Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Rawa Adalah : Ciri-ciri, Macam- Macam, Ekosistem, Manfaat Rawa dan Contoh Rawa yang ada Di Indonesia Secara Lengkap


Pengertian Rawa


Rawa adalah lahan genangan air secara ilmiah yang terjadi terus-menerus atau musiman akibat drainase yang terhambat serta mempunyai ciri-ciri khusus secara fisika, kimiawi dan biologis. Di Indonesia, rawa - rawa biasanya terdapat di hutan. Umumnya, rawa dibedakan menjadi dua kelompok utama; rawa air tawar yang dapat ditemukan di pedalaman hutan, dan rawa air asin yang berada di sepanjang wilayah pantai.

Definisi yang lain dari rawa adalah semua macam tanah berlumpur yang terbuat secara alami, atau buatan manusia dengan mencampurkan air tawar dan air laut, secara permanen atau sementara, termasuk daerah laut yang dalam airnya kurang dari 6 m pada saat air surut yakni rawa dan tanah pasang surut. Rawa-rawa yang memiliki penuh nutrisi adalah gudang harta ekologis untuk kehidupan berbagai macam makhluk hidup. Rawa-rawa juga disebut "pembersih alamiah", karena rawa-rawa itu berfungsi untuk mencegah polusi atau pencemaran lingkungan alam. Dengan alasan itu, rawa-rawa memiliki nilai tinggi dalam segi ekonomi, budaya, lingkungan hidup dan lain-lain, sehingga lingkungan rawa harus tetap dijaga kelestariannya. 

 

Baca Juga:  Pengertian Ekosistem Sungai Meliputi Ciri-ciri, Komponen, Manfaatnya, Zona Sungai dan Cara-Cara Melestarikan Sungai

 

Ciri-ciri rawa

Beberapa ciri-ciri rawa yakni

  • Warna air cenderung keruh bahkan terkadang merah
  • Pada umumnya terdapat di cekungan dengan topografi sekitar relatif datar
  • Airnya bersifat asam karena selalu terjadi penggenangan
  • Sifat kimia tanahnya anorganik dan mengandung pirit
  • Bagian dasar berupa tanah gambut
  • Bagian permukaan ditutupi oleh tumbuhan air seperti bakau dan eceng gondok
  • Terdapat banyak sarang nyamuk

 

 

Macam- Macam Rawa

Tahukah Anda bahwasannya rawa ini mempunyai bererapa jenis? Ternyata rawa ini mempunyai beragam jenis dan tidak hanya terdiri dari satu jenis saja. Berbagai macam jenis rawa tersebut antara lain dibedakan dari segi kandungan airnya. Dari segi kandungan airnya ini rawa- rawa dibedakan menjadi tiga macam yakni:

  1. Rawa air tawar

Rawa memang terkenal memiliki air yang tawar. Rawa air tawar ini merupakan rawa yang airnya tawar dan airnya tidak mengalami pergerakan. Rawa yang demikian ini biasanya terdapat di area hutan- hutan dengan lokasinya dekat dengan aliran sungai. Air rawa jenis ini mempunyai sifat asam dikarenakan banyak sisa- sisa jasad makhluk hidup yang membusuk.

  1. Rawa air asin

Meskipun lebih dikenal dengan air tawar, namun ternyata ada pula jenis rawa yang mempunyai air yang asin. Rawa yang memiliki air asin ini biasanya terdapat di sekitar pantai. Pada jenis rawa yang demikian ini, air dapat mengalami pergerakan sehingga terjadi pergantian air. Hal ini terjadi karena adanya gelombang laut pasang yang merendam sebagian atau seluruh kawasan rawa. Air rawa jenis ini biasanya tidak terlalu asam seperti jenis rawa yang pertama.

  1. Rawa air payau

Rawa air payau ini merupakan rawa yang memiliki air yang bercampur dari air tawar dan juga air asin. Rawa yang seperti ini biasanya berada di dekat muara sungai dan air rawa ini dapat mengalami pergerakan, sehingga airnya dapat mengalami pergantian. Sama seperti rawa air asin, rawa jenis ini biasanya airnya tidak terlalu asin.

 

Ekosistem Rawa 

Ekosistem Rawa adalah salah satu ekosistem lahan basah alami baik yang dipengaruhi air pasang surut maupun tidak dipengaruhi pasang surut, sebagian kondisi airnya payau, asin, atau tawar dan memiliki vegetasi unik yang sesuai dengan kondisi airnya. Tipe ekosistem Rawa gambut merupakan tipe ekosistem yang mempunyai kemampuan paling tinggi dalam menyimpan dan menampung gas rumah kaca karbondioksida (CO2), yaitu gas yang berperan dalam perubahan iklim, dibandingkan dengan seluruh tipe ekosistem lain yang ada.
Sebagai sumber daya lahan, Rawa secara tradisional telah dimanfaatkan oleh masyarakat untuk tempat tinggal, lahan pertanian, perikanan, dan untuk memenuhi kebutuhan hidup lainnya. Di masa kini dan mendatang, Rawa merupakan sumber daya lahan penting untuk pangan dan beberapa tanaman industri. Bahkan, beberapa pusat permukiman dan kegiatan ekonomi yang ada sekarang ini merupakan hasil Pengembangan Rawa.
Keberadaan Rawa terkait dengan dinamika penduduk dan komoditas dari suatu ruang ke ruang lainnya, merupakan tuntutan kebutuhan perkembangan budaya bangsa Indonesia. Dalam hal ini Rawa di Indonesia, utamanya Rawa yang berada di pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua, mempunyai potensi kodrat geografis sekaligus geopolitis yang strategis yaitu sebagai kawasan strategis dari negara kepulauan Indonesia yang berada tepat di silang pertemuan poros hubungan Samudera Pasific-Hindia dan Benua Asia-Australia.

 

 Manfaat Rawa

Rawa mempunyai banyak manfaat dalam berbagai keperluan, manfaat tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Rawa dimanfaatkan sebagai sumber mata air
  2. Rawa dimanfaatkan untuk melindungi ekosistem bagi mereka yang tinggal di daerah pesisir
  3. Rawa dimanfaatkan untuk melindungi lingkungan dari banjir
  4. Rawa dimanfaatkan sebagai sumber mata pencaharian
  5. Rawa dimanfaatkan sebagai lahan untuk membuat daratan
  6. Rawa dimanfaatkan sebagai sumber konsumsi
  7. Rawa dimanfaatkan untuk lokasi wisata
  8. Rawa dimanfaatkan sebagai pembudidayaan ikan
  9. Rawa dapat digunakan untuk menggemburkan tanah
  10. Rawa dimanfaatkan untuk memperbaiki kualitas udara

 

 Baca Juga: Pengertian Sumber Daya Alam Meliputi Jenisnya, Contohnya, dan Pemanfaatannya

 

Daftar Rawa Terbesar Di Indonesia

Dalam hal ini ada beberapa rawa-rawa yang paling besar yang ada di Indonesia diantaranya adalah sebagai berikut: 

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Pening

Rawa Pening ini adalah memiliki artinya sebagai Rawa yang rawa tersebut jernih . namun untuk saat ini rawa tersebut terlihat kurang jernih. Namun untuk para wisatawan yang ingin berkunjung di tempat ini dapat menikmati keindahan alam yang mempesona yang ada di Rawa Pening ini.

Rawa Pening ini terletak di Kabupaten Semarang lebih tepatnya di Jawa Tengah. Rawa ini memiliki luas hingga mencapai 2.670 hektar. selain itu wisatawan yang memang ingin berkunjung di tempat ini akan di hadapkan dengan keindahan rawa pening tersebut dengan berbagai macam jenis tumbuhan yang ada dan juga wisatawan dapat memancing di rawa tersebut. Dan di rawa pening ini terdapat banyak sekali eceng gondok yang telah di manfaatkan oleh penduduk yang ada di sekitarnya untuk pembuatan kerajinan tangan.

Rawa Terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Binong

Rawa Binong ini terdapat di daerah Cikarang lebih tepatnya di daerah Cikarang Pusat. Lebih tepatnya di Bekasi, Jawa Barat. Karena tempat ini dahulunya akan di jadikan sebagai tempat wisata maka dari itu terdapat beberapa tempat untuk di perbaiki.

Rawa Binong ini memiliki panjang hingga 110 meter. Saat ada wisatawan yang berkunjung di tempat ini wisatawan juga dapat duduk santai serta memancing di tempat ini. karena adanya hal ini penduduk berharap dapat di jadikan untuk meningkatkan penghasilan penduduk yang ada di sekitar rawa tersebut.

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Bayu

Pemandanagan yang ada di Rawa Bayu ini masih terkenal sangat Indah dan sangat Alami. Rawa ini terletak di daerah Hutan Petak 8 yang merupakan bagian dari Kesatuan Hutan Rogojampi lebih tepatnya kecamatan Songgon, Banyuwangi. Rawa Bayu ini berada di ketinggian hampir 800 meter di atas permukaan laut.

Di rawa tersebut terdapat bangunan candi yang di sebut dengan candi Puncak Agung Macan Putih. Keindahan yang ada di rawa ini membuat banyak pengunjung menjadi terpesona dan menarik banyak wisatawan lainnya. 

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Biru

Rawa ini terletak di daerah Banyuwangi, di desa Buluagung lebih tepatnya di Kecamatan Siliragung. Rawa ini berada berdekatan dengan dua Pantai yaitu Pantai Grajagan dan juga Pantai Lampon. Rawa ini memang terlihat sangat indah dan juga mempesona apalagi pantai yangberdekatan dengan rawa tersebut saat terdengar ombak dan juga angin, membuat tempat ini sangat indah dan juga mempesona.

Di tempat ini juga wisatawan akan melihat berbagai macam jenis tumbuhan dan juga hewan yang ada di Rawa tersebut. 

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Lakbok

Rawa Lakbok adalah Rawa Gambut adalah gambar yang memiliki luas hingga mencapai 3000 hektare. Rawa ini memiliki kedalaman dengan 6 hingga 10 meter. Rawa ini memiliki reklamasi rawa sejak tahun 1924. Rawa Lakbok ini banyak sekali tumbuhan dengan berbagai macam tumbuhan. Rawa Lakbok ini berada di daerah Jawa Barat. 

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Tripa

Rawa Tripa adalah rawa yang memiliki luas 61803 hektar. Rawa ini berada di Provinsi Aceh, yang berada di bagian utara lebih tepatnya di Pulau Sumatera. Rawa Tripa ini adalah terdapat berbagai macam hayati yang sangat banyak.

Rawa Tripa ini adalah sebuah tempat yang di manfaatkan oleh penduduknya dengan berbagai macam hayati. Rawa ini memiliki karbon yang paling besar di Aceh. Di rawa ini juga terdapat orang utan. Pada saat itu terdapat sekitar 280 ekor dan merupakan 4 % dari jumlah keseluruhan yang ada di provinsi Aceh ini. rawa ini telah menampung sekitar 50 sampai dengan 100 ton karbon, namun hal ini berkurang karena ada kabut. Sehingga hal ini lah yang membuat rawa ini menjadi rawa yang sangat terkenal.

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa lebak

Perlu di ketahui bahwa setiap tahun rawa Lebak ini pasti mengalami genangan sampai 50 cm. Rawa ini juga sering di sebut sebagai rawa pedalaman. Pada saat musim hujan rawa ini tergenang dengan air karena telah terkena dari sungai–sungai yang ada di sekitar sungai tersebut.

Rawa lebak ini adalah suatu wilayah dataran yang cekung yang telah di batasi oleh satu sampai dua tanggul sungai tersebut. Rawa ini berada di daerah dataran tinggi. Dalam hal ini rawa lebak secara luas dapat di bedakan menjadi beberapa bagian. 

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Singkel

Rawa ini adalah sebuah rawa yang di jadikan sebagai daerah tangkapan air. Rawa Singkil adalah sebuah kekayaan yang sangat unik dan juga memiliki nilai yang amat penting dalam kehidupan manusia.

Dalam hal ini rawa memiliki berbagai macam jenis ekosistem dalam daerah itu.  Rawa Singkel pada tahun 1997 merupakan sebuah kawasan hutan yang rawanya paling akhir dan juga paling utuh yang berada di daerah Sumatera Barat. kawasan ini memiliki ekosistem yang digunakan sebagai lahan basah yang ada di daratan rendah tersebut. Hutan Rawa Singkil adalah daerah yang berada di kawasan hutan rawa pantai yang berada di pantaiaceh bagian barat.  rawa singkel ini telah di buka sekitar 75 ribu tahun yang lalu.  

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Purba Tulungagung

Rawa ini adalah sebuah rawa yang sangat terkenal di Daerah Jawa. Namun saat ini sulit sekali menemukan rawa di daerah ini. keadaa kondisi sub tropis yang ada di rawa tersebut adalah dengan keadaan banjir yang ada di daerah ini. sehingga membuat darh ini mengalami beberapa erubahan hingga akhirnya rawa di daerah ini menjadi berubah.

Dalam hal ini sejak tahun 1939 genangan air yang ada di rawa Purba mengalami perluasan samapi dengan 28 hektar, hal ini di sebabkan karena adanya hujan yang turun terus menerus. Namun sekitar tahun 1961 genangan air tersebut telah mengalami perubahan dan telah di perkecil sampai 13.600 hektar. hal ini membuat daerah ini sering terjadi banjir.

Rawa terbesar yang ada di Indonesia adalah Rawa Gesikan

Sungai ini adalah sungai yang berada di daerah yang kering. Setiap tahunya daerah ini mengalami kebanjiran apalagi saat musim hujan. Penduduk yang ada di desa ini adalah sebagai seorang nelayan. Dan ada juga yang mencari penghasilan sebagai seorang petani.

Sehingga dalam hal ini orang yang berada di daerah ini biasanya saat musim hujan akan membuat berupa makanan seperti tiwul, gemul dan masih banyak yang lainnya. Dalam hal ini lah membuat rawa ini termasuk kedalam rawa yang indah dan juga tempat yang besar di daerah Jawa ini.perlu diketahui bahwa karena Desa Gesikan ini termasuk kedalam dewa yang dikelilingi dengan rawa namun kehidupan yang ada di sini tetap tercukupi dan tidak kekurangan.

 

Baca Juga: Pengertian Asteroid Meliputi Ciri, Klasifikasi dan Contohnya [ LENGKAP ]

 

Demikian  Penjelasan Tentang Pengertian Rawa Adalah : Ciri-ciri, Macam- Macam, Ekosistem, Manfaat Rawa dan Contoh Rawa yang ada Di Indonesia Secara Lengkap .Semoga Bermanfaat dan jangan Lupa Selalu Kunjungi ilmuips.my.id.

 

Penelusuran yang terkait dengan rawa-rawa adalah

  • kawasan rawa yang selalu tergenang air dapat dimanfaatkan manusia untuk
  • jenis-jenis rawa
  • rawa adalah brainly
  • manfaat rawa
  • apa yang dimaksud dengan rawa
  • perbedaan lahan rawa dan gambut
  • salah satu ciri rawa adalah terdapat tanaman air seperti
  • karakteristik rawa

Post a Comment for "Pengertian Rawa Adalah : Ciri-ciri, Macam- Macam, Ekosistem, Manfaat Rawa dan Contoh Rawa yang ada Di Indonesia Secara Lengkap"