Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Budidaya Meliputi Tujuan, Manfaatnya , Macam - Macam budidaya Dan Contohnya

Pengertian Budidaya: Arti, Manfaat, dan Contoh Budidaya

Pengertian Budidaya

Yang dimaksud dengan budidaya adalah upaya yang terencana untuk memelihara dan mengembangbiakan tanaman atau hewan supaya tetap lestari sehingga dapat memperoleh hasil yang bermanfaat. Misalnya yang sering dibudidayakan yaitu tanaman, banyak sekali jenis tanaman yang dapat dibudidayakan mulai dari tanaman pangan, sayuran, dan tanaman hias sehingga dengan membudidayakannya bisa mendapatkan keuntungan. Profesi yang selau melakukan budidaya pada tanaman yaitu petani. Petani selalu menanam tanaman baik itu tanaman pangan, sayur-sayuranan, buah-buahan, hingga tanaman hias. Dari membudidayakan tanaman maka petani dapat menjual hasil dari proses produksi pertaniannya dan mendapatkan penghasilan. Selain tanaman, yang dapat di budidayakan yaitu hewan, misalnya seperti pada peternakan ayam dan sapi, atau perikanan ikan air tawar.


Baca Juga:  Pengertian Surat Edaran Dan Contohnya, Fungsi, Jenisnya Serta Bagian-Bagiannya

Manfaat Budidaya

Profesi yang identik dengan kegiatan atau aktivitas budidaya ialah petani dan peternak. Biasanya petani ini melakukan budidaya tanaman pangan, sayur-sayuran, buah-buahan, hingga tanaman hias. Sedangkan peternak membudidayakan hewan seperti misalnya sapi, ayam, domba, kambing, serta berbagai jenis ikan air tawar.
Dengan melalui kegiatan atau aktivitas budaya tersebut, petani serta peternak dapat menjual-belikan hasil produksi dari budidaya tersebut supaya mendapatkan keuntungan. Mengacu pada pengertian budidaya, adapun beberapa manfaat atau juga kegunaan yang dapat didapatkan dari budidaya ialah sebagai berikut:
  • Untuk memperoleh keuntungan baik dari segi ekonomis atau juga bagi konsumsi sebagai bahan pangan.
  • Bertujuan untuk memperoleh hasil yang maksimal dari hasil produksi yang berkualitas.
  • Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan terbukanya lapangan pekerjaan baru di bidang budidaya.
  • Aktivitas budaya dapat dijadikan ialah sebagai cara untuk mengelola sumber daya alam dengan secara lebih optimal.
  • Kegiatan atau aktivitas budidaya tanaman membantu menciptakan udara yang lebih bersih serta lingkungan yang lebih sejuk.

 Tujuan Penting Budidaya Tanaman Pangan bagi Manusia

Tujuan Penting Budidaya Tanaman Pangan bagi Manusia - Untuk memnuhi kebutuhannya, manusia dengan segala daya dan upaya melakukan kegiatan budidaya dengan tujuan untuk:
  1. memenuhi kebutuhan pangan sehari-hari
  2. mendapatkan hasil yang setinggi mungkin baik dari segi kuantitas maupun kualitas apakah itu berupa bagian generatif atau vegetatif
  3. perubahan ekonomi
  4. peningkatan pendapatan masyarakat tani ke arah yang lebih baik
Peningkatan ekonomi itu harus dapat diwujudkan, terutama melalui peningkatan produktivitas pertanian. Hal ini sangat berkaitan dengan rancangan perbaikan teknik budidaya di suatu daerah yang harus didasarkan pada:
  1. faktor biofisik dan keadaan sosial,
  2. budaya,
  3. dan ekonomi setempat
Tujuannya adalah agar produktivitas pertaniannya dapat menjamin pendapatan petani yang cukup tinggi untuk mendukung kehidupan yang layak.
 
Dengan demikian penetapan rancangan budidaya dan pemilihan jenis komoditas yang akan diusahakan di suatu daerah harus dilakukan bersama-sama antara pemerintah, peneliti, dan masyarakat petani.Di samping itu perlu di pertimbangkan jaminan terhadap kelestarian lingkungan hidup. Setiap buidaya tanaman yang dilakukan disamping dapat meningkatkan produktivitas, juga harus dapat menekan/mencegah penurunan kualitas lingkungan (environmental degradation) sehingga kenyamanan hidup masyarakat dapat terjaga secara lestari.Karena itu tujuan akhir dari segala upaya yang dilakukan pada setiap usaha bertanam, apapun yang dilakukan adalah untuk mendapatkan hasil yang setinggi mungkin baik dari segi kuantitas maupun kualitas apakah itu berupa bagian generatif atau vegetatif.Pada kondisi yang kurang menguntungkan atau dalam upaya memperbaiki tingkat produktivitas suatu jenis tanaman, pengetahuan yang luas mengenai tanaman itu sendiri khususnya menyangkut proses produksi yang diperlukan untuk menghasilkan produksi optimum mutlak diperlukan.Analisis konseptual dalam mengidentifikasi seluruh faktor-faktor pembatas produksi merupakan landasan utama dalam meningkatkan hasil pertanian.


Jenis - Jenis Budidaya / macam macam budidaya

Sesuai dengan pengertian budidaya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, maka dalam prakteknya ada beberapa contoh dari budidaya misalnya:

1. Budidaya Tanaman Pangan

Sesuai dengan namanya, kegiatan budidaya ini bertujuan untuk menghasilkan produk pangan utama seperti yang menghasilkan karbohidrat dan protein. Banyak orang yang menanam jenis budidaya yang satu ini karena memang hasilnya yang sangat bermanfaat bagi kehidupan serta bernilai ekonomis.
Budidaya tanaman pangan menjadi yang paling menguntungkan dibanding jenis budidaya yang lain. Beberapa diantaranya misalnya;
  • Budidaya padi
  • Budidaya jagung
  • Budidaya kacang tanah
  • Budidaya gandum
  • Budidaya singkong
  • Budidaya ubi jalar
  • Dan lain-lain

2. Budidaya Tanaman Sayur

Budidaya tanaman sayur bertujuan untuk menghasilkan bahan pangan dengan memanfaatkan sumber daya tumbuhan yang ditanam.
Biasanya hasil produksi dari budidaya tanaman sayur ini akan menghasilkan beberapa jenis tanaman yang dapat dikonsumsi. Beberapa diantaranya adalah:
  • Sayur bayam
  • Sayur kangkung
  • Sayur seledri
  • Sayur kol
  • Sayur selada
  • Dan lain-lain

3. Budidaya Tanaman Buah

Selain kegiatan budidaya tanaman sayuran, banyak juga petani yang melakukan budidaya tanaman buah. Hasil budidaya ini biasanya menghasilkan buah buahan segar yang layak untuk dijual belikan.
Jenis buah yang sering dibudidayakan ada banyak sekali saat ini. Beberapa diantaranya adalah:
  • Buah jambu
  • Buang anggur
  • Buah naga
  • Buah jeruk
  • Buah melon
  • Buah mangga
  • Buah apel
  • Dan lain-lain

4. Budidaya Perikanan

Budidaya perikanan adalah suatu kegiatan memelihara serta mengembangbiakkan jenis ikan tertentu untuk mendapatkan hasil yang lebih bermanfaat. Biasanya ada dua jenis ikan yang dibudidayakan, yaitu ikan hias dan ikan yang layak untuk dikonsumsi, diantaranya:
  • Ikan lele
  • Ikan mujahir
  • Ikan mas
  • Ikan nila
  • Ikan gurame
  • Dan lain-lain
Tidak sebatas jenis-jenis ikan saja melainkan juga ada banyak organisme air lainnya yang dibudidayakan oleh para petani seperti udang, kerang atau tumbuhan air lainnya.

5. Budidaya Hewan Ternak

Budidaya hewan ternak adalah suatu kegiatan memelihara dan mengembangbiakkan jenis hewan ternak agar menghasilkan keuntungan dan manfaat lainnya. Beberapa jenis hewan ternak yang banyak berkembang di masyarakat Indonesia diantaranya:
  • Ternak sapi
  • Ternak kerbau
  • Ternak kambing
  • Ternak domba
  • Ternak ayam
  • Dan lain-lain



Contoh-Contoh Budidaya

Beragam kegiatan bagian daripada contoh budidaya, antara lain;

Budidaya Puyuh

Puyuh adalah jenis burung yang tidak dapat terbang, ukuran tubuh relatif kecil, berkaki pendek serta dapat diadu. Burung puyuh biasa disebut juga Gemak (dalam Bhs. Jawa-Indonesia). Bahasa asingnya biasa disebut “Quail”, adalah bangsa burung (liar) yang pertama kali dapat diternakan di Amerika Serikat, pada tahun 1870.Dan terus dapat dikembangkan ke penjuru dunia. Sedangkan di Indonesia puyuh mulai dapat dikenal, dan diternak semenjak akhir pada tahun 1979. Kini mulai bermunculan di kandang kandang ternak yang ada di seluruh Indonesia. 

Budidaya Lele

Lele adalah jenis ikan yang digemari masyarakat, dengan rasa yang lezat, daging empuk, duri teratur serta dapat disajikan dalam berbagai macam menu masakan. Dengan prinsip K-3 (Kuantitas, Kualitas serta Kesehatan) apat membantu petani lele dengan paket produk serta teknologi.

Budidaya Ayam Ras

Ayam Pedaging (Broiler) ialah ayam ras yang mampu tumbuh dengan cepat sehingga bisa menghasilkan daging dalam waktu relatif singkat (5 hingga 7 minggu). Broiler juga memiliki peranan yang penting sebagai sumber protein yaitu hewani asal ternak.

Budidaya Padi

Ini dia tanaman pangan yang utama di dunia serta di Indonesia.  Sebagian besar masyarakat Indonesia dapat mengkonsumsi nasi sebagai hasil dari olahan padi. Karena pentingnya padi untuk ketahanan pangan, maka suatu program-program pengembangan padi akan selalu menjadi prioritas oleh pemerintah.

Budidaya Tebu

Tebu hingga saat ini masih dapat menjadi sumber pemanis yang utama.  Produk olahannya ialah gula pasir.  Kebutuhan gula pasir yaitu sebagai sumber pemanis masih sangat tinggi bahkan setiap tahun untuk mengalami kenaikan.
Akan tetapi produksi gula tebu justru dapat mengalami penurunan hingga saat ini posisi Indonesia ialah importir gula tebu. Kondisi ini juga sebenarnya bertolak belakang dengan kondisi pada tahun 1927 dimana ketika itu Indonesia dapat menjadi pengekspor gula tebu keberbagai negara. Diantaranya Cina, Hongkong, Jepang, Taiwan, Singapura, serta Eropa.

Budidaya Kentang

Kentang ialah komoditas pertanian yang sangat penting dan mempunyai nilai ekonomi tinggi.  Hal ini disebabkan karena harganya yang sangat tinggi dan stabil, permintaannya juga banyak.  Sehingga dapat dilihat dari aspek agribisnis, menanam kentang mempunyai potensi keuntungan yang menarik.

Baca Juga:  Pengertian Litosfer Meliputi Fungsi, Jenis, Struktur, Manfaat Secara Lengkap

Kesimpulan

Jadi dari penjelasan di atas maka dapat di ambil kesimpulan bahwa yang di maksud dengan budidaya yaitu upaya yang terencana untuk memelihara dan mengembangkan tanaman atau hewan supaya tetap lestari serta dapat memperoleh hasil yang bisa dimanfaatkan. Manfaat dari budidaya misalnya dapat memperoleh penghasilan dari segi ekonomis, memeperoleh hasil produksi yang berkualitas, sebagai sarana untuk mengelola SDA, dan lain-lain. Beberapa contoh budidaya misalnya:
  • Budidaya tanaman pangan, seperti tanaman padi, singkong, ubi jalar, jagung, kacang tanah, dan lain-lain.
  • Budidaya tanaman sayur, seperti tanaman kangkung, bayam, kol, seledri, selada, dan lain-lain.
  • Budidaya perikanan, seperti lele, nila, gurame, udang, kerang, dan organisme air lainnya.
  • Budidaya hewan ternak, seperti sapi, kambing, ayam, domba, dan lain-lain.

Akhir kata, Itulah pengertian budidaya dan contohnya secara umum, semoga dapat dipahami dan jika ada kesalahan mohon dimaafkan, terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Budidaya

  • pengertian budidaya ikan
  • pengertian budidaya tanaman pangan
  • pengertian budidaya tanaman hias
  • pengertian budidaya ternak
  • tujuan budidaya
  • contoh budidaya
  • pengertian budidaya ternak kesayangan
  • jurnal pengertian budidaya tanaman
  • macam macam budidaya
  • pengertian budidaya nabati dan hewani
  • pengertian budidaya tanaman perkebunan
  • budidaya hewan

Post a Comment for "Pengertian Budidaya Meliputi Tujuan, Manfaatnya , Macam - Macam budidaya Dan Contohnya"