Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli dan Jenis - Jenisnya Secara Lengkap


Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli :

Dimensi merupakan kata yang sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar orang. Dalam pelajaran matematika kita mengenal bangun datar dua dimensi yang memiliki ukuran panjang dan lebar seperti bujur sangkar, persegi panjang, trapesium, segitiga, dan lain-lain. Ada juga bangun ruang tiga dimensi yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi seperti balok, kubus, bola, tabung, kerucut, dan lain-lain. Dalam teknologi perfilman pun kita juga sering mendengar istilah film tiga dimensi atau 3D dimana menyaksikan film dengan teknologi tiga dimensi membuat film terlihat lebih nyata dan kita seolah-olah ikut masuk ke dalam film tersebut.
Jika merujuk pada kamus besar bahasa Indonesia, pengertian dimensi adalah ukuran yang mencakup panjang, lebar, tinggi, luas, dan lainnya. Definisi dimensi juga bermakna salah satu aspek yang meliputi atribut, elemen, item, fenomena, situasi atau faktor yang membentuk suatu entitas.
Ada beberapa jenis dimensi yang kita kenal diantaranya dimensi nol, dimensi satu, dimensi, dua, dan seterusnya bahkan sampai dimensi sepuluh. Adapun pengertian dimensi dalam seni rupa antara lain sebagai berikut :
  • Dimensi nol artinya sesuatu yang belum memiliki ukuran, hanya berupa sebuah titik yang memiliki posisi tertentu tanpa ukuran.
  • Jika kita memiliki dua buah titik maka kita dapat menghubungkan kedua buah titik itu menjadi sebuah garis, garis inilah yang disebut dimensi satu karena sudah memiliki satu ukuran yaitu panjang.
  • Dimensi dua sudah memiliki dua jenis ukuran yaitu panjang dan lebar, contohnya dapat kita lihat pada bangun datar seperti persegi panjang.
  • Pengertian dimensi tiga adalah dimensi yang selain memiliki ukuran panjang dan lebar, juga memiliki ukuran tinggi atau kedalaman seperti yang dapat kita lihat pada bangun ruang balok. Karena sudah memiliki ukuran kedalaman maka sesuatu yang digambarkan dalam dimensi tiga sudah memiliki volume atau isi. Dimensi tiga inilah yang umumnya kita kenal dalam kehidupan sehari-hari.
Selain untuk menunjukkan ukuran sesuatu, istilah dimensi juga bisa digunakan untuk menunjukkan sisi, bagian, aspek, atau sudut pandang sesuatu. Misalnya istilah dimensi hukum yang maksudnya segi hukum yang menjadi fokus peninjauan. Ada juga istilah dimensi kebudayaan, dimensi moral, dimensi sejarah, dan lain-lain.



Pengertian dimensi sikap adalah konflik yang tak telihat dan terlembagakan dalam kultur seperti toleransi, persepsi, dan nilai. Pendek kata, arti dimensi sikap adalah dimensi yang dinilai dari reaksi seseorang untuk menolak ataupun menerima suatu obyek (Doeced & Weber : 2007)

Pengertian dimensi sosial adalah dimensi yang mencakup budaya, politik, pendidikan, dan ekonomi. (Tommy F. Awuy : 1996)

Arti dimensi sosial menurut Holmes adalah jarak, status sosial, kedekatan dan formalitas.
Definisi dimensi sosial adalah tiga macam dimensi yang mempunyai pengaruh di kehidupan nyata yaitu dimensi fisik, dimensi psikis dan dimensi metafisik yang mana dimensi ini turut serta dalam menentukan kepribadian manusia sebagai sebuah kesatuan. (Kantor Menteri Negara Lingkungan Hidup : 2002)

Pengertian dimensi dalam penelitian adalah indikator ataupun variabel yang dikaji di dalam suatu penelitian yang bertujuan untuk memberikan arahan mengenai pengukurannya. Pendek kata, arti dimensi penelitian adalah variabel-variabel yang penting di dalam penelitian dan variabel tersebut mempunyai hubungan dengan variabel lainnya.

Pengertian dimensi demografi adalah dimensi yang mencakup struktur, ukuran, dan distribusi penduduk, serta juga termasuk kematian, kelahiran, migrasi dan penuaan pada suatu populasi kependudukan.

Pengertian dimensi mutu / pengertian dimensi kualitas menurut Philip Kotler adalah sebagai berikut :
  • Performance / kinerja
  • Feature / ciri ciri tambahan produk
  • Reliability / kehandalan produk
  • Conformance to specifications / kesesuaian dengan spesifikasi
  • Serviceability / kemampuan melayani
  • Durability / daya tahan
  • Estethic / bagaimana pandangan orang terhadap produk
  • Perceived quality / ketepatan kualitas yang dipersepsikan
Pengertian dimensi realitas adalah nilai-nilai dasar yang terdapat pada sebuah ideologi dan bersumber dari budaya dan pengalaman sejarah bangsa atau masyarakatnya. (dimensi realitas menurut dr.alfian)


Beberapa Jenis Dimensi

  1. Dimensi Satu
Dimensi satu merupakan dimensi yang hanya memiliki satu unsur dimensi saja yaitu panjang. Benda-benda dimensi satu dapat bergerak bebas ke arah kanan dan ke arah kiri. Contoh benda dimensi satu adalah garis.
  1. Dimensi Dua
Pengertian dimensi dua adalah dimensi yang memiliki dua unsur dimensi yaitu unsur panjang dan unsur lebar. Benda-benda dimensi dua dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, dan juga bawah.
Benda-benda dimensi dua sering juga disebut dengan istilah bangun datar. Ciri utama benda-benda dimensi dua adalah memiliki luas dan keliling. Beberapa contoh benda dimensi dua yaitu segitiga, persegi panjang, persegi, dll.
  1. Dimensi Tiga
Dimensi tiga merupakan dimensi yang memiliki tiga unsur dimensi yaitu panjang, lebar, dan juga tinggi. Benda-benda dimensi tiga dapat bergerak bebas ke arah kanan, kiri, atas, bawah, depan, dan belakang.
Benda-benda dimensi tiga sering juga disebut dengan istilah bangun ruang. Salah satu ciri utama benda dimensi tiga adalah dapat diisi dengan benda – benda tertentu  atau dengan kata lain memiliki volume. Beberapa contoh benda dimensi tiga yaitu balok, kubus, tabung, kerucut, rumah, mobil, hewan, manusia, dll.
  1. Dimensi Empat
Meskipun masih diperdebatkan, sebagian ahli menyatakan bahwa dimensi sangat terkait dengan masalah waktu. Sehingga, dimensi empat dapat diartikan sebagai dimensi tiga yang dilengkapi dengan dimensi waktu.



Penelusuran terkait
  • Pengertian dimensi dalam PENDIDIKAN
  • Pengertian dimensi hukum
  • Pengertian_ dimensi dalam penelitian
  • Pengertian dimensi dalam seni rupa
  • Pengertian dimensi PDF
  • Pengertian dimensi dalam sosiologi
  • Pengertian dimensi dalam fisika
  • Dimensi adalah brainly

Post a Comment for "Pengertian Dimensi Menurut Para Ahli dan Jenis - Jenisnya Secara Lengkap"