Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bioma Gurun Meliputi Proses, Ciri, Jenis, dan Contohnya

Pengertian Bioma Gurun

Bioma gurun ialah sebuah daerah yang penyebaran gurun nya melalui ekosistem yang halus seperti identik atas padang pasir yang cukup luas. Hal yang demikian jarang sekali hujan, dan mempunyai suhu yang ekstrim, sehingga gurun di sini mempunyai tumbuhan yang khas seperti kaktus, serta hewan yang khas seperti unta. Gurun juga bisa kita artikan sebagai suatu tempat yang di sekelilingnya terdapat pada hamparan pasir-pasir dan suhu yang cukup lah panas dan gersang, dan curah hujan nya sangat lah rendah.
Sehingga tumbuhan dan hewan yang bertahan hidup di dalam ekosistem gurun di sini seperti Flora dan Fauna sangat jarang sekali untuk bertahan hidup kecuali memang hewan – hewan yang atas habitatnya khas hewan pada padang pasir seperti Unta.



Ciri-ciri bioma gurun

Gurun merupakan padang pasir yang luas dan tandus karena curah hujan yang sangat rendah. Ciri-ciri bioma gurun adalah sebagai berikut:
  1. Curah hujan cukup rendah, kurang dari 25 cm/tahun
  2. Kondisi tanah sangat tandus dan tidak dapat menyimpan air
  3. Kecepatan penguapan (evaporasi) sangat tinggi
  4. Kelembaban udara sangat rendah
  5. Suhu lingkungan yang ekstrim,suhu siang hari bisa mencapai 60°C dan malam hari mencapai 0°C.
  6. Tumbuhan yang hidup di gurun tergolong xerofit yang memiliki ciri,berakar panjang,batang dan daunnya memiliki lapisan lilin untuk mencegah peguapan.
Contoh tumbuhan xerofit adalah kaktus. Selain kaktus dapat dijumpai tumbuhan kurma dan semak belukar.Hewan yang hidup di gurun adalah kalajengking, beberapa reptilia, tikus, burung, dan unta.
Tipe lain dari gurun misalnya adalah gurun pesisir, Gurun Atacama di Chili Amerika Selatan. Dan kemudian ada gurun dingin. Kedengarannya cukup aneh! Jika gurun seharusnya menjadi panas, bagaimana bisa ada kemungkinan menjadi gurun dingin? Nah gurun ini di tempat-tempat seperti Antartika dan Greenland dengan vegetasi yang jarang lebih dikenal dengan gurun dingin.

Tumbuhan bioma gurun

Tumbuhan gurun memiliki banyak adaptasi untuk bertahan hidup dalam lingkungan kering. Mereka pandai menyimpan dan menemukan air. Beberapa tumbuhan memiliki biji yang dapat tinggal aktif di pasir untuk waktu yang lama, sampai ada hujan cukup bagi mereka untuk tumbuh.Di gurun panas, Anda akan sering menemukan Kaktus. Kaktus besar menyimpan air dibagian dalam. Dengan lapisan lilin, air tidak dapat melarikan diri dan duri mereka melindungi mereka dari pemangsa malam. akar mereka yang dangkal, dan tersebar luas sehingga hujan apapun dapat langsung diserap! Beberapa tumbuhan lain mungkin Anda menemukan di gurun panas semak creosote dan ocotillo.
Gurun pesisir menjadi rumah untuk berbagai tumbuhan. Tumbuhan ini harus beradaptasi dengan curah hujan yang minimal dengan memiliki sistem akar yang luas yang muncul ke permukaan untuk menyerap curah hujan, dan pergi jauh ke bawah untuk menyerap air jenuh di dalam tanah.
Tumbuhan ini juga memiliki daun yang sangat tebal yang dapat menyerap dan menyimpan air setiap kali tersedia. Tumbuhan yang hidup di gurun pesisir termasuk semak garam, rumput beras, sage hitam dan chrysothamnus.Tumbuhan bahkan dapat hidup di gurun dingin, tetapi Anda tidak akan menemukan banyak di sini seperti pada jenis gurun yang lain. Tumbuhan di gurun dingin meliputi ganggang, rumput, dan tumbuhan dengan daun tipis berduri. Biasanya tumbuhan ini hanya tumbuh di musim panas.
Contoh flora bioma gurun yaitu:
  • tumbuhan Sukulen
  • Kaktus
  • Pohon kurma
  • Semak beracun

 

Hewan bioma gurun

Gurun adalah bioma yang sangat penting. Bukan karena semuanya pasir! Karena banyak dari tumbuhan dan hewan akan menyebut gurun sebagai “rumah” mereka. Beberapa hewan yang hidup di gurun yang panas berdarah dingin, seperti ular, serangga, dan kadal.
Mamalia yang hidup di padang pasir biasanya berukuran kecil, seperti tikus kanguru dan kit fox. Kadang-kadang sulit untuk bertahan hidup di padang pasir. Beberapa tikus membangun rumah mereka dari duri kaktus yang jatuh untuk melindungi diri dari predator seperti coyote dan elang.
Di gurun pesisir Eritrea di Djibouti, Afrika, hewan seperti rusa, kadal, tokek dan dikdiks berkeliaran di gurun. Lebih sedikit hewan yang dapat hidup di gurun dingin.
Di Antartika, sebagian besar hewan tinggal di dekat pantai laut. Karena rumah es mereka, anjing laut, penguin, dan burung yang lain bergantung pada ikan, cumi-cumi dan makhluk laut lainnya untuk makanan mereka.
Contoh fauna di bioma gurun:
  • Hamster
  • Unta
  • Tikus
  • Ular
  • Gebril

Komponen penyusun Bioma Gurun

Bioma Gurun tersusun atas komponen abiotik dan biotik yang saling berinteraksi dan mempengaruhi satu sama lain. Komponen tersebut antara lain :
1. Komponen Abiotik
Komponen abiotik pada bioma gurun diantaranya adalah suhu, tanah, dan air.
2. Komponen Biotik
Komponen biotik pada bioma gurun diantaranya adalah :
  1. Tumbuhan. Tumbuhan yang terdapat pada bioma gurun ini hanya sedikit. Hanya yang memiliki adaptasi terhadap lingkungan gurun saja yang dapat bertahan hidup.
  2. Hewan. Hewan yang dapat ditemukan pada daerah gurun ini adalah hewan yang mampu menghemat air atau hewan – hewan yang tidak memerlukan banyak air dalam waktu tertentu.
  3. Pengurai. Kelompok ini sangat penting dalam suatu ekosistem karena dengan pengurai, unsur – unsur organik penyusun makhluk hidup akan menambah kekayaan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tumbuhan.

Ciri Ciri Bioma Gurun

Gurun mempunyai ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Curah hujan yang sangat rendah, <200 mm/tahun dengan intensitas panas matahari sangatlah tinggi.
  2. Tingkat penguapan (evaporasi) yang lebih tinggi dari curah hujan
  3. Air dan tanah cenderung asin karena memiliki larutan garam dalam tanah tidak cenderung berpindah dengan baik karena pencucian oleh air maupun drainase
  4. Tumbuhan yang bertahan hidup di daerah gurun umumnya jenis tumbuhan yang mempunyai daun yang kecil
  5. Daun yang kecil sangat berfungsi untuk mengurangi penguapan
  6. Akar yang panjang berfungsi sebagai untuk mengambil air


Jenis Bioma Gurun

Berdasarkan perwujudannya, Bioma Gurun terdiri dari dua jenis, yaitu :
1. Bioma Gurun panas – kering (hotlarid dessert)
Pada bioma gurun panas – kering ini identik dengan padang pasir, yaitu merupakan suatu wilayah di daerah iklim subtropics sampai sedang yang didominasi oleh hamparan pasir dengan kondisi vegetasi yang sangat terbatas, suhu udara rata – rata tinggi, amplitude suhu harian tinggi, curah hujan rendah (kurang dari 25 mm/tahun), dan penguapan tinggi.
Pada umumnya jenis vegetasi yang tumbuh pada daerah ini memiliki ciri – ciri akar yang sangat panjang, berdaun kecil atau tebal atau bahkan tidak berdaun, batang pohon relatif tebal, dan bagian tubuhnya seringkali berduri. Contohnya seperti kaktus saguaro dan semak berduri.
Jenis gurun seperti ini terdapat di Afrika Utara (Gurun Sahara), Afrika Barat Daya (Gurun Kalahari dan Gurun Namib), Afrika Timur (Gurun Ogaden), Jazirah Arab (Gurun Rub’al Khali), Asia Barat Daya (Gurun Kara Kum, Gurun Taklamakan, dan Iran), Asia Selatan (Gurun Thar), Asia Tengah (Gurun Gobi), Australia (Gurun Gibson dan Gurun Simpson), Amerika Serikat bagian tengah dan barat (The Great America Dessert, yang meliputi Arizona dan California), Meksiko bagian utara, dan Amerika Selatan (Gurun Atacama dan Gurun Patagonia).

2. Bioma Gurun dingin (cold/ice dessert)
Bioma gurun dingin ini identik dengan daerah tundra, yaitu wilayah pada daerah iklim dingin sampai kutub (terutama lingkaran Arktik) yang bagian permukaannya selalu ditutupi oleh salju atau es, serta memiliki jenis vegetasi (flora) yang didominasi oleh lumut (lichenes) dan semak.
Suhu pada saat musim dingin di daerah ini mencapai sekitar -57º C dan suhu maksimum pada saat musim panas adalah sekitar 15º C. Walaupun es atau salju mencair di permukaan tanah selama musim panas, tetapi masih terdapat lapisan es yang tetap membeku (permafrost). Musim tumbuh vegetasi cukup pendek yaitu hanya sekitar 30 – 120 hari pertahun dan hanya jenis tumbuhan yang mampu bertahan dalam suhu dingin yang dapat bertahan hidup. Wilayah penyebarannya antara lain di Alaska, Kanada bagian utara, Siberia, Greenland, dan Tierre del Fuego (Tanah Api) di ujung Amerika Selatan.
Berdasarkan curah hujan dan tingkat kekeringannya, Bioma Gurun terdiri dari :
  1. Gurun sangat kering, yaitu gurun yang selama 12 bulan hampir tidak ada jenis – jenis hujan. Contohnya seperti Guruh Thar di India
  2. Gurun Kering, yaitu gurun yang memiliki curah hujan kurang dari 250mm/ tahun. Contohnya seperti Gurun Agatsya Malai di India
  3. Gurun setengah kering, yaitu gurun yang memiliki curah hujan antara 250 mm sampi 500 mm/ tahun. Contohnya seperti Gurun Oregon Timur di Amerika Serikat.


Kesimpulan Pembahasan

Dari penjelasan di atas maka dapat diambil kesimpulan bahwa pengertian gurun adalah suatu daerah yang sekelilingnya terdapat hamparan pasir-pasir, memiliki curah hujannya sangat kecil, bersuhu panas pada siang hari dan sangat dingin pada malam hari. Ciri-ciri gurun meliputi:
  1. Curah hujannya sangat rendah.
  2. Tanahnya tandus, derdapat hamparan pasir yang luas.
  3. Besuhu sangat panas pada siang hari, dan sangat dingin pada malam hari.
  4. Flora yang hidup memiliki ciri berdaun duri dan berakar panajang.
  5. Fauna yang hidup memiliki ciri: memiliki cadangan lemak, membuat tempat tinggal dalam tanah, umumnya beraktifitas pada malam hari.
Sedangkan bioma gurun yaitu ekosistem yang terdapat di gurun, diantaranya meliputi padang pasir, batuan, flora dan fauna yang hidup di dalamnya meski sangat jarang ditemui.
Contoh gurun seperti Gurun Sahara (Afrika Utara), Gurun Sonora (Amerika), dan Gurun Kalahari (Afrika Tengah).


Itulah tulisan singkat tentang pengertian gurun, semoga dapat memberikan manfaat dalam menambah pengetahuan kamu, sekian dan terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian dan Bioma Gurun
  • persebaran bioma gurun
  • pengertian gurun
  • ciri-ciri bioma padang rumput
  • ekosistem gurun
  • bioma taiga
  • bioma tundra
  • bioma hutan gugur
  • ciri-ciri bioma sabana
  • ciri-ciri bioma tundra
  • manfaat gurun bagi lingkungan
  • hewan yang hidup di gurun
  • contoh gurun

Post a Comment for "Pengertian Bioma Gurun Meliputi Proses, Ciri, Jenis, dan Contohnya"