Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tanah Organosol dilengkapi Meliputi Jenis, Ciri, dan Pemanfaatannya Secara Lengkap

Pengertian tanah organosol

Pengertian tanah organosol adalah tanah yang terbentuk dari pelapukan bahan-bahan organik seperti gambut, rumput dan rating pohon umumnya banyak dijumpai di daerah rawa. Dikenal juga dengan sebutan tanah Gambut, proses pembentukannya terjadi karena pelapukan bahan organik seperti rating rating pohon, rumput, dan gambut yang tergenang air sehingga mengalami pembusukan. Jenis tanah ini umumnya dapat kita temukan di daerah yang memiliki curah hujan lebih dari 2500 mm / tahun.


Ciri-Ciri Tanah Organosol

Berdasarkan proses terbentuknya, tanah Organosol memiliki karakteristik yang berbeda dengan jenis tanah lain. Berikut adalah karakteristik atau ciri-ciri tanah Organosol yang harus Anda ketahui yang nantinya akan menentukan bagaimana tanah tersebut dapat dimanfaatkan.

1. Terbentuk dari Proses Pembusukan
Karakteristik utama dari tanah Organosol adalah proses pembentukannya. Tanah organosol terbentuk dari proses pelapukan atau pembusukan bahan-bahan organik dari tumbuhan kering yang jatuh dari pohonnya. Pembusukan atau pelapukan ini juga dibantu oleh organisme dekomposer yang berperan dalam terjadinya proses pembusukan tersebut.

2. Terkandung Bahan Organik yang Tinggi
Ciri selanjutnya dari tanah Organosol adalah kandungan di dalam tanah jenis ini. Tanah organosol memiliki kandungan bahan organik yang sangat tinggi. Hal ini tak terlepas dari proses pembentukan tanah yang melibatkan peran organisme lain untuk membantu proses pembusukannya.

3. Berwarna Coklat Tua Kehitaman
Tanah Organosol memiliki ciri-ciri berwarna coklat tua cenderung kehitaman. Hal ini disebabkan karena di dalam tanah jenis ini terdapat kandungan organik yang tinggi yang membuat warnanya coklat kehitaman. Tak hanya itu, tekstur tanahnya juga cenderung lebih mudah basah. Hal ini juga disebabkan karena tanah Organosol kebanyakan ditemukan di daerah yang lembab dan basah.

4. Tingkat Kesuburan Tinggi
Tanah Organosol terdiri dari dua jenis, yaitu tanah gambut dan tanah humus. Tanah humus ini merupakan jenis tanah Organosol yang memiliki tingkat kesuburan tinggi. Karena itulah tanah ini banyak dimanfaatkan untuk pertanian.

Jenis- jenis Tanah Organosol

Bila tanah jenis lain mempunyai karakteristik tertentu untuk membedakannya dengan jenis tanah yang lainnya, maka tanah organosol ini masih dipecah lagi menjadi dua jenis. Karena sebelumnya sudah dikatakan bahwa tanah organosol merupakan tanah yang lembab dan sangat banyak mengandung bahan organik, maka dibedakan menjadi tanah organosol humus dan gambut.
Tanah humus dan tanah gambut ini merupakan tanah yang sangat subur dengan banyak sekali kandungan bahan- bahan organiknya. Kedua jenis tanah tersebut merupakan jenis tanah organosol. Lalu, apa saja perbedaan dari kedua jenis tanah tersebut? Adapun perbedaan keduanya akan dipaparklan dalam karakteristik tanah organosol.

Karakteristik Tanah Organosol

Tanah merupakan elemen yang ada di Bumi. Kita, manusia juga hidup di atas tanah dengan memijak tanah. Apabila kita perhatikan tanah yang ada di lingkungan rumah kita terkadang berbeda dengan tanah yang ada di daerah lain. Bahkan apabila kita melihat siaran di televisi, keadaan tanah di Indonesia jauh berbeda dengan tanah yang ada di Arab Saudi. Hal ini menandakan bahwa tanah adalah beraneka ragam.
Suatu jenis tanah dapat diketahui dengan melihat ciri- ciri ataupun karakteristik yang dimiliki oleh tanah tersebut. Seperti halnya tanah organosol ini. Meski sudah dikatakan sebelumnya bahwasannya tanah organosol merupakan tanah yang terbentuk dari pembusukkan bahan- bahan organik dan juga berada di lingkungan  berair, namun tidak ada salahnya jika kita menguraikan karakteristik yang dimiliki oleh tanah ini.
Sebelumnya sudah dikatakan bahwasannya tanah organosol dibagi menjadi dua macam, yakni tanah humus dan gambut. Kedua tanah tersebut mirip namun tetap memiliki perbedaan. Adapaun karakteristik atau ciri- ciri yang dimiliki oleh tanah humus dan gambut adalah sebagai berikut:
  1. Tanah humus
Jenis dari tanah organosol yang pertama adalah tanah humus. Tanah humus merupakan tanah yang biasanya digunakan sebagai lahan pertanian. Adapun ciri- ciri atau karakteristik tanah humus antara lain adalah:
  • Berwarna kehitaman
  • Mudah basah
  • Sangat subur
  • Mengandung sangat banyak bahan organik
  1. Tanah gambut
Jenis dari tanah organosol yang selanjutnya adalah tanah gambut.. Adapun ciri- ciri atau karakteristik tanah gambut antara lain adalah:
  • Memiliki unsur hara yang rendah
  • Tidak terlalu subur apabila dibandingkan dengan tanah humus
  • Memiliki sifat sangat asam
Itulah beberapa ciri atau karakteristik yang dimiliki oleh tanah organosol. Tanah organosol yang dibedakan menjadi dua jenis ini ternyata mempunyai sifat yang berbeda anatara satu dengan lainnya. Tanah humus bersifat sangat subur, sementara tanah gambut tidak terlalu subur, justru bersifat asam


Manfaat Tanah Organosol

Tanah jenis ini kurang cocok digunakan untuk perkembangan sebagian besar tanaman karena miskin unsur hara yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan. Berbeda dengan tanah mineral tanah gambut tidak mampu menyimpan air dengan baik, sebaliknya mampu mengalirkan atau mengeluarkan air dengan sangat baik sehingga tanaman yang ada di atasnya akan langsung kekurangan air jika tanah gambut mengalami kekeringan. Salah satu kesulitan bercocok tanam pada lahan gambut adalah menyesuaikan kadar air, bagaimana agar tanaman tidak terpapar air terlalu banyak tetapi juga tidak boleh kekeringan.

1. Sebagai Lahan Pertanian
Meskipun miskin unsur hara dan memiliki kadar asam yang tinggi tanah jenis organosol masih tetap dapat ditumbuhi beberapa jenis tumbuhan industri yang memilki nilai jual tinggi diantaranya sawit, akasia, karet, kapur naga, resak, punak, jelutung rawa, serta padi. Ya, padi yang merupakan bahan makanan pokok sebagian besar penduduk Indonesia dapat ditanam pada tanah organosol namun dengan perhatian yang sangat intensif pada sektor irigasinya.Penggunaan tanah organosol sebagai lahan pertanian dan perkebunan tetap harus memperhatikan kelestarian lingkungan. Tidak boleh dilakukan sembarangan seperti dengan menebang pohon sembarangan atau mengeringkan tanah secara keseluruhan karena akan berdampak sangat buruk pada lingkungan. Tanah organosol yang telah kering sangat rentan terbakar dan karena kandungan karbonnya yang sangat tinggi kebakaran lahan gambut dapat menyebabkan tingginya kadar karbon yang dilepaskan ke atmosfer sehingga dapat memusnahkan makhluk hidup yang ada di lahan tersebut.

Nah berikut beberapa jenis tanaman yang sangat cocok untuk ditanam diatas tanah ini, yang diantaranya ialah :
  • Pohon Kelapa : Dalam kehidupan sehari-hari sering kita jumpai jenis Pohon kelapa yang mana biasanya pohon ini kerap di tanam pada tanah yang mempunyai kesuburan yang sangat baik, yakni ditanam diatas tanah humus, dengan demikian akan meningkatkan hasil produktivitasnya yang sangat bagus khususnya untuk menghasilkan buah yang melimpah.
  • Pohon karet : Dimana apabila kita ingin membudidayakan Perkebunan karet, maka agar dapat memperoleh hasil yang baik, sobat harus meletakan tanaman tersebut ditanah humus, Mengapa demikian? Karena tanah humus memiliki tingkat kesuburan yang sangat baik, sehingga sobat tidak lagi perlu khawatir terjadinya kekeringan, sebab jenis tanah ini mudah sekali lembab sehingga menjaga kesuburnan tanaman dengan sangat baik.
  • Palawija : Kemudiandapat dimanfaatkan untuk menanam kelapa dan karet, yang mana jenis tanah humus juga sangat berguna untuk dijadikan sebagai sebuah lahan dalam membudidayakan tumbuhan palawija (misalnya seperti tumbuahan singkong, kacang-kacangan, jagung, singkong, kentang kemudian ubi-ubian dan juga talas, dan lain sebagaimnya).


2. Sebagai Sumber Energi
Gambut pada tanah organosol dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi. Hal ini dilakukan dengan menguras air yang terkandung di dalam gambut dan kemudian mengeringkan gambut tersebut. Gambut yang telah benar-benar kering selanjutnya dapat digunakan sebagai bahan bakar. Bahkan di Finlandia telah didirikan pembangkit listrik yang memanfaatkan gambut sebagai bahan bakarnya yang disebut dengan Toppila Power Station.

3. Untuk Keseimbangan Lingkungan
Seperti yang telah disebutkan di atas bahwa tanah organosol mampu menyerap air dengan sangat baik sehingga dapat dimanfaatkan untuk menyerap kelebihan air pada musim penghujan dan menghindari timbulnya banjir. Sementara pada musim kemarau simpanan air pada tanah organosol dapat dimanfaatkan sebagai cadangan jika di daerah tersebut terjadi kekeringan.


Apa yang dimaksud dengan tanah organosol ?
Pengertian tanah organosol ialah merupakan salah satu jenis tanah yang pembentukannya tercipta dari adanya peristiwa pelapukan sejumlah bahan organik misalnya seperti gambut, rumput dan rating pohon dan secara umum biasanya jenis tanah ini dapat dijumpai di daerah rawa.

Apa yang Dimaksud dengan Tanah Humus?
Pengertian mengenai tanah ialah merupakan salah satu jenis tanah yang subur yang mana proses pembentukannya dapat tercipta dari suatu proses pelapukan yang sangat sempurna dari sejumlah bahan organik tumbuh-tumbuhan misalnya seperti bekas dedaunan dan berbagai ranting pepohonan, yang mana secara umum jenis tanah ini dapat kita jumpai di wilayah hutan hujan tropis.

Jelaskan Tanah organosol terdapat di pulau?
Adapun persebaran tanah oraganosol ini ialah, hingga mencapai di seluruh wilayah Indonesia khususnya Diseluruh Kalimantan, Sumatra Selatan, Jawa, dan juga Papua terutama di bagian Selatan.


Nah itulah yang bisa kami sampaikan kali ini mengenai tanah organosol, semoga ulasan kali ini dapat bermanfaat untuk sahabat semua

Penelusuran yang terkait dengan Tanah Organosol
  • gambar tanah organosol
  • proses terbentuknya tanah organosol
  • jenis jenis tanah dan ciri cirinya
  • tanah podsolik
  • gambar tanah aluvial
  • tanah organosol terdapat di pulau
  • jenis-jenis tanah di indonesia pdf
  • tanah terarosa
  • tanah laterit
  • tanah grumusol
  • tanah kapur
  • tanah mediteran

Post a Comment for "Pengertian Tanah Organosol dilengkapi Meliputi Jenis, Ciri, dan Pemanfaatannya Secara Lengkap"