Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tinju Meliputi Posisi Dasar Bertinju, Ronde dalam Tinju dan Jenis-Jenis Pukulan Dalam Tinju Secara Lengkap

Pengertian Tinju


Tinju adalah suatu jenis cabang olahraga yang dapat dikatakan sebagai bertarung secara fisik dan memerlukan stamina yang kuat dan kondisi fisik yang baik sehingga perlu dikuasai strategi dan teknik yang benar supaya dapat melakukan aksinya bisa sempurna.
Petinju satu sama lain perlu menghindari pukulan dari lawan dan mereka juga perlu berupaya untuk melakukan pukulan ke arah lawan secara cepat dan tepat sehingga petinju dapat memenangkan pertarungan yang benar.
Dalam sebuah olimpiade maupun olahraga yang profesional Petinju harus menilik dan mengenali satu per satu teknik pukulan tinju sehingga menjadi dasar untuk memenangkan pertandingan.



Posisi Dasar Bertinju


Posisi Dasar Tinju Hal merupakan hal yang terpenting pada awal pertandingan karena dengan melakukan posisi yang baik sangat menguntungkan untuk melaksanakan dalam membentuk penyususn pertinjuan. 
Posisi dasar berperan penting dalam bertinju karena dapat membantu mengkordinasikan tangan dengan tungkai yang baik sehingga dapat membentuk kecepatan dalam bertanding dan dapat dengan mudah dalam menyerang ataupun bertahan.  
Namum perlu diingat juga bahwa pada dasarnya setiap individu pemain berbeda dari segi antropometrik kekuatan tubuh yang pada umumnya memiliki perbedaan yang tinggi dengan berat dan tinggi badannya.
Dengan demikian untuk menentukan posisi dasar bagi seorang petinju harus melakukan dengan keseimbangan dan kekuatan pada tubuh.


Jenis-Jenis Pukulan Dalam Tinju

Dalam Olahraga Tinkju dikenal beberapa pukulan yang dilayangkan seorang petinju kepada lawannya. Berikut ini macam-macam pukula yang dikenal dalam tinkju:
  1. Cross (tinju)
  2. Hook (tinju)
  3. Jab
  4. Long hook
  5. Low blow
  6. Rabbit punch
  7. Straight (tinju)
  8. Swing
  9. Uppercut

1. Cross (tinju)
Pukulan "Cross" dalam tinju bukan merupakan pukulan standar seperti jab, straight, hook atau upper cut, melainkan pukulan modifikasi, merupakan gabungan antara pukulan straight dan upper cut, dengan target rahang atau perut lawan.Istilah ini hanya dikenal dalam tinju profesional, dan tidak dikenal dalam tinju amatir yang hanya mengenal pukulan standar seperti tersebut di atas.


2. Hook (tinju)
Hook dalam bahasa Inggris berarti kait. Dan memang posisi seperti itu yang dilakukan oleh seorang petinju dalam melontarkan pukulan hook. Pukulan hook dapat dilontarkan kedua tangan, kanan dan kiri. Pukulan hook dikenal sangat mematikan dalam tinju.Petinju kelas berat Mike Tyson dulu sangat ditakuti karena pukulan hooknya sering memukul KO lawan, sedang petinju Indonesia Ellyas Pical memiliki pukulan hook kiri yang sangat keras, dan sering memukul KO lawan dengan senjata andalan hook kiri. Karena keandalan pukulan tersebut Pical dijuluki sebagai Exocet.


3. Jab
Jab adalah pukulan pembuka dalam olahraga tinju. Pukulan jab berupa pukulan lurus ke depan, bisa mengarah ke muka atau badan lawan. Biasanya, pukulan jab dilontarkan dengan tangan kiri (jika petinju tersebut bergaya ortodoks atau dengan tangan kanan jika petinju tersebut bergaya kidal. Tapi itu bukan sesuatu yang pasti, adakalanya petinju ortodoks melontarkan jab dengan tangan kanan, dan sebaliknya, tergantung posisi saat melontarkan pukulan.Pukulan jab, biasanya berfungsi mengganggu konsentrasi lawan atau sekadar pukulan pembuka dalam suatu serangan, namun tidak jarang pukulan jab bisa terlontar dengan keras dan memukul lawan dan membuatnya KO.


4. Long hook
Pukulan Long hook merupakan pukulan hook yang dilontarkan dari jarak jauh.Dalam tinju, long hook bukan merupakan pukulan standar seperti jab, straight, hook atau upper cut, melainkan pukulan modifikasi, merupakan gabungan antara pukulan straight dan hook.Petinju Muhammad Ali dikenal yang memopulerkan pukulan long hook ini. Di Indonesia, pukulan ini dikenal sebagai pukulan Swing. Dalam istilah tinju internasional, istilah pukulan swing ini tidak dikenal, dan lebih dikenal sebagai long hook.Pukulan long hook ini hanya dikenal dalam tinju profesional, dan tidak dikenal dalam istilah dalam tinju amatir yang hanya mengenal istilah pukulan standar seperti tersebut di atas.


5. Low blow
Low blow adalah pukulan terlarang dalam tinju, karena mengarah ke bawah perut atau kemaluan lawan yang bisa berakibat fatal. Petinju yang melontarkan pukulan ini, sengaja atau tidak, akan mendapatkan sanksi dari wasit berupa peringatan sampai diskualifikasi.


6. Rabbit punch
Rabbit punch adalah salah satu pukulan yang sangat terlarang dan sangat berbahaya bagi lawan dalam bertinju. Rabbit punch dilancarkan dari arah atas ke arah bawah, terutama saat lawan sedang dalam posisi merunduk. Sengaja atau tidak, pukulan ini dilarang karena mengincar ubun-ubun atau tengkuk lawan yang sangat berbahaya dan mematikan.


7. Straight (tinju)
Straight adalah pukulan lurus dalam olahraga tinju. Lazimnya, pukulan straight dilontarkan setelah pukulan Jab, tetapi tidak selalu begitu, karena bisa dikombinasikan dengan pukulan lain, sesuai strategi dan kondisi di ring (tinju).Target utama pukulan ini adalah bagian kepala lawan, tetapi bisa juga perut, tergantung situasi dan posisi sang petinju.Untuk petinju ortodoks (tinju), pukulan straight dilontarkan dengan pukulan kanan(karena tangan kanan lebih keras dari tangan kiri), dan sebaliknya untuk petinju kidal.


8. Swing
Pukulan "Swing" adalah istilah yang hanya populer di Indonesia, sebetulnya istilah yang diakui secara internasional adalah Long hook yang dipopulerkan oleh Muhammad Ali.Pada saat pertandingan Muhammad Ali disiarkan oleh TVRI, penyiar dan komentator TVRI menyebut pukulan Long hook ini sebagai Swing, karena gaya melontarkan pukulan seperti mengayunkan tangan dari jarak jauh dibarengi dengan gerakan kaki yang lincah, serta pukulan long hook alias swing. Gerakan pukulan ini memang benar-benar khas Muhammad Ali, dan sampai sekarang tidak ada yang sanggup menirunya.


9. Uppercut
Uppercut adalah pukulan pendek dalam tinju, biasanya merupakan pukulan andalan untuk mengalahkan lawan dengan KO. Pukulan upper cut dilontarkan dari bawah, posisi tangan dan siku petinju membentuk huruf "V" dengan sasaran utama perut, ulu hati dan dagu lawan.Petinju Indonesia Muhammad Rachman dikenal memiliki senjata ampuh berupa uppercut kiri maupun kanan, dan sering memukul KO lawan dengan pukulan ini.


Ronde dalam Tinju

Dalam olahraga tinju dikenal "Ronde", Ronde adalah ukuran pembagian waktu untuk sebuah pertandingan tinju. Selain Tinju, istilah ini juga digunakan untuk olahraga lain seperti muay thai, dan bela diri satu lawan satu lainnya.

Durasi

Dalam 1 ronde, terdiri dari:
  • 3 menit pertandingan + 1 menit istirahat (tinju profesional)
  • 3 menit pertandingan + 1 menit istirahat, atau 2 menit pertandingan + 30 detik istirahat (tinju amatir).

Jumlah Ronde

Tinju profesional

Dalam Tinju profesional jumlah ronde terbagi menjadi beberapa tingkatan:
  • 4 ronde untuk tingkat pemula
  • 6 ronde untuk tingkat selanjutnya
  • 8 ronde untuk tingkat lebih tinggi
  • 10 ronde untuk tingkat mahir
  • 12 ronde untuk tingkat kajuaraan (baik dunia, regional maupun nasional).

Meskipun jumlah ronde ini baku, tetapi tidak ada peraturan yang mengikat, dan badan tinju di masing-masing negara boleh saja menentukan jumlah ronde sendiri.

Pada masa lalu, jumlah ronde tidak dibatasi (pertandingan selesai jika salah satu petinju kalah KO, tetapi seiring dengan meningkatnya peraturan demi keselamatan petinju jumlah ronde mulai dibatasi hingga 24 ronde, 15 ronde dan kemudian terakhir 12 ronde, menyusul tewasnya petinju Duk-ko Kim atas Ray Mancini. Namun banyak pihak menyangsikan bahwa pengurangan jumlah ronde ini murni demi keselamatan petinju, melainkan karena tekanan stasiun televisi untuk menyesuaikan jam tayang dan keperluan komersial (iklan).Saat ini ada wacana untuk membatasi jumlah ronde hingga 10 saja bagi kejuaraan nasional dan regional, tetapi sampai saat ini belum ada realisasinya.


Tinju Amatir
Jumlah ronde bervariasi, ada 3 ronde, 4 ronde dan 6 ronde (semakin banyak jumlah ronde, durasi ronde akan berkurang).



Demikian Penjelasan Tentang Pengertian Tinju Meliputi Posisi Dasar Bertinju dan Jenis-Jenis Pukulan Dalam Tinju Secara Lengkap. Semoga Bermanfaat dan jangan lupa di share. Trimakasih

Penelusuran yang terkait dengan Pengertian Tinju
  • peraturan tinju
  • teknik dasar tinju
  • ucapan wasit tinju
  • teknik menghindar dalam tinju
  • perkembangan olahraga tinju di indonesia
  • istilah dalam tinju
  • aba-aba wasit tinju
  • buku olahraga tinju
  • contoh soal tentang olahraga tinju
  • perhitungan poin tinju
  • aba aba tinju
  • filosofi tinju

Post a Comment for "Pengertian Tinju Meliputi Posisi Dasar Bertinju, Ronde dalam Tinju dan Jenis-Jenis Pukulan Dalam Tinju Secara Lengkap"