Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Paragraf Deduktif Dan Contohnya Secara Lengkap

Contoh paragraf deduktif
Pengertian paragraf deduktif adalah suatu paragraf yang dimulai dengan mengemukakan atau memaparkan persoalan pokok ataupun kalimat topik lalu diikuti dengan kalimat-kalimat penjelasnya.
Atau Definisi paragraf deduktif yaitu sebagai paragraf yang diawali dengan mengemukakan persoalan pokoknya atau kalimat utama yang bersifat umum, dan kemudian diikuti kalimat-kalimat penjelas yang sifatnya khusus. Intinya paragraf ini mempunyai kalimat pokok atau utamanya di awal paragraf.
Sedangkan pengertian paragraf sendiri dapat diartikan sebagai satuan bahasa yang terdiri beberapa kalimat yang tersusun secara runtut dan logis dalam satu kesatuan ide yang tersusun secara lengkap, utuh dan juga padu.



Ciri-Ciri Paragraf Deduktif

Penalaran deduktif adalah proses penalaran yang bertolak dari peristiwaperistiwa yang sifatnya umum menuju pernyataan khusus. Apabila diidentifikasi secara terperinci, paragraf berpola deduktif memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
  1. Letak kalimat utama di awal paragraf.
  2. Diawali dengan pernyataan umum disusul dengan uraian atau
    penjelasan khusus.
  3. Diakhiri dengan penjelasan

Jenis Paragraf Deduktif

Kegiatan ultah panser biru yang ketiga bahkan mencapai klimaksnya.Ketika mereka menggelar jalan santai selupuh ribu peserta bahkan membirukan kota Semarang.Apalagi panitia telah menyiapkan doorprize besar besaran. Ada motor , TV , kulkas , VCD player , tape dan ratusan hiburan lainnya.
Ada beberapa penyebab kemacetan di Jakarta. Pertama, jumlah armada yang banyak tidak seimbang dengan luas jalan. Kedua, kedisiplinan pengendara kendaraan sangat minim. Ketiga, banyak tempat yang memunculkan gangguan lalu lintas, misalnya pasar, rel kereta api, pedagang kaki lima, halte yang tidak difungsikan, banjir, dan sebagainya. Keempat, kurang tegasnya petugas yang berwenang dalam mengatur lalu lintas serta menindak para pelanggar lalu lintas.


Contoh Paragraf Deduktif

Biar kamu bisa memahaminya lebih jelas lagi, langsung saja yuk kita simak beberapa contoh paragraf deduktif di bawah ini,
  1. Contoh paragraf deduktif singkatKecelakaan akibat mengantuk masih sering terjadi. Tercatat, sepanjang tahun 2018, sudah 12 orang meninggal karena kecelakaan mobil, terutama di jalan tol. Mengendarai mobil saat mengantuk bisa menyebabkan kecelakaan beruntun yang berakibat merugikan banyak orang. Insiden kecelakaan karena mengantuk ini bisa terjadi kapan saja, baik siang maupun malam.
  1. Contoh paragraf deduktif tentang pendidikanBelakangan ini, kegiatan belajar mengajar bisa dilakukan secara online tanpa perlu tatap muka. Di era teknologi yang sudah sangat canggih seperti sekarang, ada banyak situs internet yang menawarkan jasa belajar online, baik yang berbayar atau gratis. Situs internet ini misalnya saja Quipper Video. Sistem belajar di mana saja dan kapan saja jadi salah satu keunggulan belajar online. Kamu pun bisa memilih mata pelajaran apa saja, sesuai yang hendak dipelajari saat itu, mulai dari fisika sampai bahasa Indonesia.
  1. Contoh paragraf deduktif sebab akibatPenyalahgunaan narkoba bisa menyebabkan dampak negatif bagi yang menggunakan. Salah satu akibat yang ditimbulkan dari penyalahgunaan narkoba adalah adanya gangguan mental. Pengguna bisa mengalami kondisi mental yang membuatnya terlihat seperti orang gila. Narkoba pun jadi pemicu perilaku aneh para pengguna yang bisa merugikan orang lain bahkan diri sendiri.


Contoh Paragraf Deduktif Tentang Lingkungan

Contoh 1
Kebersihan sangat menjadi masalah di sekolah. Ini terjadi karena banyak murid-murid yang tidak sadar akan kebersihan. Padahal “kebersihan adalah sebagian dari iman”.

Contoh 2
Fenomena macet sudah biasa dijumpai di beberapa kota besar di Indonesia. Hal tersebut dapat dikarenakan beberapa sebab diantaranya adalah volume kendaraan yang sudah tinggi dan melampaui target dan kapasitas jalan. Selain itu, tingkat kesadaran warga yang kurang disiplin serta masih banyaknya aparat yang kurang tegas menindak pelanggaran pengguna jalan yang semakin mengakibatkan lalu lintas tidak terkendali.



Contoh Paragraf Deduktif Tentang Pendidikan


Contoh 1
Ada juga perda penyelenggaraan pendidikan. Aturan itu juga menggariskan sejumlah kebijakan baru di bidang pendidikan. Misalnya, alokasi bantuan personal kepada sisiwa SD, SMP, SMA/MK swasta. Dengan alokasi itu, siswa tidak mampu tidak perlu khawatir memikirkan biaya membeli seragam, hinnga buku tulis. Sebab, pemkot akan menanggung dalam bentuk barang.

Contoh 2
Negara adalah institusi mapan, tetapi tetap dinamis sehingga mampu mengantisipasi segala perubahan yang terjadi. Negara mewadahi seluruh kepentingan masyarakat bangsa. Ia hanya menyediakan kerangka umum yang bersifat abstrak, sehingga terbuka untuk ditafsirkan. Sementara pemerintah adalah pranata kontemporer, sebagai penyelenggara negara dalam jangka waktu yang ditetapkan oleh konstitusi negara.

Contoh 3
Sosok ibu sangat besar peranannya bagi sebuah keluarga. Sebagian besar orang pasti setuju dengan pernyataan tersebut. Kita tidak bisa melengkapi dan menyiapkan segala keperluan hidup tanpa bantuannya. Sebuah keluarga akan sangat bergantung pada peran seorang ibu. Mulai dari makanan, perlengkapan, dan kebutuhan rumah biasanya dilakukan ibu tanpa mengeluh. Tentunya hal tersebut semakin menyadarkan kita untuk tidak membantah segala nasihat ibu dan menghargainya lebih baik lagi.


Contoh Paragraf Dedukatif


Contoh 1
“Olahraga akan membuat badan kita menjadi sehat dan tidak mudah terserang penyakit. Fisik orang yang berolahraga dengan yang jarang atau tidak pernah berolahraga sangat jelas berbeda. Contohnya jika kita sering berolahraga fisik kita tidak mudah lelah, sedangkan yang jarang atau tidak pernah berolahraga fisiknya akan cepat lelah dan mudah terserang penyakit.”

Contoh 2
“Orang yang sukses adalah orang yang mampu menangkap sebuah peluang dan memanfaatkan peluang itu untuk meraih suatu keberhasilan. Kemampuan membaca dan memanfaatkan peluang itulah yang menghantar Rahayu S. Purnami, lulusan Farmasi Universitas Padjadjaran Bandung, sampai kepada kesuksesan menjadi pengusaha salon keliling yang memberikan pelayanan “door to door”.

Contoh 3
Kebersihan itu dinilai sangat penting bagi kesehatan sebab itu kita harus menjaga kebersihan baik itu dari makanan maupun tempat tinggal


Contoh Paragraf Deduktif Tentang Kebersihan


Menjaga kebersihan merupakan hal yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan. Maka dari itu, kita mesti menjaga kebersihan pakaian yang kita pakai ataupun lingkungan tempat untuk kita tinggali. banyak sekali kasus orang yang terjangkit penyakit lantaran minimnya menjaga kebersihan.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sosial Budaya

Indonesia adalah negeri yang sangat majemuk. Ada banyak sekali kepercayaan atau agama, suku budaya yang beraneka ragam seperti suku Madura, Ambon, Jawa, Batak dan sebagainya yang mempunyai ciri keunikan tersendiri.

Contoh Paragraf Deduktif Tentang Sekolah

Memiliki pola fikir yang ilmiah dapat diterapkan pada siswa semenjak masih duduk di bangku sekolah dasar. Terus Bagaimana langkah-langkahnya? Contohnya saja, siswa diajak untuk melihat dan mencatat jenis dan jumlah tanaman bonsai yang ada di area sekolah.Ketika sudah beranjak di bangku SMP, ajaklah siswa untuk melakukan penelitian skala kecil dengan membuat eksperimen sederhana.ketika siswa sudah berada di bangku SMA, fokus pengajaran berfikir ilmiah lebih ditujukan pada pengerjaan pelatihan, yang lebih beragam atau pengembangannnya, Maksudnya, supaya dapat berfikir ilmiah dalam belajar, siswa tidak diharuskan lagi menunggu sampai jadi mahasiswa di perguruan tinggi.

Contoh paragraf Deduktif Tentang Kedisiplinan

Aturan lalu lintas sudah semestinya ditaati oleh semua pihak dengan sebaik mungkin. Pembuatan aturan sendiri bukanlah untuk menyulitkan bagi para pengendara jalan raya disaat mengemudikan kendaraannya di jalanan. Akan tetapi, aturan dibuat supaya menjaga ketertiban dan keamanan bersama.Namun faktanya, masih ada saja berbagai kasus kecelakaan disebabkan kelalaian dan tidak patuhnya pengguna jalan. Misalnya saja, banyak pengguna kendaraan bermotor menyerobot saja palang kereta api.
Akibat melanggar lalu lintas tersebut, sudah banyak yang mengalami kecelakaan. Semestinya sabar menunggu kereta api lewat yang cuma sebentar saja adalah hal yang perlu diperhatikan untuk keselamatan semuanya.Disamping itu juga, yang perlu jadi perhatian lagi yaitu lengkapnya semua atribut berkendara seperti helm, STNK, SIM, Spion san sebagainya. Dengan demikian, kedepannya bisa lebih meningkat kembali ketertiban dan juga keamanan di jalan raya.


Penelusuran yang terkait dengan Paragraf Deduktif
  • contoh paragraf deduktif induktif campuran tentang kesehatan
  • gagasan utama paragraf deduktif berada di
  • contoh paragraf deduktif 5 kalimat
  • contoh paragraf deduktif tentang hewan
  • macam macam paragraf deduktif
  • contoh paragraf deduktif tentang hukum
  • paragraf campuran
  • paragraf deduktif tentang matematika

Post a Comment for "Pengertian Paragraf Deduktif Dan Contohnya Secara Lengkap"