penentuan alamatnya didasarkan pada alamat yang saat itu sedang aktif. Selain itu, pada URL relatif susunanya tidaklah baku dan merujuk hanya pada dokumen yang saat itu sedang Anda buka.
  2. URL Absolut

    Jenis yang kedua yaitu URL absolut. URL absolute yaitu URL yang alamatnya dilengkapi dengan lokasi dokumen dan juga domain. Format dari URL relative biasanya mempunyai format domain-direktori-dokumen yang mempunyai arti di dalam sebuah domain pada setiap halaman mengandung direktori berisi file atau dokumen.


Itulah tadi telah dijelaskan tentang Pengertian Url, Sejarah, Fungsi, Macam dan Contohnya (Lengkap) semoga dapat bermanfaat dan bisa menambah wawasan kalian. Terimakasih telah mengunjungi blog kami dan jangan lupa untuk membaca artikel lainnya.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian WWW

Post a Comment for "Pengertian URL ,Macam - Macam Url, Bagian Url, Dan Fungsinya Serta Contohnya Lengkap"