Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian File Menurut Para Ahli Beserta Jenis- Jenis dan Contohnya Secara Jelas

Definisi Atau Pengertian File Secara Jelas
Definisi atau pengertian

 Sering kali di jaman yang moderen ini kita mendengar nama file komputer, apakah itu file? Inilah penjelasannya.File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Atau Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.
File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing tergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file adalah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file.

Pada dasarnya file pada komputer tersebut tersimpan di dalam sebuah folder tertentu, tergantung di mana si pemilik file ingin menyimpannya. Masing-masing dari file tersebut memiliki ekstensi yang berbeda sesuai dengan jenis filenya.Pengertian ekstensi file ini ialah suatu tanda yang membedakan antara satu jenis file dengan jenis file lainnya. Misalnya, file gambar akan mempunyai ekstensi jpg, gif, png, serta lain-lain. Sedangkan untuk file video ini  akan memiliki ekstensia mpeg, avi, mp4, wmv, serta lain-lain.


Pengertian File Menurut Para Ahli

Beberapa ahli di bidang ilmu komputer pernah menjelaskan mengenai definisi file, diantaranya adalah:

1. McLeod (Pearson)

Menurut McLeod (Pearson) pengertian file adalah koleksi rekaman (record) yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya, seperti satu file dari seluruh record yang berisi bidang kode-kode mata kuliah dan namanya.

2. Rachmad Hakim S.

Menurut Rachmad Hakim S pengertian file adalah kumpulan dokumen yang berisi informasi tertentu dan dapat dibuka dengan menggunakan program komputer tertentu.

3. Edi S. Mulyanta

Menurut Edi S Mulyanta pengertian file adalah urutan data yang digunakan untuk melakukan encode informasi digital yang berguna dalam hal pertukaran dan penyimpanan data.

4. Hendrayudi

Menurut Hendrayudi definisi file adalah data-data yang tersimpan dalam sebuah media yang memiliki informasi besar file, tanggal dan jam penyimpanan, ciri file, nama file, dan atribut file tersebut.



Jenis-Jenis File Dalam Komputer dan Fungsinya

Mengacu pada pengertian file yang diuraikan di atas, kata dari file ini diperuntukkan pada bidang komputerisasi. Setelah memahami mengenai apa itu file, tentunya kita juga perlu untuk mengetahui apa saja macam jenis file yang terdapat di komputer.
Jenis-jenis file yang terrdapat di dalam komputer terdapat banyak sekali formatnya. Dibawah ini merupakan jenis-jenis file didalam komputer dengan berdasarkan format filenya:

1. File System

Beberapa ekstensi di dalam file sistem diantaranya ialah sys, com, bak, bat, tmp, serta exe. File sistem ini berfungsi untuk bisa menjalankan program di dalam komputer itu sesuai dengan peruntukkannya, serta juga menjalankan berbagai aplikasi yang diinstal ke dalam komputer.

2. File Video

Beberapa ekstensi pada file video diantaranya ialah mpg, wmv, mp4, 3gp, avi, flv, KV. Masing-masing dari ekstensi ini menunjukkan bahwa masing-masing dari video itu mempunyai jenis pemutar yang berbeda.
Tidak seluruh jenis video itu dapat diputar dengan software yang biasanya terinstal di dalam komputer. terdapat beberapa jenis video yang hanya dapat diputar dengan software tertentu.

3. File Dokumen

Beberapa ekstensi pada file dokumen diantaranya ialah seperti doc, odt, doc, xls, ods, pdf, ppt, txt. Masing-masing dari ekstensi ini menunjukkan jenis file dokumennya, serta hanya dapat dibuka apoabila di dalam komputer tersebut sudah terinstal software atau juga aplikasi yang sesuai.

4. File Gambar

Beberapa ekstensi file gambar diantaranya ialah seperti jpg, jpeg, png, gif, tif, serta lain-lain. Pada umumnya gambar yang dihasilkan oleh sebuah kamera digital ataupun juga kamera manual itu akan berekstensi jpg atau jpeg.
Gambar berekstensi tif, png, serta lainnya biasanya hasil penyimpanan dari software tertentu, misalnya seperti Photoshop, CorelDraw, AutoCad, serta lain-lain.

5. File Suara

Beberapa ekstensi file suara ini diantaranya ialah sebagai berikut wav, mp3, midi, dan rm. Sama halnya dengan file komputer lainnya, tidak seluruh file suara itu bisa dibukan dengan satu aplikasi.
Pengertian File, Jenis-Jenis dan Fungsi File Pada Komputer


Fungsi File

File ini berfungsi sebagai dokumen yang dimiliki oleh pengguna komputer sebagai dokumentasi, sebagai bahan presentasi, sebagai bahan cetak, sebagai bahan materi sebagai hitungan dan sebagai media penyimpanan informasi oleh pengguna komputer.


Perbedaan antara File dan Folder

Pada umumntya file terdiri dari 2 bagian :
  1. Nama file yaitu nama yang kita berikan untuk mengenali file.
  2. Extension file yaitu sebuah kode yang terdiri dari beberapa huruf yang sengaja di berikan secara otomatis oleh program pembuatnya.
Sebagai contoh sebuah file dengan nama” Surat.doc “.
Dalam hal ini “ Surat “ adalah nama file tersebut, sedangkan “ doc “ adalah Extension file yang di berikan oleh pembuatnya.
Berbeda dengan file, folder tidak mempunyai extension. Sehingga folder hanyah terdiri dari nama folder saja. Di dalam sebuah folder kita dapat membuat folder-folder tambahan yang di sebut Sub folder. Folder induk di sebut juga dengan Parent folder dan Sub folder di sebut Child folder.
Biasanya Sub folder dibuat untuk memilah file-file kebeberapa bagian menurut jenis, macam, fungsi dan lain sebagainya. Bila kita langsung meenekan Enter tanpa mengetik senuah nama untuk sub folder baru tersebut maka computer akan secara otomatis memberi nama sub folder baru tersebut dengan nama New folder, New folder 1, New foler 2 dan seterusnya.


Contoh Dan Jenis File Serta Ekstensinya

Berikut ini contoh jenis file dan macam-macam ekstensinya yaitu:
  • System= sys, com, bk, bat, tmp dan exe.
  • Video= avi, KV, mpg, mpeg, wmv, 3gp dan flv.
  • Dokumen= html, doc, odt, xls, ods dan pdf.
  • Suara= wav, rm, mp3 dan midi.
  • Gambar= jpeg, jpg, gif, png tif dan tiff.
  • Dan lain-lain.


Penelusuran yang terkait dengan Pengertian File
  • pengertian file dan folder
  • pengertian file menurut para ahli
  • pengertian file txt
  • contoh file
  • pengertian file dan direktori
  • fungsi file
  • pengertian folder
  • jenis jenis file

Post a Comment for "Pengertian File Menurut Para Ahli Beserta Jenis- Jenis dan Contohnya Secara Jelas"