Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Contoh Teks Pidato Tentang Kebersihan Mudah di Ingat

Pidato merupakan sebuah cara yang memiliki tujuan untuk menyampaikan sebuah ide atau gagasan melalui ungkapan kepada siapapun yang hendak menyaksikan.Nah, pidato sendiri disampaikan dalam bentuk kata-kata, namun yang patut diperhatikan saat berpidato adalah ekspresi wajah, intonasi suara dan gestur yang kamu tunjukkan harus diperhatikan dengan baik. 
Oleh karena itu, orang yang menyaksikan tidak hanya akan mendengarkan suara kamu yang berpidato, tetapi juga melihat secara jelas bagaimana ekspresi wajah dan gerak-gerik yang kita tunjukkan. Seperti pada saat seseorang berpidato di pemakaman. Untuk menunjukkan empati, seseorang yang berpidato harus menunjukkan gestur kesedihan dan empati yang mendalam, agar mereka yang mendengarnya dapat merasakan lebih dalam perasaan keluarga dan kerabat yang tengah berduka.


Tujuan Pidato

Setiap orang yang melakukan pidato pasti memiliki tujuan. Berikut ini adalah tujuan dari pidato.
  • Untuk mempengaruhi orang lain untuk mau mengikuti apa yang kita sampaikan dengan suka rela.
  • Untuk memberi suatu pemahaman atau informasi kepada orang lain yang mendengarkan pidato kita.
  • Untuk membuat orang lain senang dengan pidato yang kita sampaikan sehingga orang lain akan lebih mudah memahami apa yang kita bicarakan.

Isi Utama Dalam Berpidato

Isi utama dalam berpidato perpisahan kelas enam ini umumnya meliputi :
  • Salam pembuka
  • Ucapan terimakasih
  • Ucapan kebahagiaan
  • Tujuan selanjutnya
  • Nasihat dan kiat untuk adik tingkat
  • Kata perpisahan

 

Contoh Pidato

Pidato merupakan kegiatan berbicara yang dilakukan oleh seseorang dengan tujuan menyampaikan suatu hal. Biasanya kegiatan tersebut dilakukan oleh seseorang untuk berorasi di depan khalayak ramai. Hal yang disampaikan dalam berpidato merupakan suatu ide ataupun gagasan. Agar bisa lebih jelasnya perlu untuk memahami beberapa contoh teks pidato singkat.

Pada teks pidato hal wajib yang ada di dalamnya adalah pembuka kemudian isi dan yang terakhir ada penutup. Pada bagian isi, teks pidato berbeda-beda disesuaikan konteksnya. Misalnya, jika pidato ketika acara peringatan hari kartini maka isi dari pidato yang disampaikan adalah tentang hal yang berkaitan dengan hari kartini.

Terdapat banyak macam-macam teks pidato dengan judul berbeda-beda. Bagi yang sedang mencari referensi mengenai contoh dari teks pidato maka penting untuk membaca penjelasan yang akan ditulis di bawah ini. Langsung saja perhatikan contoh-contoh teks pidato sebagai berikut.



Selamat Pagi Bapak/Ibu guru yang kami hormati,

Serta teman-temanku sekalian yang saya cintai

Pertama-tama mari kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunia-Nya sehingga kita dapat berkumpul pada acara pagi hari ini.
Bapak/Ibu guru serta teman-teman yang saya cintai, seperti yang kita ketahui bahwa lingkungan di sekitar kita telah menjadi cerminkan budaya sekolah kita. Alangkah tidak bijaknya jika lingkungan di sekitar kita terlihat tidak enak dipandang dan terasa tidak nyaman lagi. Apalagi sekolah ini telah menjadi rumah kedua kita yang setiap hari kita singgahi guna menuntut ilmu.
Lingkungan sekolah seharusnya selalu terjaga dan memiliki suasana yang sejuk sehingga kita pun dapat lebih konsentrasi dalam proses kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, saya sebagai bagian dari keluarga di sekolah ini sangat menginginkan supaya kita bisa tetap terus menjaga kebersihan lingkungan sekolah yang kita cintai ini. Setiap kelas seharusnya sudah memiliki kedisiplinan tersendiri akan pentingnya kebersihan. Seperti kebijakan yang telah ditetapkan sebelumnya, setiap siswa sudah memiliki jadwal piket masing-masing, sudah sepatutnya teman-teman sekalian selalu datang lebih awal untuk dapat membersihkan kelas terlebih dahulu sehingga ketika pelajaran pertama dimulai, lingkungan kelas kita sudah mulai bersih dan nyaman untuk ditempati.
Dan tidak lupa pula, kita semua sebagai siswa seharusnya selalu sadar bahwa adanya tong sampah bukanlah tanpa tujuan. Anda harusnya bisa belajar taat untuk dapat membuang sampah pada tempatnya, sehingga kebersihan sekolah kita pun tetap terjaga dan terbebas dari sampah-sampah yang berserakan.
Bapak/Ibu guru dan teman-teman yang saya cintai.
Saya berharap dengan adanya tindakan-tindakan kecil yang telah saya sebutkan sebelumnya, diharapkan mampu menyadarkan kita semua untuk menjaga kebersihan lingkungan sekolah. Kebersihan berpengaruh besar terhadap kesehatan maka dari itu kebersihan perlu dijaga oleh kita dan untuk kita juga.kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Akhir kata, terima kasih atas kesempatan diberikannya waktu untuk menyampaikan sepatah dua patah pidato singkat ini, jika ada salah kata semoga bisa dimaafkan.



Pidato Lainnya:
  1. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Mudah Dihafal
  2. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Pendek Terbaru
  3. Pidato Perpisahan Kelas 6 Singkat dan Mudah Dihafal 
  4. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Menyentuh Hati 
  5. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 Untuk MI dan SD 
  6. Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Panjang dan Mengharukan
  7. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 6 yang Sedih, Paling Bagus, dan Singkat
  8. Contoh Pidato Tentang Kejujuran Mudah di Hafal 
  9. Contoh Pidato Perpisahan Sekolah yang Panjang 
  10. Contoh Pidato Singkat Bahasa Jawa Mudah di Hafal 
  11. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 9 SMP Terbaru dan Menarik
  12. Contoh Pidato Perpisahan Kelas 12 SMA Yang Menarik 
  13. Contoh Pidato Perpisahan Sekolah yang Bagus dan Mengharukan

Post a Comment for "Contoh Teks Pidato Tentang Kebersihan Mudah di Ingat"