Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tanaman Hias Meliputi Jenis, Contoh dan Manfaatnya Terlengkap

Pengertian Tanaman Hias, Jenis, Manfaat, dan Contohnya

Pengertian Tanaman Hias

Pengertian tanaman hias ialah semua jenis tanaman yang bermanfaat untuk menambah keindahan dan kecantikan baik itu tanaman hias bunga, daun, batang ataupun akar. Dari penjelasan ini jelas tanaman hias ialah segala tanaman yang di tanam untuk estetika keindahan sehingga jenis jenisnya pun ada beraneka ragam.
Dapat berupa tanaman bunga, pohon bahkan buah buahan serta sayuran pun bisa digolongkan sebagai tanaman hias selama mereka memberikan unsur keindahan. Tanaman hias umumnya sengaja ditanam dengan tujuan untuk dapat memberikan kesan indah baik untuk dalam ruangan ataupun untuk dluar ruangan. Tanaman hias tidak hanya memberikan unsur keindahan saja namun juga dapat memberikan berbagai manfaat bagi kita. Manfaat yang kita dapatkan ini akan tergantung dari jenis tanaman yang kita pilih.


Pengertian Tanaman Hias Menurut Para Ahli

Adapun definisi tanaman hias menurut para ahli, antara lain;

Wikipedia

Ahli tanaman hias, atau yang lebih pantas disebut ahli pada segala ilmu, Menurutnya, tanaman hias ialah tanaman segala jenis baik itu tanaman semak, tanaman merambat, tanaman perdu, tanaman terna, ataupun pohon besar. Dengan catatan, tanaman tersebut sengaja dapat ditanaman manusia untuk kebutuhan tertentu.
Contohnya, sebagai komponen penghias taman, mengisi kebun rumah, hiasan upacaara, karangan bunga, serta bahkan penghias atribut upacara adat.

Klasifikasi Tanaman Hias

Berdasarkan Sifat Tumbuhnya

  1. Herbacious/sukulen/terna, merupakan tumbuhan yang batangnya lunak karena tidak membentuk kayu. Yang dapat disebut terna umumnya adalah semua tumbuhan berpembuluh (tracheophyta) dan hanya dikenakan bagi tumbuhan yang berukuran kecil (kurang dari dua meter) dan tidak dikenakan pada tumbuhan nonkayu yang merambat (bukan golongan tumbuhan merambat). Contoh: Pansit-pansitan (Paperomia pellucida), Pacar air (Impatiens balsamina), Cocor bebek atau Suru bebek
    (Bryophyllum pinnatum), Krokot (Althernantera sp.), Sepatu kuda (Pelargonium spp.), cyphostemma, boophane, fockea, pachypodium.
  2. Vine/viny/liana, yaitu tanaman hias batang menjalar atau merambat yang cukup berkayu untuk menopang tubuh atau dirinya. Contoh: Kembang kertas (Bougenvillea spp.), Alamanda (Alamanda spp.), Anggur (Vitis vinifera), Cucurbitae
  3. Shurb, yaitu tanaman hias yang batangnya berkayu tegak, jaringan sekundernya banyak, dan ketinggiannya sedang. Contoh: Kembang merak (Caesalpinia pulcherima), Soka (Ixora javattica), Bunga Kana (Canna sp.), Siklok (Agave attenuata), Bakung (Crinum sp.), Lavender ( Plectranthus sp.)
  4. Tree, yaitu tanaman hias berkayu, berbatang tegak dan tinggi. Contoh: Jambu biji (Psidium guajava), pohon coklat (Theobrama cacao), Kelapa (Cocos nucifera), Glodogan tiang (Polyalthialongifolia ), Ki hujan (Samanea saman).

Berdasarkan Manfaat Spesifiknya

  1. Cut flower atau bunga potong. Contohnya: anyelir (Dianthus spp.), Herbras (Gerbera L.), Kembang pagoda (Clerodendrum paniculatum)
  2. Cut foliage atau daun potong. Contohnya: Kemuning (Murraya paniculata), Oleander (Nerium oleander), Monstera (Monstera deliciosa), Daun mangkok (Nothopanax scutellarium)
  3. Flowering pot atau tanaman bunga dalam pot. Contohnya: teratai (Nymphea), lotus/ seroja (Nelumbo), Pointsettia (Euphorbia pulcherrima), Mandevilla (Apocynaceae)
  4. Foliage plants atau tanaman hias daun. Contohnya: Cengkih (Eugenia caryophyllata Thunb.), Kecubung (Brugmansia sp.), Mengkudu atau pace (Morinda citrifolia), Adam hawa (Rhoeo discolor)
  5. Lansdscape plants atau tanaman untuk pemandangan. Contohnya: patuk manuk (Thunbergia alata), bunga corong (Thunbergia grandiflora)
  6. Turf/ cover crop atau tanaman penutup tanah. Contohnya: krokot (Alternanthera spp.), lili Paris (Chlorophytum bicheti), seruni rambat (Wedelia trilobata), zebrina (Zebrina pendula)

Berdasarkan Lama Hidupnya

  1. Tanaman semusim, yaitu tanaman hias yang melengkapi siklus hidupnya dalam satu musim turnbuh, umurnya setahun atau kurang dari setahun. Contohnya: bayam-bayaman (Amaranthus spp.), jawer ayam (Celosia argenta), randa midang (Cosmos spp.), portulaka (Portulaca grandiflora)
  2. Tanaman tahunan, yaitu tanaman hias yang terus tumbuh seolah-olah tidak terbatas dan masa reproduksinya terjadi berulang-ulang. Contohnya: hebras atau gerbera (Gerbera jamesonii), suplir (Adiantum spp.)

Jenis - Jenis Taman Hias

  • Tanaman Hias Bunga

Tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang mengandalkan aneka warna dan bentuk kelopak bunga yang cantik dan indah. Tanaman hias bunga adalah tanaman hias yang paling digemari masyarakat Indonesia untuk menghias halaman rumah, kebun, taman bahkan ruangan. Selain, harganya yang tergolong terjangkau, bunga juga memiliki banyak sekali jenis dan variannya dari mulai bentuk bunga, warna bunga, bentuk daun, dan sebagainya. Tanaman hias bunga yang paling banyak dipilih adalah bunga mawar karena bentuk bunganya yang berlapis-lapis dengan aneka warna cantik seperti pink, putih, merah hati, oranye, dan warna cantik lainnya. Beberapa jenis mawar juga bisa menghasilkan aroma yang sangat wangi sehingga bagus diletakkan di dalam ruangan.
  • Tanaman Hias Buah

Tanaman hias buah adalah tanaman hias yang mengandalkan bentuk-bentuk buah yang unik sebagai penghias ruangan atau sekitar rumah. Selain bentuknya, tanaman hias bunga juga dipilih karena bisa dikonsumsi. Umumnya tanaman jenis ini diambil dari tanaman-tanaman yang memiliki buah berukuran kecil-kecil. Tanaman hias buah yang paling banyak dipilih adalah tanaman buah tomat mini atau krismil karena selain bisa dimakan atau dibuat sebagai sambal, tomat mini juga memiliki banyak warna yang cantik seperti oranye, merah dan putih.
  • Tanaman Hias Daun

Pengertian tanaman hias daun adalah tanaman hias berbentuk daun tanpa bunga atau batang. Tanaman hias jenis ini memiliki kelebihan pada bentuk dan warna daunnya. Tanaman hias daun menjadi tanaman hias populer kedua setelah bunga karena perawatannya yang sangat mudah dan bisa meneduhkan lingkungan rumah. Beberapa tanaman hias daun yang banyak disukai oleh masyarakat Indonesia adalah tanaman hias daun kuping gajah, lidah mertua, Keladi red star dan masih banyak lainnya.
  • Tanaman Hias Pohon

Yaitu pohon yang menarik untuk dijadikan sebagai tanaman hias, biasanya pohon yang ukurannya tidak terlalu besar dan memiliki keindahan dari segi batang/tangkainya. Tanaman Hias Pohon ini umumnya ditempatkan diluar ruangan seperti halaman umah atau taman. Pohon yang sering di jadikan hiasan misalnya: beringin, bambu jepang, bambu kuning, dan sebagainya.
Gambar: bacaterus.com – Tanaman palem kuning
  • Tanaman Hias akar

Merupakan tanaman yang memiliki keindahan dari segi akarnya. Biasanya supaya akar tanaman tersebut terlihat lebih indah maka harus ditata, tentunya dengan keterampilan khusus. Contohnya seperti adenium dan beringin.


Manfaat Tanaman Hias

Adapun beberapa manfaat yang dapat diambil jika menanam tanaman hias diantaranya yaitu:
  • Meningkatkan perekonomian, sebagian orang bisa menjadikan tanaman hias sebagai sumber penghasilan.
  • Dengan membudidaya tanaman hias dapat meningkatkan kualitas tanaman.
  • Dapat memperindah rumah dan juga lingkungan tempat tinggal.
  • Dapat meningkatkan penghijauan lingkungan.
  • Dapat menjaga dan meningkatkan kebersihan udara.
  • Karena tanaman hias dapat memperindah tempat tinggal dan membuat udara menjadi bersih maka bisa meredakan stress.

Apa itu tanaman hias biasa, gantung, dan air?

Tanaman hias biasa merupakan tanaman hias yang tumbuh dan dirawat di tempat biasa, di atas tanah, tidak digantung dan tidak hidup di dalam air. Biasanya ditanam di dalam pot atau di tanah di pekarangan rumah. Beberapa jenis tanaman hias biasa yang sering ditanam adalah bonsai dan palem.
Tanaman hias gantung adalah tanaman hias yang juga ditanam di dalam pot, akan tetapi diletakkan di udara dengan cara digantung. Beberapa tanaman hias yang diletakkan dengan cara digantung adalah bunga anggrek, lobelia, geranium, begonia, dan fuchsia.
Tanaman hias air atau yang biasa disebut hidrofit adalah tumbuhan yang bisa menyesuaikan diri dengan habitat perairan, baik terbenam sebagian atau terbenam seluruh bagiannya. Tanaman hias air dapat digunakan sebagai penghias kolam sehingga terlihat semakin indah dan menawan dengan keberadaan tanaman-tanaman hias air. Beberapa tanaman hias air yang populer antara lain lotus atau seroja, bambu air atau equisetum, teratai, papirus air, semanggi, kiambang, azolla, apu-apu, melati air, calla lily, eceng gondok, selada air, tetepok atau telipuk, tifa, pisang air, yellow water poppy, water canna, pickerel weed, black taro, mosaic plant, dan keladi-keladian.
Anda bisa mempercantik ruangan dan halaman rumah Anda dengan nama-nama tanaman yang tergabung ke dalam macam-macam tanaman hias tersebut. Dengan keberadaan mereka, rumah Anda akan terasa lebih segar, asri, dan indah.


Perkembangan Tanaman Hias

Sama seperti makhluk hidup lainnya, tanaman hias juga melakukan perkembangbiakan. Perkembangbiakan ini bertujuan untuk melestarikan keturunannya. Tetapi seiring dengan perkembengan zaman, manusia bertambah banyak sehingga sebahagian besar tanaman tidak bisa melakukan pelestarian.
Hal ini di karenakan lahan semangkin sempit, sudah habis untuk bangunan kepentingan manusia dan beberapa tanaman menjadi terabaikan, ataupun punah dan menjadi langkah atau sulit untuk mendapatkannya.
Karena hal tersebut beberapa hobis tanaman hias sudah mulai melestarikannya kembali dengan cara memperbanyak tanaman hias. Memperbanyak tanaman hias untuk mendapatkan varietas baru atau sekedar menambah koleksi, dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu cara
  • Generatif (melalui perkawinan)
  • Vegetatif (tanpa perkawinan) dan kultur jaringan.
Masing – masing cara mempunyai jenis dan langkah berbeda, serta kelebihan dan kelemahannya masing- masing. Sebelum memilih cara apa yang akan kita gunakan untuk memperbanyak tanaman hias.
Apakah sekedar memperbanyak saja untuk mendapatkan sifat yang sama dengan induknya atau memang ingin mendapatkan varietas baru yang sifat keturunannya berbeda dari induknya.

Demikian ulasan singkat tentang Tanaman Hias : Pengertian, Manfaat, Fungsi dan Jenisnya. semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan untuk kita semua. Terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Tanaman Hias
  • pengertian tanaman hias menurut para ahli
  • pengertian tanaman hias buah
  • pengertian tanaman hias daun dan contohnya
  • pengertian tanaman hias akar
  • pengertian tanaman hias indoor dan contohnya
  • pengertian tanaman hias brainly
  • manfaat tanaman hias
  • jelaskan pengertian tanaman hias menurut pendapat anda
  • karakteristik tanaman hias
  • tujuan pembentukan tanaman hias
  • artikel tentang tanaman hias
  • pengelompokan tanaman hias

Post a Comment for "Pengertian Tanaman Hias Meliputi Jenis, Contoh dan Manfaatnya Terlengkap"