Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Ekosistem Buatan Meliputi Karakteristik, Tujuan, Manfaat dan Contohnya Lengkap

Ekosistem Buatan dilengkapi Pengertian, Ciri, Contoh, dan Manfaat Yang Didapatkan

Pengertian Ekosistem Buatan

Yang dimaksud dengan ekosistem buatan ialah suatu ekosistem yang sengaja dibuat dengan bantuan manusia, segala komponen abiotik dan biotiknya sebagian merupakan iut campur dari manusia, sehingga memiliki keragaman yang terbatas dibanding ekosistem alami. Tujuan manusia membuat ekosistem buatan ialah untuk beberapa hal, antara lain:

1. Memenuhi kebutuhan
Meningkatnya populasi manusia maka kebutuhan hidupnya pun makin tinggi. Keperluan manusia mulai dari sandang, pangan, dan papan diperoleh dari alam. Jika hanya mengandalkan ekosistem alami maka dapat terjadi ketidakseimbangan ekosistem akibat menurunnya spesies tertentu. Dengan membuat ekosistem buatan maka dapat memenuhi kebutuhan manusia terhadap suatu spesies yang dibutuuhkan tanpa merusak ekosistem alami.

2. Pelestarian
Menurunnya suatu populasi organisme atau eningkatnya kerusakan suatu ekosistem akibat aktivitas manusia harus segera di atasi dengan salah satunya membuat ekosistem buatan. Dengan menyediakan atau membuat suatu wilayah menjadi suatu habitat yang layak bagi suatu organisme dapat menjadi upaya untuk melestarikan makhluk hidup terhadap kepunahan serta memperbaiki lingkungan hidup organisme.

3. Hiasan dan sarana belajar
Beberapa orang memanfaatkan ekosistem sebagai suatu hiasan baik dalam suatu ruangan tertutup atau terbuka. hal ini dapat dijadikan sebagai sumber belajar dengan mengenalkan beberapa flora atau fauna melalui ekosistem buatan.



Karakteristik Ekosistem Buatan

Pada artikel kali ini, akan membahas mengenai ekosistem buatan. Adapun karakteristik ekosistem buatan yang membedakannya dari ekosistem alami, diantaranya:
  1. Keragaman spesies dan komposisi lingkungannya lebih sedikit dibandingkan dengan ekosistem alami. Spesies yang kurang disukai cenderung akan menghilang perlahan-lahan.
  2. Ekosistem buatan diciptakan dengan tujuan tertentu. Sistem buatan ini lebih rapuh dan lebih rentan terhadap kegagalan karena kurangnya keragaman dan bergantung pada campur tangan manusia.
  3. Ekosistem buatan lebih produktif jika dipandang dari sisi kepentingan manusia. Misalnya peningkatan hasil perkebunan karena teknik kultivasi dan teknik cloning, peningkatan hasil susu karena penerapan sistem peternakan baru, merupakan beberapa contoh untuk meningkatkan produktivitas dari suatu ekosistem dengan campur tangan manusia.
  4. Ekosistem buatan dengan perbaikan yang berkelanjutan dapat meningkatkan kapasitas rezeki penduduk dalam area tertentu, dan memungkinkan perluasan tempat tinggal manusia.
  5. Ekosistem buatan tergantung pada hokum alam. Maunsia hanya bertindak sebagai penemu namn bukan sebagai pembuat hukum alam. Hanya proporsi dan kecepatan interaksi ekologi yang bisa dikontrol oleh manusia untuk menciptakan bergaimacam keuntungan bagi manusia. Oleh karena itu, terkadang semua ekosistem buatan disebut sebagai ekosistem semi-buatan.
Di dalam ekosistem buatan juga memungkinkan terjadinya aktivitas produksi dan konsumsi, sehingga tidak akan lepas dari keberadaan rantai makanan seperti yang terjadi pada ekosistem alami. Namun, pada ekosistem buatan ini rantai makanan yang terjadi cenderung terbatas karena komponen ekosistem dan keragamannya pun lebih sedikit.


Rantai Makanan

Secara sederhana pengertian rantai makanan adalah kejadian makhluk hidup yang memakan makhluk lainnya. Hal ini terjadi setiap tingkat organisasi makhluk hidup dari makhluk hidup satu sel seperti alga, jenis plankton, sampai makhluk hidup terbesar seperti ikan paus membutuhkan makanan untuk hidup.
Organisme di dalam rantai makanan dapat dikelompokkan ke dalam beberapa kategori, yang disebut dengan tingkatan trophic. tingkatan ini dibagi menjadi 3 kategori, yaitu produser (tingkat trophic pertama), konsumen ( tingkat trophic kedua, ketiga, dan keempat), dan decomposer. Berikut penjelasannya :
  • Produsen/autotrof. Adalah makhluk hidup yang bisa membuat makanannya sendiri. Makhluk ini menduduki tingkat pertama dalam rantai makanan. Biasanya autotrof merupakan tanaman atau organisme sel. Seluruh autotrof menggunakan proses fotosintesis dalam menghasilkan makanan, dengan bantuan sinar matahari, karbondioksida dan air.
  • Konsumen. Bisa berupa karnivora (hewan yang memakan hewan lain) atau omnivore (hewan yang memakan tumbuhan dan hewan lainnya). Omnivore ini mirip dengan manusia, karena mengkonsumsi berbagai macam makanan. (baca juga: Ciri-ciri hewan karnivora, herbivora dan omnivore).
  • Detritivores dan decomposer. Adalah bagian terakhir dari rantai makanan. Detritivores juga merupakan organisme pemakan hewan dan tumbuhan yang sudah mati. Misalnya cacing tanah. Decomposer seperti jamur dan bakteri yang melengkapi rantai makanan. Mereka menguraikan sampah organik, dan mengembalikan nutrient ke tanah atau samudera untuk kembali digunakan oleh autotrof.


Contoh Ekosistem buatan

Ekosistem buatan adalah ekosistem yang sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk menjaga keseimbangan kehidupan didalamnya.

1. Kebun binatang

Kebun binatang adalah tempat untuk melestarikan beberapa jenis hewan agar tidak punah. Hewan yang berada ditempat ini ditempatkan dalam sebuah kandang sesuai dengan jenisnya. Seperti jenis burung akan dibuatkan tempat atau kandang dengan bermacam-macam jenis secara terpisah. Hal tersebut membuat pengunjung lebih leluasa untuk melihat.

2. Suaka marga satwa

Suaka marga satwa adalah jenis ekosistem buatan yang dibuat untuk melindungi jenis flora dan fauna. Tempat ini dibuat untuk menjaga interaksi antara keduannya agar tetap sinergis. Tempat ini lebih kompleks karena ada penyatuan antara beberapa jenis hewan dan tumbuhan.

3. Taman hutan raya

Taman hutan raya merupakan ekosistem buatan manusia yang terdiri dari tumbuhan yang masih asli dan buatan manusia. Taman ini bertujuan untuk menjaga kelestarian jenis tumbuhan yang terbilang langka.

4. Taman safari

Pada dasarnya taman safari hampir sama dengan kebun binatang, hanya saja hewan di tempat ini dibebaskan sehingga tidak terkekang dan dipisahkan sesuai jenisnya dengan tembok yang tinggi. Sehingga setiap pengunjung yang datang harus memakai mobil atau kendaraan yang telah disiapkan.

5. Waduk

Waduk adalah sejenis danau tetapi dibuat oleh manusia. Pembuatan waduk dapat difungsikan untuk penyediaan air penduduk setempat, irigasi di sawah, dan sebagian waduk digunakan untuk pembangkit listrik tenaga air.

6.ekosistem Sawah

Ekosistem sawah merupakan salah satu ekosistem buatan daratan di muka bumi. Namun tak semua daratan tak mampu dibuat sedimikian rupa menjadi ekosistem persawahan, hal ini karena ekosistem persawahan memiliki ciri khas yang dibangun oleh komponen abiotik dan biotik tertentu 

Tujuan Pembuatan Ekosistem Buatan

 1. Memenuhi Kebutuhan
Semakin meningkat dan bertambahnya jumlah populasi manusia maka hal ini akan berdampak juga terhadap kebutuhan hidup manusia yang semakin tinggi. Perlu diketahui bahwa berbagai macam kebutuhan manusia seperti sandang, pangan, dan papan itu semua nya di dapat dan diperoleh dari alam.
Nah apabila manusia hanya mengandalkan semuanya itu dari ekosistem alami saja maka akan terjadi ketidak seimbangan antara ekosistem yang mengakibatkan menurunnya spesies tertentu. Oleh sebab itu manusia kini membuat ekosistem buatan supaya bisa memenuhi semua kebutuhannya terhadap suatu spesies yang diperlukan tanpa harus merusak ekosistem alami yang ada.

2. Pelestarian
Semakin menurun dan berkurangnya populasi suatu organisme tentu akan membawa dampak yang buruk bagi ekosistem alami. Oleh karena itulah hal ini harus segera ditangani dengan cara salah satunya yaitu dengan pembuatan ekosistem buatan.
Dengan membuat suatu tempat menjadi sebuah habitat yang layak untuk suatu macam organisme makhluk hidup maka hal ini bisa melestarikan keberadaan makhluk hidup tersebut terhadap kepunahan dan juga secara tidak langsung untuk memeperbaiki keadaan ekosistem alami yang mungkin sudah rusak dan hancur.

3. Sarana Belajar
Pembuatan ekosistem buatan juga bisa dijadikan sebagai sebuah sarana pembelajaran bagi manusia. Dengan adanya sebuah ekosistem buatan kita jadi bisa mengetahui tentang bagaimana kehidupan sebuah organisme di alam bebas. Kita juga bisa lebih mengenal lebih dalam lagi tentang suatu jenis mikroorganisme yang ada di dalam ekosistem buatan ini.




Manfaat Ekosistem Buatan

Berikut ini beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan, misalnya:
a. Memenuhi kebutuhan manusia
Manfaat yang paling utama tentunya untuk memenuhi kebutuhan manusia. Contohnya manusia membuat bendungan yang bermanfaat sebagai sumber air, lalu manuisa membuat tambak yang berguna untuk membudidayakan berbagai jenis ikan dan udang. Adapun manusia yang membuat hutan buatan yang ditanami dengan pohon jati, jengjeng, pinus dll, yang dimana hasilnya berguna sebagai kebutuhan papan. Lalu manusia yang membuat sawah untuk menanam padi yang hasilnya berguna sebagai makanan pokok.

b. Sebagai tempat rekreasi
Manfaat selanjutnya berguna sebagai sarana rekreasi / tempat wisata, seperti bendungan / danau buatan yang sering dijadikan sarana wisata air dan memancing. Adapun seperti kebun bunga yang dijadikan sebagai sarana rekreasi juga terutama berfoto.

c. Sebagai hiasan
Bisa dijadikan sebagai hiasan misalnya aquarium dan aquaspace. Bedanya aquarium dengan aquaspace yaitu jika aquarium didalamnya didominasi oleh ikan-ikan hias, maka aquaspace di dominasi oleh tumbuh-tumbuhan air yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk seperti hutan di dalam air. Aquaspace disebut juga sebagai seni mengatur dan menanam tanaman air. Di dalam aquaspace juga biasanya terdapat ikan-ikan kecil yang dijadikan sebagai pelengkap tanaman.

Itulah tuliasan tentang pengertian ekosistem buatan, semoga dapat bermanfaat dan dapat kamu pahami. Jika ada kesalahan mohon maaf, cukup sekian dan terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Ekosistem Buatan
  • contoh ekosistem buatan
  • contoh ekosistem buatan brainly
  • ciri ciri ekosistem buatan
  • ekosistem buatan yang ada di lingkungan
  • tujuan ekosistem buatan
  • manfaat ekosistem buatan yang ada di lingkungan
  • jelaskan tujuan diciptakannya ekosistem buatan dan sebutkan 5 contohnya
  • cara tidak benar dalam memelihara ekosistem buatan yang tidak benar
  • berikut adalah contoh ekosistem buatan kecuali
  • ekosistem adalah
  • komponen ekosistem
  • macam-macam ekosistem

Post a Comment for "Ekosistem Buatan Meliputi Karakteristik, Tujuan, Manfaat dan Contohnya Lengkap "