Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Hutan Hujan Tropis Meliputi Ciri-Ciri, serta Fungsi dan Manfaat Hutan Hujan Tropis

Pengertian Hutan Hujan Tropis

Pengertian Hutan Hujan Tropis adalah ekosistem besar yang berupa hutan keadaannya selalu lembab, yang letaknya kurang lebih antara lintang 0°-10° ke utara dan selatan garis katulistiwa. Hutan hujan tropis (Dalam bahasa Inggris: Tropical Rainforest) umumnya dapat ditemui di benua Asia, Australia, Amerika bagian Selatan, Amerikan bagian Tengah, Negara Meksiko, Kepulauan Pasifik, dan Benua Afrika. Hutan hujan tropis merupakan hutan yang sangat penting terutama sebagai tempat hidup setengah spesies hewan dan tumbuhan di seluruh dunia, dan hampir seperempat tumbuhan obat herbal modern terdapat di hutan hujan tropis oleh karena itu sering dijuluki sebagai “Farmasi Terbesar Dunia”.
Hutan hujan tropis terdapat pada area beriklim tropis dan mempunyai curah hujan tahunan antara 200-400 cm, dengan temperatur suhu 25-32 derajat celcius, sedangkan untuk temperatur saat malam hari jarang turun melebihi 5 derajat celcius dari temperatur suhu saat siang hari. Umumnya kelembaban yang dimilikinya jarang turun hingga dibawah 80 persen. Sehingga kondisi iklim tersebut sangat mendukung untuk kehidupan keanekaragaman hayati. Ciri-ciri hutan hujan tropis yang utama yaitu banyaknya pepohonan yang tinggi, berdaun lebar, dan warnanya hijau.

Tingkat keanekaragaman hayati di hutan hujan tropis sangatlah tinggi, banyak jenis spesies tumbuhhan yang belum diketahui didalamnya. Penebangan pohon dilakukan secara liar/sembarangan yang dilakukan oleh “Manusia” akan menyebabkan pertumbuhan tanaman dan kehidupan hewan di hutan hujan tropis akan terganggu, sehingga tanaman dan tanah tidak mampu lagi menyerap air dan akibatnya jika turun hujan akan terjadi banjir maupun longsor. Penebangan secara liar juga akan mempengaruhi iklim global, sehingga iklim menjadi tidak stabil dan mengakibatkan pemanasan global (global warming). Oleh karena itu kita sebagai Manusia harus menjaga dan berupaya untuk melestarikan hutan hujan tropis, karena sangat penting untuk kehidupan di bumi.




Ciri-Ciri hutan hujan tropis

Setelah mengetahui pengertian hutan hujan tropis, maka pahami juga ciri-ciri hutan hujan tropis secara umum, diantaranya:
  • Terdapat banyak Pohon Tinggi, Berdaun Lebat, dan Berwarna Hijau
Ciri utama yang dimiliki hutan hujan tropis dalah memiliki pepohonan yang tinggi, daunnya lebat dan berwarna hijau. Efek dari cahaya matahari yang terjadi sepanjang tahun dan tanah yang subur dapat membuat pepohonannya tumbuh secara baik sehingga memiliki batang yang tinggi, berdaun lebat dan hijau. Rata-rata tinggi pohonnya kurang lebih 40 meter dan diameternya cukup besar.
  • Vegetasi Tanaman Yang Berlapis
Maksudnya di hutan hujan tropis sulit menemukan celah kosong antara lantai hutan dan pepohohon. Karena di dalamnya terdapat juga jenis tanaman dengan ketinggian yang beragam. Terdapat tingkatan dari A sampai E. Dimana pada tingkatan A terdiri dari pepohonan yang memiliki tinggi kurang lebih 40 meter. pada tingkat B terdapat pepohonan yang bercabang banyak dan saling bersinggungan kentinggian kurang lebih 20 meter. Pada tingkat C tersusun tanaman pohon yang rapat memiliki ketinnggian antara 4 sampai 20 meter. Pada tingkat D terdiri dari anak pohon yang memiliki ketinggian kurang lebih 4 meter, dan pada tingkat E merupakan lapisan yang menutupi lantai hutan hujan tropis seperti lumut, jamur, dan lain-lain.
  • Kelembapan Udara Sangat Tinggi
Kelembapan udaranya sangat tinggi, hal tersebut disebabkan curah hujan tinggi yang terjadi sepanjang tahun, karena banyaknya air dari pdedaunan yang menguap ke atmosfer. Di hutan hujan tropis umumnya musim kemarau hanya terjadi beberapa bulan saja, karena curah hujan yang tinggi sehingga tanahnya menyimpan banyak cadangan air.d. Sinar Matahari sulit Menjangkau Dasar HutanKarena struktur hutan yang berlapis, maka sulit sekali bagi sinar matahari untuk sampai ke lantai hutan. Oleh karena itu lantai hutan hujan tropis selalu di tumbuhi lumut, jamur, dll. karena kelembaban hutan sangat tinggi.
  • Selalu Terdapat Genangan Air
Pada bagian lantai atau dasar hutan sealu terdapat genangan air, hal tersebut disebabkan tingginya curah hujan yang selalu terjadi sepanjang tahun sehingga membasahi hutan hingga ke lantainya.
  • Regenerasi Cukup Cepat
Hutan hujan tropis memiliki daya regenerasi yang tinggi/cepat jika terjadi kerusakan yang disebabkan oleh Alam. Seperti jika terdapat pohon yang tumbang karena kejadian Alam makan sinar matahari yang sebelumnya tidak bisa mencapai lantai hutan maka akan mencapai lantai hutan dan menyebabkan tumbuhnya semak-semak dan anak pohon baru yang menjadi cikal-bakal pohon tinggi seperti sebelumnya.
TAPI jika kerusakannya cukup besar terutama disebabkan penebangan secara liar yang dilakukan oleh MANUSIA maka regenerasi hutan hujan tropis akan sangat sulit bahkan bisa terhenti. Maka oleh karena itu mari kita hentikan dan jangan melakukan penebangan liar terhadap pohon-pohon di hutan hujan tropis. Jagalah hutan supaya tetap lestari jadi keseimbangan ekosistem, iklim, dll. tetap terjaga.

Fungsi dan Manfaat Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis memiliki peranan penting bagi kelangsungan mahluk hidup di bumi, bukan hanya sebagai penyuplai oksigen terbesar di dunia tetapi rumah bagi setengah populasi flora dan fauna di dunia. Selain itu, masih banyak lagi fungsi dan manfaat dari hutan hujan tropis. Berikut akan dipaparkan fungsi dan manfaat dari hutan hujan tropis.
  •   Tempat tinggal hewan dan tumbuhan liar
Seperti yang telah disebutkan di atas, bahwa hutan hujan tropis merupakan rumah bagi setengah populasi flora dan fauna di dunia. Selain itu, hutan hujan tropis juga merupakan tempat berlindung bagi mahluk hidup yang ada di dalamnya.Bagi hewan dan tumbuhan kelangsungan hutan hujan tropis perlu sangat dijaga kelestariannya karena hutan tersebut mampu menyediakan makanan dan minuman bagi hewan dan tumbuhan yang hidup di dalamnya.
  • Penyuplai oksigen
Meskipun hanya meliputi 6% wilayah saja dari keseluruhan luas bumi tetapi hutan hujan tropis memiliki konstribusi yang besar bagi kelangsungan hidup yaitu sebagai penyuplai oksigen terbesar di bumi. Hutan hujan tropis dapat menghasilkan 80% oksigen di dunia yang sangat dibutuhkan mahluk hidup yang ada di bumi.Hutan hujan tropis dapat menghasilkan begitu banyak oksigen karena di hutan tersebut banyak sekali pohon-pohon tinggi yang melakukan proses fotosintesis sehingga pohon-pohon tersebut dapat menghasilkan begitu banyak oksigen yang sangat diperlukan mahluk hidup yang ada di bumi.
  • Membantu dalam menstabilkan iklim dunia
Hutan hujan tropis mampu menstabilkan iklim di dunia yaitu dengan cara menyerap karbon dioksida yang ada di atmosfer. Karbon dioksida bertambah banyak karena pembakaran bahan bakar fosil yang terjadi setiap hari di bumi sehingga hasil pembakaran tersebut menimbulkan karbon dioiksida yang dapat memicu peningkatan suhu global atau yang biasa disebut Global Warming.Cara yang dapat dilakukan untuk menstabilkan iklim dunia yaitu dengan cara menjaga kelestarian hutan hujan tropis sehingga hutan ini dapat terus menyerap karbon dioksida dan mengurangi peningkatan suhu global.
  • Sebagai tempat terjadinya Siklus Hidrologi
Hutan hujan tropis memiliki peranan penting dalam menjaga peredaran siklus hidrologi. Hutan hujan tropis dapat menyerap air dalam volume yang besar karena pohon-pohon yang ada di hutan hujan tropis memiliki akar yang panjang dan mempunyai batang pohon yang besar yang dapat menyimpan cadangan air dalam jumlah yang banyak. Itulah mengapa hutan hujan tropis menjadi subur. Selain itu, hutan hujan tropis selalu mendapat curah hujan yang tinggi selama setahun.
  • Mengurangi potensi bencana alam seperti Banjir dan Longsor
Dari penyerapan air hujan, hutan ini dapat mencegah terjadi banjir karena air hujan yang turun dalam jumlah yang banyak akan diserap oleh hutan hujan tropis dan mencegah terjadinya banjir. Selain itu, hutan hujan tropis dapat mencegah longsor dengan cara menyangga atau menahan tanah dengan akar-akar pohonnya yang kuat.Longsor dapat terjadi karena tanah yang menyerap air tidak dapat lagi menampung beban air yang ada dalam tanah. Tapi, dengan terjaganya kelestarian hutan hujan tropis, bencana alam dapat dicegah.
  • Sumber Mata Pencaharian
Siapa sangka hutan hujan tropis dapat menjadi sumber mata pencaharian. Hutan yang lebat dan sulit ditembus ini juga dapat mendatangkan nilai ekonomis yaitu dengan cara mencari kayu dan juga mencari makanan untuk dikonsumsi maupun nantinya akan dijual.Namun, biasanya ada orang yang mencari kayu di hutan dengan cara menebang pohon sembarangan atau yang biasa disebut illegal logging ataupun dengan cara eksploitasi berlebihan.
  • Tujuan Wisata dan Lokasi Penelitian
Hutan hujan tropis merupakan tempat yang cocok menjadi tempat wisata karena keadaan alamnya yang asri, sejuk, dan tenang. Selain itu, Hutan hujan tropis juga dapat menjadi tempat wisata yang refreshing untuk melepas kesibukan ataupun untuk melepas stres. Hutan ini sangat cocok bagi orang yang hobi berpetualang maupun untuk sekedar Travelling.


Manfaat Hutan Hujan Tropis

Berikut ini adalah manfaat dari hutan hujan tropis :
1. Sebagai penyeimbang ekosistem dunia
Manfaat yang pertama dari hutan hujan tropis adalah sebagai penyeimbang ekosistem di bumi. Jika hutan hujan tropis dijaga kelestariannya maka hewan dan tumbuhan akan slalu terjaga juga dengan baik, karena di sana merupakan ekosistem yang baik tempat mereka hidup. Hal tersebut menjadikan hutan hujan tropis berguna untuk menjaga keseimbangan ekosistem di dunia

2. Penghasil Oksigen
Di hutan hujan tropis banyak tumbuh tumbuhan hijau yang dapat melakukan fotosintesis untuk menghasilkan oksigen dalam jumlah besar yang berguna untuk kehidupan di bumi. Perlu di ketahui sebagain besar penghasil oksigen di bumi adalah hutan hujan tropis, karena banyaknya ragam atau jenis pepohonan disana. Dengan begitu iklim dan udara di bumi juga dapat stabil sehingga tidak terjadi pemanasan global.

3. Sebagai daerah resapan air dan menjaga siklus air
Hutan hujan tropis, sesuai dengan namanya, merupakan salah satu hutan yang digunakan untuk menyerap air. Daerah hutan hujan tropis memiliki curah hujan yang jauh lebih tinggi dibandingkan daerah hutan biasa yang tidak terletak pada daerah yang beriklim tropis. Hal ini akan menyebabkan daerah hutan hujan tropis tidak akan mengalami kekeringan dan kekurangan air, karena selain memiliki curah hujan yang relatif tinggi. Manfaat hutan hujan tropis bagi kehidupan ini juga terdiri dari ribuan, bahkan jutaan pohon yang siap menjadi daerah resapan air.Selain itu, hutan hujan tropis juga membantu bumi kita untuk menjaga siklus air, mulai dari hujan, masuk ke dalam tanah, danau, dan sungai, lalu menguap hingga membentuk awan, dan kemudian turun kembali ke bumi melalui proses hujan.

4. Mencegah banjir dan bencana alam lainnya
Sejalan dengan manfaat dari hutan hujan tropis sebagai salah satu lokasi yang dapat menjadi resapan air, maka hutan hujan tropis juga memiliki fungsi dan manfaat yang baik untuk mencegah kemungkinan munculnya bencana alam. Biasanya bencana alam yang muncul dapat berupa banjit dan juga tanah longsor.Dengan terjaganya kondisi hutan hujan tropis, maka resiko munculnya bencana banjir dan tanah longsor pun akan dapat terhindarkan.

5. Sebagai tempat tinggal dan tempat berlindung hewan liar
Sebagai salah satu penyeimbang ekosistem, hutan hujan tropis merupakan tempat tinggal sekaligus tempat berlindung bagi para satwa-Satwa yang hidup di sekitar hutan hujan tropis. Para satwa ini hidup dan bertahan di daerah hutan hujan tropis, karena hutan hujan tropis menyediakan segalanya, mulai dari tempat bernaung, hingga makanan dan minuman untuk para hewan dalam bertahan hidup.

6. Sebagai tempat tinggal suku-suku pedalaman
Selain menjadi tempat berlindung dan juga tempat tinggal dari para hewan dan satwa lainnya, manfaat hutan hujan tropis bagi manusia juga menjadi tempat tinggal bagi para suku-suku pedalaman. Dalam suatu Negara tropis, ditemukan masih banyak suku pedalaman yang masih primitif dan mengandalkan kekuatan alam dalam bertahan hidup. Mereka memanfaatkan keanekaragaman hayati yang dimiliki oleh hutan hujan tropis untuk bertahan hidup dan juga memenuhi kebutuhan mereka sehari-harinya.Pada daerah amazon, masih banyak ditemukan beberapa suku primitive yang tinggal di dalam hutan hujan tropis Amazon, dan beberapa diantaranya bahkan masih ditemukan suku-suku yang kanibal.

7. Sumber mata pencaharian
Hutan hujan tropis juga merupakan salah satu sumber mata pencaharian, tidak hanya bagi mereka para suku pedalaman yang menggantungkan hidupnya dari hutan hujan tropis, namun juga masyarakat modern yang tinggal di sekitar daerah hutan hujan tropis. Masyarakat modern yang tinggal di sekitar hutan hujan tropis memanfaatkan hutan hujan tropis sebagai sumber mata pencaharian dan sumber kehidupan mereka.Mereka masuk ke dalam hutan hujan tropis untuk mencaru kayu, dan juga makanan. Selain untuk dikonsumsi sendiri, hasil yang mereka peroleh dari hutan hujan tropis dapat mereka jual, sehingga menghasilkan uang untuk membeli keperluan – keperluan mereka yang lainnya, yang tidak bisa diperoleh di hutan hujan tropis.

8. Untuk mendekatkan diri kepada alam
Bagi anda yang sangat suka dengan keindahan dan keanekaragaman flora dan fauna, pastinya anda akan sangat tertarik dengan hutan hujan tropis ini. Anda dapat mengunjungi hutan hujan tropis hanya untuk sekedar mendekatkan diri kepada alam tempat anda bernaung. Di dalam hutan hujan tropis ini anda akan merasakan kebesaran-Nya dalam menciptakan segala sesuatu yang ada di dunia.

9. Sebagai tempat wisata
Anda juga dapat memanfaatkan hutan hujan tropis ini sebagai salah satu tujuan wisata alam anda. biasanya, anda dapat menjelajahi hutan hujan tropis, dan berkemah di dalam lingkungan hutan hujan tropis. Dan biasanya juga ada batas-batas tertentu yang sudah dikelola oleh pemerintah setempat untuk batasan lokasi wisata dari hutan hujan tropis itu sendiri, sehingga melakukan kunjungan wisata ke hutan hujan tropis dirasa cukup aman.

10. Lokasi penelitian
Tak jarang, hutan hujan tropis menjadi salah satu lokasi yang digunakan oleh para peneliti untuk menemukan berbagai hal baru yang belum pernah dieksplor sebelumnya. Para peneliti yang masuk ke dalam hutan hujan tropis biasanya berharap dapat menemukan dan meneliti kehidupan hewan dan tumbuhan secara langsung yang berada di dalam hutan hujan tropis, dan bukan tidak mungkin mereka akan menemukan spesies baru.

11.Sebagai daerah resapan air dan menjaga siklus air
Karena terdapat banyak pepohonan sehingga tempatnya menjadi subur, tentunya baik untuk daerah resapan air, dan siklus air tetap terjaga. Hutan hujan tropis memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga daerahnya tidak mengalami kekeringan saat musim kemarau.


Sebaran Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis tersebar di wilayah-wilayah dengan iklim tropis. Sebaran hutan jenis ini di sekitar garis khatulistiwa yang membentang mulai dari Asia, Afrika, Amerika Selatan, hingga sebagian kecil di Australia.
Hutan hujan tropis terletak di daerah seperti Asia Tenggara, Sungai Kongo di Afrika Tengah, dan Amazon di Amerika Selatan. Selain itu, terdapat juga di pulau Madagaskar dan Pulau Nugini-Australia.
  • Hutan Hujan Tropis di Amerika Selatan

Hutan hujan tropis terbesar di dunia terletak di Amerika Selatan. Hampir setengah dari luas hutan hujan dunia terletak di daerah ini. Blok hutan ini biasa disebut juga neotropics, secara harfiah memiliki arti hutan tropis baru.Hutan ini tersebar di sepanjang sungai Onoroco dan sungai Amazon. Basin atau Daerah Aliran Sungai (DAS) sungai Onoroco terletak di Venezuela dan bagian timur Kolombia, sedangkan basin sungai Amazon terletak di bagian utara dan tengah Brasil.Selain itu, terpisah dari blok di atas, terdapat juga hutan hujan yang berada di bagian selatan Mexico yang memanjang sampai ke Guatemala, Panama, Costa Rica, hingga Ekuador dan juga kepulauan Karibia.
  • Hutan Hujan Tropis di Afrika

Blok hutan hujan tropis terbesar kedua terletak di Afrika yaitu di sekitar sungai Kongo. Setengah kawasannya termasuk ke dalam wilayah negara Republik Demokratik Kongo (dulunya bernama Zaire) dan sisanya tersebar di Republik Kongo, Gabon, dan Kamerun.Agak sedikit terpisah dari bagian blok utama, ada beberapa bagian hutan tropis di bagian barat Afrika yang wilayahnya meliputi Pantai Gading, Ghana, Liberia hingga sampai ke bagian timur Sierra Leone. Blok utama di Afrika Tengah dengan blok di Afrika Barat terpisah sejauh 300 km.
  • Asia

Blok hutan hujan tropis terbesar ketiga terletak di Semenanjung Malaya dan Indonesia. Di Indonesia hutan hujan tersebar hampir di setiap pulau besar, seperti Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.Selain itu, juga ditemukan di beberapa wilayah di Filipina. Di Semenanjung Malaya, hutan hujan tropis meliputi wilayah Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Laos dan Myanmar.Sebagian kecil lagi di temukan di Tiongkok bagian selatan dan Taiwan. Kemudian, terdapat juga di wilayah Asia Selatan, seperti Sri langka, India dan Pakistan.
  • Madagaskar

Blok yang ke empat terdapat di pulau Madagaskar. Sebenarnya iklim di Madagaskar cenderung kering, sehingga hutan hujan tropis hanya dapat ditemukan di sebagian kecil wilayah pulau tersebut.Hutan hujan di Madagaskar dapat dijumpai pada sisi timur yang membentang dari utara ke selatan sepanjang 120 km. Hutan Madagaskar dikenal memiliki keunikan tersendiri, yaitu seperti pulau yang terisolasi dari dunia lain, memiliki flora dan faunanya yang khas yang tidak ditemukan di tempat-tempat lainnya.
  • Papua Nugini dan Australia

Blok hutan hujan tropis yang berada di pulau Papua dapat dikatakan memiliki karakteristik flora dan fauna yang berbeda dengan blok Asia Tenggara. Pulau Papua terbagi menjadi dua wilayah. Bagian barat pulau Papua termasuk ke dalam bagian negara Indonesia dan bagian timur menjadi bagian negara Papua Nugini.
Selain itu, dalam konsentrasi yang lebih kecil juga terdapat hutan hujan tropis yang ada di bagian utara Australia meliputi Cooktown dan Townsville yang memiliki karakteristik hampir sama dengan hutan di Papua.


Itulah penjelasan singkat tentang pengertian dan ciri-ciri hutan hujan tropis yang dapat kamu ketahui. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan jika ada kesalahan mohon di maafkan, sekian dan terimakasih.


Penelusuran yang terkait dengan Hutan Hujan Tropis
  • hutan hujan tropis di indonesia
  • flora dan fauna hutan hujan tropis
  • manfaat hutan hujan tropis
  • vegetasi hutan hujan tropis
  • pengertian hutan hujan tropis
  • ciri-ciri hutan hujan tropis
  • hutan hujan tropis adalah tipe hutan di kawasan tropis yang selalu diguyur hujan sepanjang tahun
  • hutan hujan tropis terdapat di
  • gambar hutan hujan tropis
  • makalah tentang hutan hujan tropis
  • struktur hutan hujan tropis
  • proses terbentuknya hutan hujan tropis

Post a Comment for "Pengertian Hutan Hujan Tropis Meliputi Ciri-Ciri, serta Fungsi dan Manfaat Hutan Hujan Tropis "