Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Bioma Hutan Gugur Adalah : Daerah Persebaran, Karakteristik, Ciri – Ciri , Jenis Flora dan Fauna Bioma Hutan Gugur


Pengertian Bioma Hutan Gugur

Pengertian dari Bioma adalah ekosistem yang ada di area besar serta luas kemudian didalamnya terdapat berbagai macam flora dan fauna. Ekosistem ini merupakan wilayah yang terbentuk karena adanya berbagai perbedaan pada lokasi geografis serta astronomi.

Pengertian Hutan Gugur adalah satu jenis hutan yang diketahui telah mengalami empat macam musim, yakni:

  1. Musim panas,
  2. Musim dingin,
  3. Musim semi dan
  4. Musim gugur.

Bioma Hutan Gugur merupakan ekosistem yang didalamnya terdapat flora dan fauna khas/ khusus yang ditemukan pada  kawasan hutan dengan empat musim.

 

 Baca Juga: Pengertian Lapisan Troposfer - Ciri-ciri, Manfaat, Kandungan dan Suhu di Lapisan Troposfer

 

Daerah Persebaran Bioma Hutan Gugur

Di negara Canada, Swedia, Finlandia, Norwegia, Rusia, sebagian Amerika Serika yang meliputi daerah yang luas, mulai dari sungai Mississippi hingga pantai Atlantik dan dari Florida hingga Kanada bagian Selatan, Chili, Kazakhstan, Cina dan Jepang. Sedangkan di Indonesia, bioma ini dapat ditemukan di Jawa Barat hingga Jawa Timur.

 

Karakteristik Bioma Hutan Gugur

  1. Mempunyai 4 musim. Panas, gugur, dingin, dan semi.
  2. Curah hujan merata sepanjang tahun antara 75 – 100 cm / tahun
  3. Keanekaragaman jenis tumbuhan lebih sedikit daripada bioma hutan tropis. 
  4. Tumbuhan yang dapat bertahan pada bioma hutan gugur jumlahnya tidak terlalu banyak.
  5. Suhu hutan rata – rata ± 50º F
  6. Terletak di wilayah sub tropis 23,5 derajat Lu dan LS
  7. Pada musim panas: radiasi matahari cukup tinggi, curah hujan tinggi, dan kelembaban tinggi.
  8. Menjelang musim dingin: radiasi matahari mulai berkurang, suhu dan kelembaban mulai turun. tumbuhan sulit mendapatkan air, sehingga warna daun menjadi merah dan cokelat hingga akhirnya berguguran (musim gugur).
  9. Musim dingin: tubuhan gundul (tidak berdaun), daun tidak mengalami fotosintesis, dan beberapa jenis hewan melakukan hibernasi (tidur panjang).
  10. Menjelang musim panas: suhu naik, salju mencair, dan tumbuhan mulai berdaun (musim semi).

 

 

Ciri – Ciri Bioma Hutan Gugur

Ciri – ciri yang ada pada Bioma Hutan Gugur adalah antara lain:

  • Memiliki Curah Hujan sekitar 750 mm – 1.000 mm / tahun
  • Memiliki suhu yang sangat rendah pada saat musim dingin, yaitu mencapai – 30 C dan sangat panas pada saat musim panas, yaitu mencapai 30 C
  • Mempunyai empat musim didalamnya, yaitu musim semi, musim panas, musim dingin dan musim gugur
  • Masing – masing musim rata – rata berlangsung selama tiga bulan saja
  • Tumbuhan yang ada pada iklim sedang menggugurkan daunnya pada waktu musim dingin, sedangkan yang berada pada iklim tropis menggugurkan daunnya pada musim panas
  • Keanekaragaman jenis tumbuhannya tidak terlalu banyak
  • Pohon yang tumbuh rata – rata tinggi tetapi memiliki bentuk daun yang tidak terlalu lebar
  • Jenis pohon yang tumbuh sedikit dan tidak terlalu rapat dikarenakan oleh unsur cahaya matahari yang sangat dibutuhkan oleh tumbuhan hanya terjadi pada musim panas dan semi
  • Tanahnya cukup subur karena saat daun berguguran, daun tersebut banyak tergeletak di lantai lalu mengalami pembusukkan, lalu nutrisi yang terkandung dalam daun diserap oleh lapisan tanah
  • Memiliki dua jenis struktur tanah, yaitu :
    Alfisol, merupakan struktur tanah pada wilayah hutan gugur yang kaya akan sumber-sumber nutrisi di permukaan tanah yang berasal dari dedaunan yang gugur. Nutrisi tersebut didapatkan dari proses penguraian yang dilakukan oleh cacing tanah.
    Ultisol, merupakan struktur tanah yang terdapat di wilayah dengan suhu panas dan terdapat peningkatan iklim yang tinggi. Tanah jenis ultisol merupakan tanah yang sedikit unsur hara, sehinnga selalu mengalami degradasi tetapi sering dijadikan lahan pertanian.

 

 

Jenis Flora dan Fauna Bioma Hutan Gugur

 Hutan gugur memiliki bulan terpanas pada Juli yang bisa mencapai 38⁰C. Karena sebagian besar hujan turun di musim panas maka bisa mencapai 40 cm lebih. Bulan Desember suhu dapat mencapai 1⁰C. Selama musim dingin hujan tidak turun seperti musim panas. Suhu dan kelembaban bisa berubah dalam satu hari, hitungan jam bahkan menit.

Suhu di hutan gugur tidak banyak turun dari siang ke malam. Faktornya adalah 60 - 80% hutan termasuk lembab dan membantu menetralkan suhu agar tetap konstan. Selimut udara lembab mengisolasi hutan membantu menahan panas di malam hari.

Di siang hari, isolator ini mencegah hutan agar tidak terlalu cepat panas. Jadi kalau mau piknik ke hutan gugur anda tidak perlu khawatir tentang perubahan cuaca ekstrim. Flora dan fauna di hutan gugur beradaptasi dengan iklim dengan berhibernasi di musim dingin dan hidup di luar Tanah pada tiga musim selanjutnya. Hewan tersebut telah menyesuaikan dengan Tanah dan tumbuhan di sana.

Pepohonan menyediakan tempat berlindung bagi hewan, sumber makanan dan air. Sebagian hewan berkamuflase agar sesuai dengan warna Tanah. Contoh hewan di bioma hutan gugur diantaranya: rusa, tupai, salamander, ular, katak, serangga, berang-berang dan burung pelatuk.Tumbuhan telah beradaptasi dengan hutan dengan mengarah ke matahari. Banyak hutan gugur telah kehilangan lahan menjadi pertanian dan kota. Perburuan liar juga menjadi masalah di bioma hutan gugur.

 

Karena wilayah bioma hutan gugur memiliki empat musim, maka variasi tumbuhan yang ada hanya sedikit karena hanya tumbuhan yang tahan terhadap empat musim itulah yang dapat bertahan hidup. Pada saat pergantian musim, terdapat beberapa perubahan yang terjadi yang merupakan proses dari adaptasi tumbuhan terhadap lingkungannya, yaitu:

  • Pada musim panas, radiasi matahari , curah hujan dan kelembapan cukup tinggi seingga pohon – pohon tumbuh dengan daun yang lebat dan membentuk tudung, tetapi cahaya matahari masih dapat masuk
  • Menjelang musim dingin, radiasi matahari, suhu dan kelembapan mulai berkurang dan tumbuhan sulit mendapatkan air, sehingga warna daun menjadi merah dan cokelat hingga akhirnya berguguran.
  • Pada musim dingin, tumbuhan tidak memiliki daun karena sudah gugur, daun yang belum gugur tidak mengalami fotosintesis, dan beberapa jenis hewan melakukan hibernasi
  • Pada musim semi atau saat menjelang musim panas, suhu udara mulai naik sehingga salju mencair, dan daun pada tumbuhan mulai tumbuh serta hewan – hewan yang berhibernasi mulai aktif kembali.


Fakta Hutan Gugur


Selain deforestasi dan penggembalaan berlebihan, praktik pertanian memiliki hutan gugur di seluruh dunia. Mereka juga beberapa dari hutan pertama yang dikonversi oleh masyarakat untuk penggunaan pertanian. Daun lebar pada pohon-pohon di hutan gugur beriklim sedang membantu menyediakan naungan untuk semak dan tanaman lain di tanah. Sementara berbagai macam hewan dan burung menemukan rumah di hutan-hutan ini, populasi mereka berkurang ketika manusia terus menebangi pohon-pohon dan menggunakan tanah untuk tujuan lain


Suhu yang relatif hangat dan iklim basah dari hutan gugur menjadikannya habitat yang sangat baik bagi banyak spesies reptil dan amfibi yang tidak dapat hidup dalam bioma yang lebih dingin. Kodok, katak kayu, dan salamander hidup di lantai hutan, banyak yang disamarkan untuk meniru orang mati, daun membusuk yang melapisi tanah. Reptil seperti kura-kura kotak dan ular tikus hadir. Berbagai macam serangga juga hidup di hutan gugur; dedaunan pohon menyediakan makanan untuk ulat ngengat dan kupu-kupu, dan kayunya merupakan rumah bagi rayap dan lebah kayu.

 

 Baca Juga: Bioma Stepa : Pengertian, Proses, Ciri-ciri dan Persebarannya Secara Lengkap

 

 Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Bioma Hutan Gugur Adalah : Daerah Persebaran, Karakteristik, Ciri – Ciri , Jenis Flora dan Fauna Bioma Hutan Gugur .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

 Penelusuran yang terkait dengan Bioma Hutan Gugur

  • bioma taiga
  • bioma hutan hujan tropis
  • pertanyaan tentang bioma hutan gugur
  • populasi tumbuhan yang mendominasi bioma hutan gugur adalah
  • pengertian hutan gugur
  • bioma sabana
  • bioma tundra
  • makalah tentang bioma hutan gugur

Post a Comment for "Pengertian Bioma Hutan Gugur Adalah : Daerah Persebaran, Karakteristik, Ciri – Ciri , Jenis Flora dan Fauna Bioma Hutan Gugur"