Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Ekosistem Sungai Adalah : Karakteristik, Ciri-Ciri, Komponen, Pembagian Zona dan Manfaat Ekosistem Sungai


Pengertian Ekosistem sungai

Ekosistem sungai adalah aliran air yang mengalirkan lanskap, dan mencakup interaksi biotik (hidup) antara tumbuhan, hewan dan mikro-organisme, serta interaksi fisik dan kimia abiotik (tidak hidup) dari banyak bagiannya.  Ekosistem sungai adalah bagian dari jaringan DAS yang lebih besar atau daerah tangkapan air, di mana aliran hulu yang lebih kecil mengalir ke aliran berukuran sedang, yang secara bertahap mengalir ke jaringan sungai yang lebih besar.
Aliran di Taman Nasional dan Taman Kota Redwood ini bersama dengan lingkungannya dapat dianggap membentuk ekosistem sungai.

Ekosistem sungai adalah contoh utama dari ekosistem lotik. Lotic mengacu pada air yang mengalir, dari bahasa Latin teratai , yang berarti dicuci. Perairan liar berkisar dari mata air yang hanya selebar beberapa sentimeter hingga sungai - sungai besar yang lebarnya beberapa kilometer. Sebagian besar artikel ini berlaku untuk ekosistem lotik secara umum, termasuk sistem lotik terkait seperti sungai dan mata air . Ekosistem lotik dapat dibandingkan dengan ekosistem lentik , yang melibatkan perairan darat yang relatif tenang seperti danau, kolam, dan lahan basah . Bersama-sama, kedua ekosistem ini membentuk wilayah studi air tawar yang lebih umum atauekologi akuatik .

Karakteristik pemersatu berikut membuat ekologi perairan mengalir unik di antara habitat perairan.

  • Arus searah.
  • Ada keadaan perubahan fisik yang terus menerus.
  • Ada heterogenitas spasial dan temporal yang tinggi di semua skala ( habitat mikro ).
  • Variabilitas antara sistem lotik cukup tinggi.
  • Biota dikhususkan untuk hidup dengan kondisi arus.

 

 Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Guinea - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Guinea Secara Lengkap

 

 Ciri-Ciri Ekosistem Sungai

Berikut ini beberapa ciri dari habitat sungai, diantaranya:

  1. Air mengalir dari hulu ke hilir dan bermuara ke laut.
  2. Variasi dari kondisi fisik kimiawi dalam tingkatan aliran sungai cukup tinggi.
  3. Tumbuhan dan hewan yang hidup di dalam sungai sudah berdadaptasi dengan kondisi sungai secara terus menerus.
  4. Terjadinya perubahan fisik dan unsur kimiawi ekosistem berlangsung secara terus menerus, seperti terjadinya pengendapan, keadaan unsur oksigen dan mineral dalam air.

 

Komponen Ekosistem Sungai

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa ekosistem adalah suatu interaksi yang melibatkan makhluk hidup dengan lingkungannya . Hal ini berarti ekosistem meliputi interaksi komponen biotik dan juga komponen abiotik. Komponen biotik dan abiotik ini merupakan komponen- komponen yang dimiliki oleh semua jenis ekosistem, termasuk ekosistem sungai ini. Komponen- komponen yang dimiliki oleh ekosistem sungai adalah sebagai berikut:

  • Komponen biotik. Komponen biotik merupakan komponen yang terdiri dari makhluk hidup, baik tumbuhan maupun binatang. Ekosistem sungai mempunyai banyak sekali komponen biotik, seperti tumbuhan (contoh: ganggang, angkung liar, enceng gondok, lumut, dan lain sebagainya), binatang (contoh: sipur, keong, remis, kerang, udang , ular, serangga, dan lain sebagainya), fitoplankton, zooplankton, serta organisme lainnya.
  • Komponen abiotik. berkebalikan dengan komponen biotik, komponen abiotik ini merupakan komponen ekosistem yang berbentuk benda- benda tak hidup. Namun, meski benda- benda tersebut tak hidup, keberadaan benda- benda tersebut tetap berpengaruh terhadap kelangsungan hidup komponen biotik yang ada di ekosistem tersebut. Beberapa komponen abiotik yang berada di ekosistem sungai antara lain: batu , suhu, cahaya matahari, kelembaban udara , dan lain sebagainya.

 

Pembagian Zona Ekosistem Sungai

Ekosistem sungai dibagi ke dalam dua zona, yaitu:

Zona Air Deras

Zona air deras merupakan zona yang cenderung berada di wilayah dangkal dengan arus air mengalir deras atau sangat tinggi.Biasanya zona air deras berada di bagian hulu sungai atau di pegunungan.Manfaat dari zona air deras dapat mengakibatkan bagian dasar sungai menjadi bersih dari berbagai macam endapan atau material yang ada sehingga bagian dasarnya cenderung terasa padat.Dalam zona air deras dapat ditemukan bentos atau organisme ferifitik yang bisa melekat dan berpegang pada dasar yang keras dan padat, serta ikan-ikan yang dapat berenang di aliran air deras.

Zona Aliran Tenang

Zona aliran tenang merupakan zona yang berada di wilayah sedikit lebih dalam atau di arus yang tidak terlalu deras.Biasanya zona alirang tenang berada di wilayah landai dan ditemukan lumpur serta bahan endapan yang mengendap di dasar sungai.Dengan banyaknya bahan endapan yang mengendap membuat dasar sungai tidak akan terasa keras atau lebih lunak.Dalam zona aliran tenang banyak ditemukan nekton dan planton yang dapat menggali dasar sungai serta ikan-ikan yang tidak dapat berenang di aliran air deras

 

 Manfaat Ekosistem Sungai

Habitat air tawar termasuk sungai sangat penting bagi lingkungan, dan makhluk hidup lainnya khusnya bagi manusia. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  1. Didalam habitat sungai terdapat sumber yang dapat memenuhi kebutuhan terutama air, dan makanan yang mudah di dapatkan.
  2. Komponen air tawar pada sungai merupakan salah satu siklus hidrologi (siklus air) yang sangat penting.
  3. Memiliki sifat termal yaitu dia dapat mereduksi perubahan suhu, sehingga perubahan suhu dalam air terjadi lambat daripada udara.
  4. Menjadi tempat tinggal dan berkembang biak bagi ekosistem biotik air tawar khususnya ikan.
  5. Sungai dapat dijadikan tempat rekreasi seperti berenang dan memancing.
  6. Sungai sebagai sumber air untuk bendungan dan irigrasi pengairan area pertanian.

 

 Baca Juga: Sekilas Tentang Negara Senegal - Sejarah, Lambang Negara, Demografi dan Pembagian Wilayah Administrasi Senegal Secara Lengkap

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Ekosistem Sungai Adalah : Karakteristik,  Ciri-Ciri, Komponen, Pembagian Zona dan  Manfaat Ekosistem Sungai .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

Penelusuran yang terkait dengan Pembagian Zona Ekosistem Sungai

  • perbedaan ekosistem sungai dan sawah
  • komponen abiotik ekosistem sungai
  • ciri-ciri ekosistem sungai
  • gambar ekosistem sungai
  • rantai makanan ekosistem sungai
  • ekosistem sawah
  • interaksi ekosistem sungai
  • makalah ekosistem sungai

Post a Comment for "Pengertian Ekosistem Sungai Adalah : Karakteristik, Ciri-Ciri, Komponen, Pembagian Zona dan Manfaat Ekosistem Sungai"